Penguatan Kapasitas BUMDes Sambimulyo Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan dalam Meningkatkan Perekonomian (Studi Kasus Wisata Tebing Breksi)

Andri Kurnia Wijaya, Erni Zuhriyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Penguatan Kapasitas BUMDes Sambimulyo Kecamatan Prambanan dalam meningkatkan perekonomian wisata Tebing Breksi. Pengujian ini mengunakan Penguatan Kapasitas BUMDes sebagai variabel dependen dan peningkatan perekonomian sebagai variabel independen. Sampel yang digunakan adalah ketua Desa Sambirejo dan Ketua BUMDes Sambimulyo Kecamatan Prambanan, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitiam kualitatif deskriptif pencarian dilapangan melalui wawancara dan dokumentasi. Kemudian teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori penguatan kapasitas terdiri dari pengguatan kapasitas individu, organisasi dan sistem. serta peningkatan perekonomian terdiri dari pelatihan usaha, permodalan, dan pendampingan. Dari hasil analisis yang dilakukan dalam penelitian ini diperoleh bahwa penguatan kapasitas individu adalah proses rekrutmen pegawai BUMDes Sambimulyo, pendidikan dan pelatihan (Diklat) dalam pelaksanaan program utama keuangan pelatihannya berupa BUMDes ID atau Syncore, Penguatan kapasitas organisasi adalah kepemimpinan pegawai BUMDes Sambimulyo telah menjalankan Jobdesk tugas dan fungsi masing-masing. Manajemen dilaksanakan program kerja jangka pendek, menengah dan panjang. SOP BUMDes Sambimulyo bekerja sama dengan unit lembaga pihak luar perbankan dan pemberdayaan masyarakat desa dan pelaksanaan mitra dari luar BUMDes Sambimulyo berupa Bank Sleman, PMD Sleman, dan kemendes. Sedangkan peningkatan perekonomian ditujukan pada pelatihan usaha BUMDes Sambimulyo dalam ilmu teknologi belum terealisasikan dan periklanan dilaksanakan lomba pada tanggal 9 Desember 2019 dengan skala Nasional dengan kemendes dan hadiah lomba tersebut juara 6 dari 158 Desa. Permodalan BUMDes Sambimulyo dari desa tahun 2016 Rp 51.000.000 modalnya untuk kegiatan usaha koperasi simpan pinjam dan kegiatan percetakan diaksanakan pada tahun 2019 sedangkan untuk pendampingan BUMDes Sambimulyo meminta laporan keuangan dari lembaga swasta. 


Full Text:

PDF

References


Inten, Kinasih. (2018). Upaya Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Morosari Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Komar, O. (2017). Penguatan Kapasitas Kelembagaan PLS Dalam Memasuki Era Kompetitif Mea. Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 1-10.

Pranyoto Sat, Victorianus. (2019). Desa Sambirejo Prambanan Luncurkan Inovasi “Bumisadu”. Antara News. Akses Pada 28 Oktober 2019. jogja.antaranews.com/berita/363139/desa-sambirejo-prambanan-luncurkan-inovasi-bumisadu

Sujarweni, V. W., & Jaya, I. M. L. M. (2019). Pengelolaan Keuangan Bumdes Sambimulyo di Kawasan Geoheritage “Tebing Breksi” Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Padma Sri Kreshna, 1(2).

Pambudi, Agung. (2018). revitalisasi sumber daya alam sebagai model pemberdayaan masyarakat berbasis wisata studi di taman tebing breksi desa sambirejo kecamatan prambanan sleman. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga).

Robiah, S. (2015). Penguatan Kapasitas Organisasi Publik (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).




DOI: https://doi.org/10.18196/jpk.v1i2.9358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office: 

Master of Government Affairs and Administration, Postgraduate Building 2nd Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Phone: +62 274 387 656 (ext: 173)

Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.