Herbal Medicine Pentingnya Mengenal dan Memahaminya

Nurul Qomariyah

Abstract


Krisis perekonomian yang berkepanjangan, membawa konsekuensi meningkatnya harga obat-obatan modem yang diproduksi oleh pabrik, memacu munculnya alternatif lain dalam pengobatan. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan menggali potensi obat tradisional yang telah digunakan secara turun temurun oleh nenek moyang kita. Usaha untuk mengeksplorasi seluruh potensi sumber daya alam yang ada dicerminkan dengan kuatnya komitmen pemerintah untuk mengembangkan obat tradisional dengan bahan baku yang sebagian besar berasal dari tanaman obat. Masyarakat Indonesia telah lama menggunakan obat-obatan tradisional baik untuk pencegahan maupun untuk pengobatan penyakit-penyakit tertentu. Hal ini menunjukkan bahwa obat-obat tradisional diakui berkhasiat dan harganyapun masih terjangkau. Ironisnya dikalangan para dokter beberapa diantaranya masih ada yang menganggap bahwa produk tanaman obat hanya berefek sebagai plasebo saja, belum ada data ilmiah yang mendasari pemakaiannya. Melihat fenomena tersebut, maka Fakultas Kedokteran UMY berusaha mengenalkan tentang herbal medicine melalui mata kuliah plihan pengobatan komplementer yang berisi herbal medicine dan akupungktur dalam kurikulum pendidikan SI baik di sistem konvensional, dan juga di blok elektif dalam sistem PBL. Tujuannya untuk membuka wawasan dan memberi kesempatan kepada mahasiwa untuk mengenal dan memahami herbal medicine. Sehingga mahasiswa sebagai calon dokter mempunyai kemampuan menilai kemanfaatan dan keamanan herbal medicine secara objektif serta timbul sikap kritis terhadap permasalahan 3rang muncul dalam bidang herbal medicine.

Full Text:

PDF

References


Zhang Enqin, 1988, Basic Theory of Traditional Chinese Medicine (I), A Practical English-Chinese Library of Traditional Chinese Medicine. Publishing house of Shang Hai University of Traditional Chinese Medicine.

Nugroho, N. A., 2003, Tanaman Obat Sebagai Penuntun Penemuan Obat dan Sumber Pendapatan di Perguruan Tinggi, Pidato Pengukuhan Guru Besar, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.18196/mmjkk.v3i2.1702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


      

Editorial Office:
Journal Room, G1 (Biomedic) Building, Ground Floor, Faculty of Medicine and Health Science Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 
Jalan Lingkar Selatan (Brawijaya), Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Phone: +62 274 387 656 (ext: 231)
WA : +62 811-2650-303
Website: http://journal.umy.ac.id/index.php/mm 
E-mail: mmjkk@umy.university

Creative Commons License
Mutiara Medika: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats