SIMULASI DESAIN COOLING SYSTEM DAN RUNNER SYSTEM UNTUK OPTIMASI KUALITAS PRODUK TOP CASE

Fabio Dwi Bagus Irawan, Cahyo Budiyantoro, Thoharudin Thoharudin

Abstract


Penelitian ini bersifat komputerisasi berbasis simulasi menggunakan software Autodesk Moldflow Insight untuk memperediksi dua kegagalan dan untuk mengoptimalkan kualitas produk. Karena minimnya produk plastik pada engine motor, maka penulis melakukan study kasus dari produk sparepart motor yaitu top case. Penelitian diawali dengan 4 percobaan, dalam tahap awal dilakukan perbandingan dari keempat percobaan dengan analisa fill time. Setelah analisa fill time dilakukan perbandingan antara cooling baffle dan cooling cinformal. Kemudian hasil optimal dari perbandingan, dilakukan analisa Taguchi. Menurut desain eksperimen Taguchi mengharuskan pengacakan nilai faktor menggunakan matriks orthogonal L9 (33) sehingga terdapat 9 eksperimen dengan 3 level. Dalam hal ini optimasi parameter yang menggunakan metode taguci terbukti dapat meminimalisir nilai sink mark dan shrinkage. Hasil optimasi dengan metode taguci dapat digunakan untuk menjadi acuan parameter dalam pembuatan produk yang di fabrikasi menggunakan injection molding seperti produk top case.


Keywords


Runner, Cooling, Moldflow insight, Sink mark, Shrinkage

Full Text:

PDF

References


Marques, S., Souza A.F.d., Miranda, J., dan Yadroitsau, I. 2015. Design of conformal cooling for plastic injection moulding by heat transfer simulation. Brazil: Scientific Technical.

Rudiyadi, Raswan. 2016. Optimasi Filling Time Injection Molding Crisper Dengan Bantuan Software Autodesk Moldflow Insight, Universitas Mercu Buana Jakarta.

Soejanto, Irwan. 2009. Desain Eksperimen dengan Metode Taguchi. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.