Implementasi Kebijakan Moderasi Beragama terhadap Harmoni Pendidikan Islam di SMAN 1 Bae Kudus
Abstract
Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan moderasi beragama terhadap harmoni pendidikan Islam di SMAN 1 Bae Kudus. Subjek studi ini melibatkan guru Pendidikan Agama Islam dan Kristen di SMAN 1 Bae Kudus. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil dari penelitian ini membahas sekolah multikultural di SMAN 1 Bae Kudus yang terdapat beberapa keberagaman, diantaranya; keberagaman agama, ras, suku, sosial budaya dan latar belakang pendidik dan peserta didik. Akan tetapi faktor- faktor keragaman tersebut tidak menjadikan sebuah konflik yang dapat memecah belah di lingkungan sekolah, justru dengan perbedaan mereka saling menghargai dan toleransi antar sesama. Bahkan, penerapan moderasi beragama di SMAN 1 Bae Kudus dimuat dalam visi dan misi sekolah. Penerapan moderasi beragama di SMAN 1 Bae Kudus beberapa diantaranya pemahaman moderasi yang disampaikan peserta didik di dalam dan luar kelas, penguatan moderasi dalam kegiatan- kegiatan keagamaan yang dipraktekkan dalam kegiatan jum’at berkah, takziyah bersama, dan pembuatan konten yang bersifat toleransi. Hasil penerapannya, tidak hanya memperkuat pemahaman peserta didik, tetapi juga memberikan nilai postif dan toleransi terhadap perbedaan. Hal ini membawa dampak positif pada lingkungan pendidikan yang inklusif, serta menciptakan harmoni keberagaman yang memungkinkan untuk meminimalkan konflik atau kasus keberagaman. Diharapkan penelitian ini dapat meningkatkan pemahaman yang mendalam mengenai moderasi beragama bagi pembaca dan hubungan kerukunan dalam keberagaman antar peserta didik dari berbagai latar belakang sehingga dapat menciptakan harmoni keberagaman yang memungkinkan untuk meminimalkan konflik pada lingkungan sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Albana, H. (2023). Implementasi Pendidikan moderasi beragama di sekolah menengah atas. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 9(1), 49–64. https://doi.org/10.18784/smart.v9i1.1849
Al Faruq, U., & Noviani, D. (2021). Pendidikan Moderasi Beragama Sebagai Perisai Radikalisme di Lembaga Pendidikan. TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 59–77. https://doi.org/10.53649/taujih.v3i1.91
Aziz, A. A., Masykhur, A., Anam, A. K., Muhtarom, A., Masudi, I., & Duryat, M. (2019). Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam. (Kelompok Kerja Implementasi Moderasi Beragama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, Cet. Pertama)
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif . CV Jejak (Penerbit Jejak), 8.
Chrisantina, V. S. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Moderasi Beragama dengan Berbasis Multimedia pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Edutrained: Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 5(2), 79–92. https://doi.org/10.37730/edutrained.v5i2.155
Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi beragama di Indonesia. Intizar, 25(2), 95-100. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/5640.
Irama, Y., & Zamzami, M. (2021). Telaah Atas Formula Pengarusutamaan Moderasi Beragama Kementerian Agama Tahun 2019-2020. KACA (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin, 11(1), 65–89. https://doi.org/10.36781/kaca.v11i1.3244
Kementerian Agama. (2019). Moderasi Beragama. Jakarta: Kemenag RI
Mahtum, R., & Zikra, A. (2022, November). Realizing Harmony between Religious People through Strengthening Moderation Values in Strengthening Community Resilience After the Covid 19 Pandemic. In The 4th International Conference on University Community Engagement (ICON-UCE 2022) (Vol. 4, pp. 293-299). Retrieved from https://icon-uce.com/index.php/icon-uce/article/view/41
Mukhibat, M., Istiqomah, A. N., & Hidayah, N. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama di Indonesia (Wacana dan Kebijakan). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(1), 73–88. https://doi.org/10.21154/sajiem.v4i1.133.
Munif, M., Qomar, M., & AZIZ, A. (2023). Kebijakan Moderasi Beragama di Indonesia. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 417-430. https://doi.org/10.58401/dirasah.v6i2.935
Perpres (Peraturan Presiden) Nomor 35 Tahun 2023 tentang penguatan Moderasi Beragama.
Tim Kelompok Kerja Moderasi Beragama Kementerian Agama RI. (2020) Peta Jalan (Roadmap). "Penguatan Moderasi Beragama Tahun 2020-2024". Jakarta: Kementerian Agama RI.
Wakiah, M., & Usman, J. (2020). Manajemen Peningkatan Mutu Kompetensi Lulusan Bidang Kewirausahaan Dalam Memenuhi Standar Nasional Pendidikan Di Smk Annuqoyyah Guluk-Guluk Sumenep Jawa Timur. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 3(1), 71–83. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v3i1.3517
Wangsanata, S. A., Yani, S., & Hasani, S. (2022). PENANAMAN MODERASI BERAGAMA BAGI SISWA SEKOLAH DASAR MENUJU INDONESIA BEBAS CRIMINAL TERRORISM PADA TAHUN 2045. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(2), 243-262.
Wardati, L., Margolang, D., & Sitorus, S. (2023). Pembelajaran Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama: Analisis Kebijakan, Implementasi dan Hambatan. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 175-187. https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.396
Wawancara bersama Musyafa’, Guru Pendidikan Agama Islam di SMA 1 Bae Kudus, 1 November 2023.
Wawancara bersama Hasan Fauzi, Guru Pendidikan Agama Islam di SMA 1 Bae Kudus, 3 November 2023.
Wawancara bersama Clara, Guru Pendidikan Agama Kristen di SMA 1 Bae Kudus, 3 November 2023.
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal Diakom, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20
DOI: https://doi.org/10.18196/jpk.v5i2.20682
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Master of Government Affairs and Administration, Postgraduate Building 2nd Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Phone: +62 274 387 656 (ext: 173)
Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.