Evaluasi Strategi Peningkatan Pelayanan Transportasi Publik melalui Pembayaran Elektronik pada Bus Trans Jogja

Maya Hesti Saputri, Muhammad Eko Atmojo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pembayaran elektronik pada bus trans jogja sebagai upaya dalam meningkatkan pelayanan transportasi public di Daerah Istimewa Yogyakara. Penelitian ini diteliti dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan Teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini terbagi menjadi empat dimensi, pada dimensi Context terdapat keselarasan antara tujuan dan apa yang di inginkan dan dibutuhkan masyarakat sehingga adanya pemabyaran elektronik ini dapat dikatakan tepat. Pada dimensi input dalam hal sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana, anggaran serta strategi yang digunakan sudah tepat. Pada dimensi proses pembayaran elektronik pada bus trans jogja ini terlaksana sesuai dengan yang direncanakan melalui sosialisasi, arahan cara pemabyaran sampai pelaksanaan pembayaran. Dalam dimensi Product, pembayaran elektronik belum sepenuhnya berdampak karena kurang meratanya sosialisasi dan arahan cara pemabyaran elektronik yang berujung pada minimnya pengguna pembayaran elektronik sehingga tujuan dalam hal kemudahan dan biaya yang lebih murah belum dapat dirasakan oleh seluruh pengguna bus trans jogja.

Keywords


Evaluasi, Pembayaran Elektronik, Bus Trans Jogja

Full Text:

PDF

References


Al-Hamdi, R., Sakir, S., Atmojo, M. E., & Efendi, D. (2020). Penelitian Kualitatif: Pegangan mahasiswa ilmu pemerintahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bayu. (2018). 85 Persen Pengguna Trans Jogja Masih Gunakan Pembayaran Tunai. Starjogja.com. Retrieved from https://www.starjogja.com/2018/10/04/85-persen-pengguna-trans-jogja-masih-gunakan-pembayaran-tunai/

Jogya.com. (2017). Sistem e-money akan diterapkan di trans jogja april 2017. Jogya.com. Retrieved from https://jogya.com/sistem-e-money-akan-diterapkan-di-trans-jogja-april-2017/

Khairana, S.I. (2022). 7 Kota Termacet di Indonesia, Jakarta Juaranya. Okezone.com. Retrieved from https://travel.okezone.com/read/2022/02/22/408/2551370/7-kota-termacet-di-indonesia-jakarta-juaranya.

Aji, W. S. (2022). Jumlah Pengguna Pembayaran Elektronik Pada Bus Trans Jogja.

Rahman, R. A. T. (2018). Analisis Implementasi E-Budgeting Dengan Menggunakan Model Cipp Pada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Sistem Informasi, 14(2), 53–63. https://doi.org/10.21609/jsi.v14i2.695

Rizki, M.M. (2014). Evaluasi Program Pengguna Kartu Jakarta Sehat di Program Terapi Rumatan Metadon Rumah Sakit Ketergantungan Obat. Skripsi. Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/26931/1/MUHAMAD%20MIFTAH%20RIZKI-FDK.pdf.

Thabroni, G. (2022). Model-Model Evaluasi : CIPP, Stake, Alkin, Kirkpatrick, Brinkerhoff. Serupa.id. Retrieved from https://serupa.id/model-model-evaluasi-cipp-stake-alkin-kirkpatrick-brinkerhoff/.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tetang Pelayanan Publik.




DOI: https://doi.org/10.18196/jpk.v4i3.19020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office: 

Master of Government Affairs and Administration, Postgraduate Building 2nd Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Phone: +62 274 387 656 (ext: 173)

Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.