Efektivitas E-Government Melalui Penerapan Aplikasi Pedulilindungi Pasca Pandemi Covid-19
Abstract
Pada akhir tahun 2019 dunia dihebohkan dengan adanya berita wabah penyakit COVID-19 yang pertama kali terdeteksi di daerah Wuhan, China. Kasus pertama COVID-19 di Indonesia terdeteksi di daerah Depok dimana 2 orang tersebut terpapar melalui orang Jepang. COVID-19 yang terus menyebar dan menyebabkan banyak kasus kematian, WHO (World Health Organization) pada tanggal 11 Maret 2020 mengumumkan bahwa COVID-19 merupakan sebuah pandemi global. Melihat adanya pandemi COVID-19 tersebut, pemerintah Indonesia mengambil langkah untuk dapat mengatasi pandemi tersebut dengan mengembangkan sebuah aplikasi bernama PeduliLindungi yang harus masyarakat gunakan agar dapat mengakses fasilitas publik serta membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan secara digital kepada masyarakat mengenai pandemi ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat melihat bagaimana urgensi pemerintah dalam membuat aplikasi PeduliLindungi saat pandemi COVID-19, dan untuk melihat efektifitas dari aplikasi yang dikembangkan oleh pemerintah tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan mengumpulkan data melalui studi kepustakaan melalui literatur-literatur yang relevan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi pedulilindung belum berjalan secara efektif dikarenakan beberapa faktor. Pembaharuan pada penelitian ini terletak dari faktor-faktor yang dikaji oleh penulis, seperti faktor kualitas portal, infrastruktur teknologi dan sumber daya manusia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Aji, A. W., & Puspitasari, M. (2022). Penerimaan masyarakat atas kebijakan penggunaan aplikasi pedulilindungi. Jurnal Kebijakan Publik, 13(2), 104–113.
Aji, B. S., Suseno, N. S., & Rosmayati, I. (2021). Pengaruh Akuntabilitas Dana Desa dan Pelayanan Kantor Desa Sukaratu saat Pandemi Covid-19 terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal Wahana Akuntansi: Sarana Informasi Ekonomi dan Akuntansi, 6(1), 21–32. https://doi.org/10.52434/jwa.v6i1.1721
Aprianty, D. R. (2016). Penerapan kebijakan e-government dalam peningkatan mutu pelayanan publik di Kantor Kecamatan Sambutan Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(4), 1589–1602.
Aris, M., Agustang, A., & Idkhan, A. M. (2021). Efektifitas Pelayanan Aparatur Sipil Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. Journal Governance and Politics (JGP), 1(2), 127–133.
Asiah, S. (2016). Efektivitas Kinerja Guru. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 1–11.
Ayu, M., Rosadi, S. D., Wulandari, W., & Emma, E. (2022). PENERAPAN APLIKASI PEDULI LINDUNGI TERKAIT PERLINDUNGAN DATA PRIVASI DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA. Juris and Society: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora, 2(2), 100–111.
Bagaskara, G. W. C., Trifena, M., Rochmawati, M., Adha, I. A., & Rafi, G. N. (n.d). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI" PEDULI LINDUNGI" DI ERA NEW NORMAL DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN VIRUS COVID-19. Retrieved from https://bem.cs.unsika.ac.id/storage/uploads/pdf/1664368041ganeswisnucahyabagaskara_singaperbangsakarawang_PKM-AI.pdf
BKKP Demak. (2020, September 24). Percepat Transformasi Digital Nasional, Komisi I DPR RI Setujui Pagu Definitif Kominfo 2021 RP16,9 Triliun. BKPP Kabupaten Demak. Retrieved from https://bkpp.demakkab.go.id/2020/09/percepat-transformasi-digital-nasional.html
CNN Indonesia. (2022, November 18). BSSN Soal Kebocoran Data Diduga PeduliLindungi: Kami Masih Koordinasi. CNN Indonesia. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20221118094030-192-875395/bssn-soal-kebocoran-data-diduga-pedulilindungi-kami-masih-koordinasi.
Covid19.go.id. (2021). [SALAH] Hasil Perhitungan Data Orang yang Sudah Divaksinasi Lebih Banyak Terpapar Varian Delta dan Peluang Kematian Lebih Tinggi - Hoax Buster | Covid19.go.id. Retrieved from https://covid19.go.id/p/hoax-buster/salah-hasil-perhitungan-data-orang-yang-sudah-divaksinasi-lebih-banyak-terpapar-varian-delta-dan-peluang-kematian-lebih-tinggi
Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fastyaningsih, A. (2021). Keberhasilan Aplikasi Peduli Lindungi Terhadap Kebijakan Percepatan Vaksinasi Dan Akses Pelayanan Publik di Indonesia. Gema Publica, 6(2), 95–109. https://doi.org/10.14710/gp.6.2.2021.95-109
Firmansyah, M., & Masrun, M. (2021). Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. Elastisitas: Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 156–159. https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46
Haryanto, A. T. (2021, September 24). Ini Asal Muasal Kelahiran Aplikasi PeduliLindungi. Detikinet. Retrieved from https://inet.detik.com/mobile-apps/d-5738534/ini-asal-muasal-kelahiran-aplikasi-pedulilindungi
Herdiana, D. (2021). Aplikasi peduli lindungi: perlindungan masyarakat dalam mengakses fasilitas publik di masa pemberlakuan kebijakan ppkm. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(6), 1685–1694.
Indrajit, Richardus Eko. (2006) Electronic Government “Strategi Pembangunan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital”. Yogyakarta, Andi.
Katadata.co.id. (2022). Aplikasi PeduliLindungi Sering Eror, Apa Saja Penyebabnya? Aplikasi PeduliLindungi Sering Eror, Apa Saja Penyebabnya? - Nasional Katadata.co.id
Kementerian Kesehatan. (2021, January 1). Situasi Terkini Perkembangan Coronavirus Disease (COVID-19) 31 Desember 2020. Infeksi Emerging. Retrieved from https://infeksiemerging.kemkes.go.id/situasi-infeksi-emerging/situasi-terkini-perkembangan-coronavirus-disease-covid-19-31-desember-2020
KOMINFO. (2021). Aplikasi Pedulilindungi Jadi Syarat Utama Bepergian. Kementerian Komunikasi dan Informatika. Retrieved from https://www.kominfo.go.id/content/detail/36596/aplikasi-pedulilindungi-jadi-syarat-utama-bepergian/0/artikel
KOMPASTV. (2021). Menjawab Permasalahan Aplikasi Peduli Lindungi, dari Error hingga Sertifikat yang Tidak Muncul. Menjawab Permasalahan Aplikasi Peduli Lindungi, dari Error hingga Sertifikat yang Tidak Muncul (youtube.com)
Kushartiningsih, R., & Riharjo, I. B. (2021). Pengaruh akuntabilitas, transparansi dan pengawasan terhadap kinerja pelayanan publik. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 10(3).
Maharani, A. P., Rivai, M., Sugianti, S., Fauzi, R. A. F. A., Azzahra, S., Ningsih, S., ... & Saragih, M. I. (2021). Literasi Digital: Efektifitas Aplikasi Pedulilindungi Dalam Memberikan Informasi Pada Mahasiswa FIP UPI. Indonesian Journal of Adult and Community Education, 3(2), 1–6. https://doi.org/10.17509/ijace.v3i2.43592
Majah, M. I., Oktafiani, E., & Imtinan, M. T. (2022). Urgensi Layanan Informasi Berbasis Digital pada Pandemi Covid-19: Sebuah Tinjauan Kepustakaan Sistematis. JCommscisAVINA-Journal of Media and Communication Science, 5(1), 54–68. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v5i1.166
Mamuaja, B. (2016). Analisis Efektivitas Penerapan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Instansi Pemerintah Di Dinas Pendapatan Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1).
Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran berbasis media digital pada anak usia dini di era revolusi industri 4.0: Studi literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77.
Olivia, D., Rosadi, S. D., & Permata, R. R. (2020). Perlindungan data pribadi dalam penyelenggaraan aplikasi surveilans kesehatan pedulilindungi dan covidsafe di Indonesia dan Australia. Datin Law Jurnal, 1(2). https://doi.org/10.36355/dlj.v1i2.453
Panggayu, B. (2021, September 26). Sejuta Rencana Pengembangan Aplikasi PeduliLindungi. Retrieved from https://www.suarasurabaya.net/info-grafis/2021/sejuta-rencana-pengembangan-aplikasi-pedulilindungi/
Ringo, R. P. S., & HENDRI, H. (2022). Model Delone Dan Mclean Untuk Mengukur Kesuksesan Pada Aplikasi PeduliLindungi Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Komputer (JAKAKOM), 2(2), 207–215. https://doi.org/10.33998/jakakom.2022.2.2.98
Rokom, R. (2022, April 26). Pedulilindungi Telah cegah Jutaan Warga terpapar covid-19. Sehat Negeriku. Retrieved from https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20220415/3839664/pedulilindungi-telah-cegah-jutaan-warga-terpapar-covid-19/
Rosalina, I. (2014). Efektivitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan Pada Kelompok Pinjaman Bergulir di Dsa Mantren Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetaan. Publika, 2(2).
Safitri, S. D., Cikusin, Y., & Hayat, H. (2022). Upaya Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(05), 784–792. https://doi.org/10.59141/jiss.v3i05.582
Sains, F. S. (2018). Analisis pengaruh pengelolaan keuangan daerah, akuntabilitas dan transparansi terhadap kinerja keuangan pemerintah. The New Fraud Triangle Model Dengan Perspektif Syariah Dalam Mendeteksi Perilaku Fraud.” Ekuitas (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 4(1), 21–46. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2020.v4.i1.4324
Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555
Savinatunazah, V. (2019). Efektivitas Pelayanan Perizinan Berbasis Online Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 6(2). https://doi.org/10.33084/restorica.v6i1.1375
Sherissa, L., & Anza, F. A. (2022). Analisis E-Service Quality Pada Aplikasi Pedulilindungi Selama Masa Pandemi COVID-19 di DKI Jakarta. PUBLISIA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 7(1). https://doi.org/10.26905/pjiap.v7i1.7494
Sudiarsa, I. W., & Wiraditya, I. G. B. (2020). Analisis Usability Pada Aplikasi Peduli Lindungi Sebagai Aplikasi Informasi Dan Tracking Covid-19 Dengan Heuristic Evaluation. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 3(2), 354–364. https://doi.org/10.31539/intecoms.v3i2.1901
Taras, T., Artini, S., & Gede, L. (2017). Analisis pendapatan asli daerah (PAD) dalam upaya pelaksanaan otonomi daerah di Kabupaten Badung Bali (Doctoral dissertation, Udayana University).
World Health Organization. (2020, March 11). WHO Director-General's opening remarks at the media briefing on COVID-19 - 11 March 2020. World Health Organization (WHO). Retrieved from https://www.who.int/director-general/speeches/detail/who-director-general-s-opening-remarks-at-the-media-briefing-on-covid-19---11-march-202
Wulandari, K., Wibawa, S., & Kuntjoro, B. (2018). Efektivitas Program Desa Yang Didanai Oleh Apbn (Dana Desa). JMAN Jurnal Mahasiswa Administrasi Negara, 2(1), 150–158.
Yuni, I. S., & Adnan, M. F. (2022). Efektivitas Penerapan Aplikasi Dukcapil Ceria Mobile Dalam Upaya Mendukung Pemerintahan Berbasis Elektronik (E-Government). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 6(1). https://doi.org/10.58258/jisip.v6i1.2648
Yusuf. (2021). Kementerian Komunikasi dan Informatika. Retrieved from https://www.kominfo.go.id/content/detail/32602/pandemi-covid-19-pacu-adaptasi-gunakan-teknologi-digital/0/berita_satker
DOI: https://doi.org/10.18196/jpk.v6i1.22574
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Master of Government Affairs and Administration, Postgraduate Building 2nd Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Phone: +62 274 387 656 (ext: 173)
Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.