The Development of Muhammadiyah School in Surakarta in 19201970

Mohamad Ali

Abstract


Abstract

This study aims to: a) describe the dynamics of Islam in Surakarta ahead of the rising sun of Muhammadiyah this the city, b) describe “gerak langkah” Muhammadiyah schools in Surakarta in the period 1920-1970, and c) analyze the style of development of the Muhammadiyah Surakarta education. By using the socio-historical method this research succeeded in finding the following points. First, when the Muhammadiyah appeared in Surakarta, the modernization movement of Islam had engulfed the city; the Kauman axis founded the Mambaul Ulum Kasunanan madrasa in 1905 and the axis of merchant Laweyan founded the Sarekat Dagang Islam (SDI) in 1911, the presence of Muhammadiyah gave color to reformist-leaning modernism. Secondly, broadly the movement of the Muhammadiyah school in Surakarta during the period 1920-1970 can be divided into three periods, namely: pioneering 1920-1942, searching for identity from 1942 to 1957, and development 1957-1970. Finally, the style of development of Muhammadiyah education in Surakarta is similar to the pattern of Yogya which has more established school than madrasa.

 

Keywords: Muhammadiyah education, school development, SATV, Surakarta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: a) menggambarkan dinamika Islam di Surakarta menjelang terbitnya matahari Muhammadiyah di kota bengawan, b) mendeskripsikan gerak langkah sekolah Muhammadiyah di Surakarta pada kurun 1920-1970, dan c) menganalisis corak pengembangan pendidikan Muhammadiyah Surakarta. Dengan menggunakan metode sosio-historis penelitian ini berhasil menemukan hal-hal berikut. Pertama, ketika Muhammadiyah muncul di Surakarta, gerakan modernisasi Islam telah melanda kota ini; poros Kauman mendirikan madrasah Mambaul Ulum Kasunanan pada 1905 dan poros saudagar Laweyan mendirikan Sarekat Dagang Islam (SDI) pada 1911, kehadiran Muhammadiyah memberi warna pada modernisme yang berhaluan reformis. Kedua, secara garis besar gerak langkah sekolah Muhammadiyah di Surakarta selama kurun 1920-1970 dapat dipilah menjadi tiga periode, yaitu: perintisan 1920-1942, pencarian identitas 1942-1957, dan pemekaran 1957-1970. Terakhir, corak pengembangan pendidikan Muhammadiyah di Surakarta mirip pola Yogya yang lebih banyak mendirikan sekolah dari pada madrasah.

 

Kata Kunci: pendidikan Muhammadiyah, pengembangan sekolah, SATV, Surakarta


Keywords


Muhammadiyah education, school development, SATV, Surakarta

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Sumber primer

Almanak Moehammadijah 1346 (1927-1928). Djokjakarta: Pengoeroes Besar Moehammadijah bg Taman Poestaka

Berita Tahoenan Moehammadijah Hindia Timoer tahun 1927. Djokjakarta: Pengoeroes Besar Moehammadijah

Berita Tahoenan Moehammadijah Hindia Timoer tjabang Soerakarta tahun 1930. Surakarta: Pengoeroes Moehammadijah Tjabang Soekarta.

Moehammadijah bagian Poestaka. Almanak Moehammadijah 1346 (1927-1928). Djojakarta: Taman Poestaka Moehammadijah.

Muhammadijah setengah abad 1912-1957. 1957. Surakarta: Moehammadijah bagian tabligh tjabang Solo, 1957.

tahun Muhammadiyah mengabdi.1972. Surakarta: Muhammadiyah Daerah Kodya Surakarta.

Sumber-sumber lain

Ali, A. Mukti. 1971. Alam pikiran Islam modern di Indonesia dan modern Islamic thought in Indonesia. Yogyakarta: Nida.

Ali, Mohamad. 2019. “HIK Muhammadiyah Surakarta: Pendidikan guru zaman Hindia Belanda 1931-1935” dlm. Suara Muhamadiyah Edisi 06/ Th 104/ 16-31 Maret.

-----------------. 2018. “Gerakan Islam progresif Surakarta” dlm. Solopos 17 Nopember.

----------------. & Sifaul Arifin. 2015. Matahari terbit di kota bengawan: Sejarah awal Muhammadiyah Solo. Surakarta: Persatuan.

Alfian. 1989. Muhammadiyah. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

--------------. 2010. Politik kaum modernis. Jakarta: Al-Wasath.

Azis, Muhammad Wasil. 1997. Perjuangan Muhammadiyah Surakarta dalam pembaharuan pendidikan di Surakarta. Surakarta: Skripsi UNS.

Buchori, Mochtar. 2007. Evolusi pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: Insist Press.

Gibb, H. A. R. Gibb. 1952. Aliran-aliran modern dalam Islam. Terj. L.E. Hakim. Jakarta: Tintamas.

Gottschalk, Louis . 2008. Mengerti sejarah. Terj. Nugroho Notosusanto. Jakarta: UII Press.

Kartodirdjo, Sartono. 1992. Pendekatan ilmu sosial dalam metodologi sejarah. Jakarta: Gramedia.

Korver, APE. 1985. Sarekat Islam gerakan ratu adil. Jakarta: Grafiti Pres.

Noer, Deliar. 1994. Gerakan modern Islam di Indonesia 1900-1942. Jakarta: LP3ES.

Peacock, James. L. 1978. Purifying the Faith: The Muhammadijah Movement in Indonesian Islam. Menlo Park, California: The Benjamin Cummings Publishing Company.

---------------------. 2016. Gerakan Muhammadiyah memurnikan ajaran Islam di Indonesia. Terj. Andi Makmur Makka. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Pusponegoro, Ma’mun dkk. 2007. Kauman religi tradisi dan seni. Surakarta: Paguyuban Kampung Wisma Batik Kauman.

Shiaraisi, Takashi. 1990. An age in motion. Itacha & London: Cornell University Press.

-------------------. 2005. Zaman bergerak. Jakarta: Grafiti.

Undang-undang RI No. 4 tahun 1950 tentang Dasar-Dasar Pendidikan dan Pengajaran di Sekolah.




DOI: https://doi.org/10.18196/AIIJIS.2019.0107.302-327

Article Metrics

Abstract view : 11 times
PDF - 76 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.



p-ISSN (Print) 2599-0551, e-ISSN (Online) 2599-0586

Afkaruna: Indonesian Interdiciplinary Journal Of Islamic Studies indexed by:   


Office:

tumblr counter
Afkaruna View My Stats