Peran Pemerintah Kalurahan Hargorejo dalam Meningkatkan Ekonomi Melalui Digitalisasi UMKM

Dian Kurnia Dewi, Dewi Sekar Kencono, Muhammad Eko Atmojo

Abstract


Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memberikan kontribusi signifikan terhadap PDB Indonesia; namun, UMKM menghadapi tantangan dalam hal permodalan dan pemasaran produk selama pandemi COVID-19. Pemerintah Kalurahan Hargorejo telah melaksanakan berbagai program dan inisiatif untuk mengatasi masalah ini dan meningkatkan perekonomian lokal melalui digitalisasi UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Kalurahan Hargorejo dalam mempromosikan digitalisasi UMKM serta mengevaluasi hasil dari upaya ini dalam meningkatkan kondisi ekonomi warga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode tinjauan pustaka dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pelatihan yang didanai oleh anggaran pemerintah Kalurahan telah meningkatkan literasi digital dan keterampilan pemasaran para pelaku UMKM melalui inisiatif branding "Desa Preneur". Namun, upaya ini menghadapi beberapa tantangan, terutama keterbatasan penguasaan teknologi informasi oleh sebagian pelaku UMKM, yang menyebabkan ketergantungan pada metode pemasaran offline atau manual. Berdasarkan temuan ini, penelitian ini merekomendasikan agar kapasitas para pelaku UMKM di Hargorejo lebih lanjut ditingkatkan, khususnya dalam hal teknologi informasi dan pemasaran digital melalui media sosial. Selain itu, disarankan adanya penelitian lebih lanjut mengenai efisiensi komputerisasi UMKM di Desa Hargorejo.


Keywords


Digitalisasi; peningkatan ekonomi; pengembangan UMKM; pemerintah desa

Full Text:

PDF

References


Angeline, A., Allister, D., & Gunawan, L. L. (2022). Pengembangan UMKM Digital Sebagai Upaya Ketahanan Bisnis Pasca Pandemi Covid-19. Prosiding Serina, 2(1), 85–92.

Atmojo, M. E. (2022). Keren! Dosen UMY Kembangkan Potensi UMKM Dengan Digital Marketing. https://jejakarya.com/keren-dosen-umy-kembangkan-potensi-umkm-dengan-digital-marketing/

Bangun, O. V., Wulandari, S., Ananto, E., & Iranisa. (2023). Pengaruh Anggaran Pariwisata Terhadap Produk Domestik Bruto, Tenaga Kerja, Dan Devisa Pariwisata. Jurnal Budget: Isu Dan Masalah Keuangan Negara, 8(2), 293–311. https://doi.org/10.22212/jbudget.v8i2.165

Barus, D. R., Simamora, H. N., Sihombing, M. G. S., Panjaitan, J., & Saragih, L. S. (2023). Tantangan dan Strategi Pemasaran UMKM di Era Teknologi dan Digitalisasi. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(6), 357–365. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i6.2958

BPS. (2024). [Seri 2010] Laju Pertumbuhan PDB Seri 2010 (Persen), 2024.

Cahyani, S. D. (2024, Juni). [Wawancara oleh Dian Kurnia Dewi, Kalurahan Hargorejo].

dinkop. (2018). Dinas Koperasi UKM Kabupaten Kulon Progo Lakukan Literasi Digital terhadap UMKM. https://koperasi.kulonprogokab.go.id/detil/419/dinas-koperasi-ukm-kabupaten-kulon-progo-lakukan-literasi-digital-terhadap-umkm

Creswell, J. W., & Clark, V. L. P. (2017). Designing and conducting mixed methods research. Sage Publications.

Emiliani, F., Rizqiana, S., Suhandito, R., Muchibbah, N. N., Nurmahfidhoh, R., & Habib, M. A. F. (2021). ANALISIS PEMBERDAYAAN UMKM PADA MASA PANDEMI COVID-19. SOSEBI Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 83–94. https://doi.org/10.21274/sosebi.v1i1.4929

Fadly, H. D., & Sutama, S. (2020). MEMBANGUN PEMASARAN ONLINE DAN DIGITAL BRANDING DITENGAH PANDEMI COVID-19. Jurnal Ecoment Global, 5(2), 213–222. https://doi.org/10.35908/jeg.v5i2.1042

Fiona, F., & Rahmayanti, D. (2022). Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Bagi UMKM dan Implementasi Strategi Digital Marketing pada UMKM Indonesia. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(2), 298–322.

Hasanah, N., Widiyati, D., & Napisah, N. (2022). Peningkatan Daya Saing melalui Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana pada Jaringan Wirausaha (Jawara) Bojongsari. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 101–108. https://doi.org/10.35912/yumary.v3i2.1510

Limanseto, H. (2023). Dorong UMKM Naik Kelas dan Go Export, Pemerintah Siapkan Ekosistem Pembiayaan yang Terintegrasi. https://www.ekon.go.ipublikasi/detail/5318/dorong-umkm-naik-kelas-dan-go-export-pemerintah-siapkan-ekosistem-pembiayaan-yang-terintegrasi

M. Junaidi. (2023). UMKM Hebat, Perekonomian Nasional Meningkat. https://djpb.kemenkeu.go.id/portal/id/berita/lainnya/opini/4133-umkm-hebat,-perekonomian-nasional-meningkat.html

Miftitah, F. A. N., & Mashudi. (2023). Peluang Bisnis Bagi Umkm Di Era Digital (Studi Kasus Pada Umkm Sheo Sweet Di Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung). Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce, 2(1), 358–365. https://doi.org/10.30640/digital.v2i1.797

Progo, P. K. (2021). Akibat Pandemi Covid-19 Pendapatan Masyarakat Kulon Progo Menurun. https://kulonprogokab.go.id/v31/detil/8244/akibat-pandemi-covid-19-pendapatan-masyarakat-kulon-progo-menurun

Rania, G., & Prathama, A. (2022). Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Melalui Program Pondok Kurasi. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 8(4), 729–743. https://doi.org/10.25157/moderat.v8i4.2722

Septiany, F. (2024). REALISASI KEBIJAKAN PEMERINTAH PADA PERKEMBANGAN UMKM INDONESIA PASCA PANDEMI. Jurnal Komunikasi Dan Bisnis (KOMBIS), 1(1), 60–70.

Setiawati, S. D., Retnasari, M., & Diny Fitriawati. (2019). Strategi membangun branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 125–136.

Simbolon, D. S., Sari, J., Purba, Y. Y., Siregar, N. I., Salsabila, R., & Manulang, Y. (2021). Peranan Pemerintah Desa Dalam Pembangunan Infrastruktur. Jurnal Kewarg, 5(2), 295–302. https://doi.org/10.26418/j-psh.v12i1.46323

Umam, H. S., & Mafruhat, A. Y. (2022). Strategi Optimalisasi Smart Economy Dalam Peningkatan Daya Saing UMKM Di Kota Bandung. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 7(2), 355–368. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v7i2.1317

Taufik, T., & Warsono, H. (2020). Birokrasi baru untuk new normal: tinjauan model perubahan birokrasi dalam pelayanan publik di era Covid-19. Dialogue: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 2(1), 1-18. https://doi.org/10.14710/dialogue.v2i1.8182




DOI: https://doi.org/10.18196/jpk.v6i1.24136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office: 

Master of Government Affairs and Administration, Postgraduate Building 2nd Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Phone: +62 274 387 656 (ext: 173)

Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.