Peran Pemerintah Kalurahan Hargorejo dalam Meningkatkan Ekonomi Melalui Digitalisasi UMKM
DOI:
https://doi.org/10.18196/jpk.v6i1.24136Keywords:
Digitalisasi, peningkatan ekonomi, pengembangan UMKM, pemerintah desaAbstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memberikan kontribusi signifikan terhadap PDB Indonesia; namun, UMKM menghadapi tantangan dalam hal permodalan dan pemasaran produk selama pandemi COVID-19. Pemerintah Kalurahan Hargorejo telah melaksanakan berbagai program dan inisiatif untuk mengatasi masalah ini dan meningkatkan perekonomian lokal melalui digitalisasi UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Kalurahan Hargorejo dalam mempromosikan digitalisasi UMKM serta mengevaluasi hasil dari upaya ini dalam meningkatkan kondisi ekonomi warga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode tinjauan pustaka dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pelatihan yang didanai oleh anggaran pemerintah Kalurahan telah meningkatkan literasi digital dan keterampilan pemasaran para pelaku UMKM melalui inisiatif branding "Desa Preneur". Namun, upaya ini menghadapi beberapa tantangan, terutama keterbatasan penguasaan teknologi informasi oleh sebagian pelaku UMKM, yang menyebabkan ketergantungan pada metode pemasaran offline atau manual. Berdasarkan temuan ini, penelitian ini merekomendasikan agar kapasitas para pelaku UMKM di Hargorejo lebih lanjut ditingkatkan, khususnya dalam hal teknologi informasi dan pemasaran digital melalui media sosial. Selain itu, disarankan adanya penelitian lebih lanjut mengenai efisiensi komputerisasi UMKM di Desa Hargorejo.
References
Angeline, A., Allister, D., & Gunawan, L. L. (2022). Pengembangan UMKM Digital Sebagai Upaya Ketahanan Bisnis Pasca Pandemi Covid-19. Prosiding Serina, 2(1), 85–92.
Atmojo, M. E. (2022). Keren! Dosen UMY Kembangkan Potensi UMKM Dengan Digital Marketing. https://jejakarya.com/keren-dosen-umy-kembangkan-potensi-umkm-dengan-digital-marketing/
Bangun, O. V., Wulandari, S., Ananto, E., & Iranisa. (2023). Pengaruh Anggaran Pariwisata Terhadap Produk Domestik Bruto, Tenaga Kerja, Dan Devisa Pariwisata. Jurnal Budget: Isu Dan Masalah Keuangan Negara, 8(2), 293–311. https://doi.org/10.22212/jbudget.v8i2.165
Barus, D. R., Simamora, H. N., Sihombing, M. G. S., Panjaitan, J., & Saragih, L. S. (2023). Tantangan dan Strategi Pemasaran UMKM di Era Teknologi dan Digitalisasi. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(6), 357–365. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i6.2958
BPS. (2024). [Seri 2010] Laju Pertumbuhan PDB Seri 2010 (Persen), 2024.
Cahyani, S. D. (2024, Juni). [Wawancara oleh Dian Kurnia Dewi, Kalurahan Hargorejo].
dinkop. (2018). Dinas Koperasi UKM Kabupaten Kulon Progo Lakukan Literasi Digital terhadap UMKM. https://koperasi.kulonprogokab.go.id/detil/419/dinas-koperasi-ukm-kabupaten-kulon-progo-lakukan-literasi-digital-terhadap-umkm
Creswell, J. W., & Clark, V. L. P. (2017). Designing and conducting mixed methods research. Sage Publications.
Emiliani, F., Rizqiana, S., Suhandito, R., Muchibbah, N. N., Nurmahfidhoh, R., & Habib, M. A. F. (2021). ANALISIS PEMBERDAYAAN UMKM PADA MASA PANDEMI COVID-19. SOSEBI Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 83–94. https://doi.org/10.21274/sosebi.v1i1.4929
Fadly, H. D., & Sutama, S. (2020). MEMBANGUN PEMASARAN ONLINE DAN DIGITAL BRANDING DITENGAH PANDEMI COVID-19. Jurnal Ecoment Global, 5(2), 213–222. https://doi.org/10.35908/jeg.v5i2.1042
Fiona, F., & Rahmayanti, D. (2022). Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Bagi UMKM dan Implementasi Strategi Digital Marketing pada UMKM Indonesia. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(2), 298–322.
Hasanah, N., Widiyati, D., & Napisah, N. (2022). Peningkatan Daya Saing melalui Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana pada Jaringan Wirausaha (Jawara) Bojongsari. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 101–108. https://doi.org/10.35912/yumary.v3i2.1510
Limanseto, H. (2023). Dorong UMKM Naik Kelas dan Go Export, Pemerintah Siapkan Ekosistem Pembiayaan yang Terintegrasi. https://www.ekon.go.ipublikasi/detail/5318/dorong-umkm-naik-kelas-dan-go-export-pemerintah-siapkan-ekosistem-pembiayaan-yang-terintegrasi
M. Junaidi. (2023). UMKM Hebat, Perekonomian Nasional Meningkat. https://djpb.kemenkeu.go.id/portal/id/berita/lainnya/opini/4133-umkm-hebat,-perekonomian-nasional-meningkat.html
Miftitah, F. A. N., & Mashudi. (2023). Peluang Bisnis Bagi Umkm Di Era Digital (Studi Kasus Pada Umkm Sheo Sweet Di Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung). Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce, 2(1), 358–365. https://doi.org/10.30640/digital.v2i1.797
Progo, P. K. (2021). Akibat Pandemi Covid-19 Pendapatan Masyarakat Kulon Progo Menurun. https://kulonprogokab.go.id/v31/detil/8244/akibat-pandemi-covid-19-pendapatan-masyarakat-kulon-progo-menurun
Rania, G., & Prathama, A. (2022). Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Melalui Program Pondok Kurasi. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 8(4), 729–743. https://doi.org/10.25157/moderat.v8i4.2722
Septiany, F. (2024). REALISASI KEBIJAKAN PEMERINTAH PADA PERKEMBANGAN UMKM INDONESIA PASCA PANDEMI. Jurnal Komunikasi Dan Bisnis (KOMBIS), 1(1), 60–70.
Setiawati, S. D., Retnasari, M., & Diny Fitriawati. (2019). Strategi membangun branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 125–136.
Simbolon, D. S., Sari, J., Purba, Y. Y., Siregar, N. I., Salsabila, R., & Manulang, Y. (2021). Peranan Pemerintah Desa Dalam Pembangunan Infrastruktur. Jurnal Kewarg, 5(2), 295–302. https://doi.org/10.26418/j-psh.v12i1.46323
Umam, H. S., & Mafruhat, A. Y. (2022). Strategi Optimalisasi Smart Economy Dalam Peningkatan Daya Saing UMKM Di Kota Bandung. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 7(2), 355–368. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v7i2.1317
Taufik, T., & Warsono, H. (2020). Birokrasi baru untuk new normal: tinjauan model perubahan birokrasi dalam pelayanan publik di era Covid-19. Dialogue: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 2(1), 1-18. https://doi.org/10.14710/dialogue.v2i1.8182
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License
Jurnal Pemerintahan dan Kebijakan (JPK) is licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license. You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. This license is acceptable for Free Cultural Works.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Copyright
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.