Perbedaan Skor Kecerdasan Emosi dan Kecemasan Siswa Kelas Akselerasi dan Kelas Reguler

Warih Andan Puspitosari

Abstract


Acceleration is designedfor students with extraordinary capabilities. They are expected to graduate earlier, but on the other side the full schedules and minimum social interactions would bring negative consequences, such as low emotional quotient and hight level of anxiety. It S said that success determined by 20% of IQ and the rest by emotional quotient (EQ). The aims of this research is identify the difference of emotional quotient score and anxiety score between acceleration students and regular students in Muhammadiyah 1 Highschool in Yogyakarta. This is a cross-sectional analytic descriptive study. It’s conducted at Muhammadiyah 1 Highschool in Yogyakarta on August-October 2008. The study took two populations. Sample taken were all of acceleration students 45 and regular students. Instruments used include BarOn Emotional Quotient Inventory-YV, Taylor Manifest Anxiety Scale (TMAS) Data were analyzed with independent t-test There is significant difference of anxiety score but no significant difference of EQ score between acceleration students and regular students (p=0,024, p=0,646). Conclusions this research are : (l)Acceleration students have higher score of anxiety than regular students. (2)There is no significant difference of EQ score between acceleration students and regular students.

Program kelas akselerasi diperuntukkan bagi siswa yang memiliki kemampuan luar biasa, agar bisa menyelesaikan studi lebih cepat dan mengembangkan kemampuannya secara optimal. Padatnya kegiatan dan terbatasnya interaksi serta kesempatan bersosialisasi dikhawatirkan akan berdampak buruk pada siswa, dintaranya adalah rendahnya kecerdasan emosi dan tingginya tingkat kecemasan. Rendahnya kecerdasan emosi dan tingginya tingkat kecemasan justru akan menurunkan produktifitas siswa. Kesuksesan seseorang lebih 80% ditentukan oleh kecerdasan emosinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perbedaan skor kecerdasan emosi dan kecemasan antara siswa kelas akselerasi dan siswa kelas regular di SMU Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional deskriptif analitik. Penelitian dilakukan di SMU Muhammadiyah 1 Yogyakarta pada bulan Agustus-Oktober 2008. Populasi penelitian adalah siswa kelas akselerasi dan siswa kelas regular. Jumlah sampel untuk kelas akselerasi 45 siswa dan kelas reguler 58 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuestioner kecerdasan emosi BarOn Emotional Quotient Inventory-YV, kuestioner kecemasan Taylor Manifest Anxiety Scale (TMAS). Data dianalisis dengan Independent t-Test. Terdapat perbedaan yang bermakna secara statistik antara skor kecemasan siswa kelas akselerasi dan regular dengan p=0,024. Tidak terdapat perbedaan yang bermakna secara statistik antara skor kecerdasan emosi siswa kelas akselerasi dan regular dengan p=0,646. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1) Skor kecemasan siswa kelas akselerasi lebih tinggi dibanding siswa kelas regular, 2) Tidak terdapat perbedaan yang bermakna secara statistik antara skor kecerdasan emosi siswa kelas akselerasi dan regular


Keywords


kecemasan; kecerdasan emosi; siswa SMU; anxiety; emotional intelegent; high school students

Full Text:

PDF

References


Rachman, A., Latifah, U. 2001. Mengenal Lebih Dekat tentang Program Akselerasi, Majalah Penabur, no. 2 tahun XXVII : 1 - 6

Mujiran, P. 2006. Persoalan Kelas Akselerasi. http://www.suaramerdeka. com/harian-/0403/29/kha1.htmaaa

Sutopo, H. 31 Mei 2002 Kelas Akselerasi Bisa Perkosa Perkembangan Anak Didik, Harian Kompas.

Goleman, D. 1999. Kecerdasan Emosi: Mengapa Emotional Intelligence lebih penting dari Intelectual Quotient. Hermaya T (pent.). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, D. 1999. Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi, Terjemahan Bahasa Indonesia, Cetakan ketiga, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama

Patton, P., 2002, EQ- Pengembangan Sukses Lebih Bermakna, Mitra Media Publisher

Cooper, R.K. and Ayman, S. 1997. ExecutifEmotional Quetiont, Kecerdasan Emosi dalam Kepemimpinan dan Organisasi. Alih Bahasa : Alex Tri, KW. Jakarta : Gramedia Pusat Utama

Agustian, A.G. 2003. Rahasia Sukses Membangkitkan ESQ Power, penerbit Arga, Jakarta.

Agustian, A.G. 2005. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual, penerbit Arga, Jakarta.

Hapsari, I. 2001. Perbedaan KE pada Mahasiswa Eksakta & Non Eksakta di UGM. Skripsi (tidak diterbitkan). 2001. Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada Yogyakarta

Halgin, R.P., and Whitbourne. S.K. 1994. Abnormal Psychology : The Human Experience of Psychology. USA: Harcount Brace College Publiser

Spielberg, C.D., (Ed). 1996. Anxiety and Behavior. New York: Academik Press

Gorman, J.M. 2000. Anxiety Disorders: Introduction and Overview, dalam: Sadock BJ and Sadock VA. Editor: Kaplan & Sadock’s Comprehensive Textbook of Psychiatry, 7thEd. Lippincott Williams & Wilkins.

Iskandar, Y 1996. Diagnosis dan Pengobatan Gangguan Anxietas, Buku Pegangan Dokter, Yayasan Dharma Graha, Jakarta

Kaplan, H.I., Sadock, B.J., Grebb, J.A. 1996. Synopsis of Psychiatry, Seventh Edition, Lippincott Williams & Wilkins.

Ekowarni, E. 1993. Kenakalan Remaja : Suatu Tinjauan Psikologi Perkembangan. Buletin Psikologi, II (2), Desember 1994. Yogyakarta. Fakultas Psikologi UGM.

Adiningsih, N.U. 2001. Pembelajaran Anak oleh Orangtua. Dalam Media Indonesia, 2 Mei 2001. Jakarta

Henry B.R., Nanette M.H., Michael H.B., Thomas G. Jan/Feb 2001; The relation of LD and gender with emotional intelligence in college students Journal of Learning Disabilities; 34, 1; Health & Medical Complete pg. 66




DOI: https://doi.org/10.18196/mmjkk.v10i1.1564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


      

Editorial Office:
Journal Room, G1 (Biomedic) Building, Ground Floor, Faculty of Medicine and Health Science Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 
Jalan Lingkar Selatan (Brawijaya), Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Phone: +62 274 387 656 (ext: 231)
WA : +62 811-2650-303
Website: http://journal.umy.ac.id/index.php/mm 
E-mail: mmjkk@umy.university

Creative Commons License
Mutiara Medika: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats