Pelayanan Aparatur Desa di Kantor Desa Sungai Rambai Kecamatan Pariaman Utara
DOI:
https://doi.org/10.18196/jpk.v5i2.19215Keywords:
Pelayanan, Aparatur Desa, Sungai RambaiAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kualitas pelayanan yang diberikan oleh pegawai yang kurang tanggap membantu dan memberikan pelayanan yang cepat dan tanggap, kurangnya kemampuan karyawan yang andal dan bertanggung jawab serta kemampuan membentuk penampilan, perlengkapan pribadi, komunikasi dan benda lain. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Dimensi berwujud (tangible): untuk ruang kantor belum terlalu nyaman, seperti di tidak ada AC di ruang tunggu, jadi panas di siang hari, 2) Pengukuran reliabilitas: sejauh mana desa Sungai Rambai dalam melakukan reliabilitas dan tetap konsisten terhadap subjek dan kondisi yang sama 3) Pengukuran daya tanggap: bahwa yang diukur berdasarkan indikator: pelayanan yang cepat, penyampaian informasi yang jelas dan bersedia membantu masyarakat, pelayanan tepat waktu 4) Parameter keyakinan (jaminan): dalam kaitannya dengan pelayanan tepat waktu, peneliti menyimpulkan bahwa ada beberapa pengguna jasa yang Puas dengan kerja dan ketepatan waktu perangkat desa, kembali ke berkas yang diurus masyarakat, dan 5) Dimensi Empati (empati): perangkat desa dinas mengutamakan kebutuhan masyarakat karena pengguna jasa prioritas pemerintahan. Dapat dikatakan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh pemerintah desa Sungai Rambai sudah cukup, namun perlu adanya dukungan sarana dan prasarana peningkatan kualitas pelayanan.
References
Abdurrahmat, F. (2011). Metodelogi penelitian dan Teknik Penyusunan. Rineka Cipta.
Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Gava Media.
Indrawati, W., Suntoro, I., & Nurmalisa, Y. (2017). Efektivitas Kinerja Aparatur Desa Dalam Pelayanan Publik Kepada Masyarakat Di Desa Tanggulangin
Indriani, D., Rusmiwari, S., & Suprojo, A. (2018). Pengaruh pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat: studi kasus izin produksi pangan industri rumah tangga di kantor badan penanaman modal kota batu. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP), 6(2). Retrieved from https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/article/view/525%0Ahttps://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/article/download/525/438
Jamal, Y., Mustanir, A., & Latif, A. (2020). Penerapan Prinsip Good Governance Terhadap Aparatur Desa Dalam Pelayanan Publik Di Desa Ciro-Ciroe Kecamatan Watang Pulu Kabupaten Sidenreng Rappang. PRAJA: Jurnal Ilmiah Pemerintahan, 8(3), 207–212. https://doi.org/10.55678/prj.v8i3.298
Mahyudi Situmeang, K. T. (2020). Pengaruh Etika Administrasi Terhadap Pelananan Aparat Desa Pada Kantor Desa Sei Rotan Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia (UPMI), 1(2), 99–107.
Moleong, L. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan. (2014).
Putra, K. (2018). Pengaruh Profesionalisme dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Malang. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 1(1), 61. https://doi.org/10.47201/jamin.v1i1.6
Rezha, F., Rochmah, S., & Siswidiyanto. (2013). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT (Studi tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kota Depok). Jurnal Administrasi Publik, Vol. 1(5), 981–990.
Simamora Henry. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Gramedia.
Sinambela, L. P. (2011). Reformasi Pelayanan Publik. BumiAksara.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.
Undang-Undang Nomor. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, (2009).
Vivera, M. (2016). Pengaruh Mutu Pelayanan Dan Prosedur Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat. Retrieved from http://digilib.unila.ac.id/25047/3/TESISTANPABABPEMBAHASAN.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License
Jurnal Pemerintahan dan Kebijakan (JPK) is licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license. You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. This license is acceptable for Free Cultural Works.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Copyright
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.