EKONOMI ISLAM DALAM PROSPEK PEMBANGUNAN UMAT ISLAM

Syaa’uI Mudawam

Abstract


Fokus utama Ekonomi Islam adalah keperluan untuk membangun dan  membantu perumusan analisis dan problem solving urnat muslim guna  merealisasi tujuan pemenuhan kesejahteraan atau kepuasan, disamping ekspektasi lainnya. Melalui dasar-dasar teoritik serta prinsip dan system Ekonomi Islam bahwa umat muslim akan memiliki dunia pandang mengenai issu-isu dan problematika. Disamping perilaku ekonomi atau kebijakan keuangan, yang selama ini dilandasi oleh paham dan analisis ekonomi kapitalis Barat sekuler atau liberalisasi ekonomi konvensional, dengan norma-norma Syari’ah. Prograrn dan prospek ini bukan sebagai idialis ekstrim, melainkan situasi obyektif memperlihatkan kepada arah sedemikian. Pencemaran ini seperti layaknya kecermatan para ekonom dan para kapitalis terhadap perkembangan lingkungan ekunomi, baik konvensional geografis atau struktural dalam membangun teori-teori dan paham ekonomi konvensional yang mereka anut.

 

               Ekonomi Islam bagaimanapun akan menjadi satu model alat analisis untuk umat muslim. dan akan mengurangi ketergantungan secara absolut, meski tidak secara radikal, pada alat analisis ekonomi dan keuangan konvensional, apakah kapitalis atau sosialis. Prinsip, sistem, serta karakteristik Ekonomi dan Keuangan Islam. antara teoritik dan ernpirik dapat ditumbuhkan disamping secara akurat dan sistematik melalui alat-alat analisis yang dieebut dalam Ekonomi Islam. Perencanaan dan pengembangan program studi Ekonomi Islam memiliki makna yang besar dan strategis dalam tatanan pembangunan kelslaman juga dalam kehidupan serta peradaban komunitas muslim. Begitu juga pengembangannya menjadi disiplin ilmu sosial pada level akademik sangat diperlukan, kendati secara geopolitik khususnya di dataran Indonesia ada kendala formal studi yang relatif baru bagi umat muslim adalah berada dalam konteks yang benar, seiring dengan bimbingan ubudiyah dari perjalanan zaman dan tuntutan ajaran spiritual agarna yang dilandasi keimanan, dalam proses kesem-purnaan pengalaman dan kebaikan sernua anak manusia.                Program pembangunan studi Ekonomi Islam terdiri atas lima elemen dasar yang dapat dibentuk dalam kajian ilmu pengetahuan, dasar dan prinsip tentang kebutuhan dan kepentingan dasar setiap individu atau kolektif. Pengelolaan sumber-sumber ekonomi baik yang digali dan kekayaan alam atau surnber daya manusia melalui bentuk jasa pada faktor produksi. Pengeloaan hak kekayaan yang menjadi milik atau aset, dengan segala perlindungan dan kebenarannya. Transaksi-transaksi komersial, baik dalam perniagaan atau jenis-jenis kebijakan manaj erial lembaga-lembaga bisnis maupun negara. Penentuan alat tukar menukar dan penetapan nilai-nilai

akuntabilitasnya Dan jeni-jenis transaksi serta institusi-institusi yang bertanggung jawab dalam pengelolaan atau distribusinya.

Keywords


ekonomi islam; pembangunan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JESP is indexed by:

                

 

Office:
Redaksi JESP UMY, Gedung E2 Lantai 2, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55183
Telp: (0274) 387656 ext.184
Fax: (0274) 387646
WA: +62 82327 810 910 (Managing Editor)
Email: jesp@umy.ac.id


Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan (JESP) is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.