Pengaruh Pusat Perbelanjaan Terhadap Kinerja Lalu Lintas

Rofi Budi Hamduwibawa, Adhitya Surya Manggala, Mohammad Dendi Suhelmi

Abstract


Kabupaten Bondowoso mengalami peningkatan ekonomi dengan cukup pesat terutama yang paling menonjol dalam hal pembangunan pusat perbelanjaan. Hal tersebut berpotensi berdampak pada meningkatnya volume lalu lintas di Jalan Ahmad Yani yang dapat membuat penurunan kinerja ruas jalan. . Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui volume kapasitas jalan terhadap dampak pembangunan pusat perbelanjaan, sehingga bisa menentukan jam puncak serta kapasitas parkir di ruas jalan Jalan Ahmad Yani. Penelitian ini membandingkan kondisi kinerja jalan sebelum (tahun 2019) dan sesudah dibangun pusat perbelanjaan (tahun 2024). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pusat perbelanjaan menyebabkan penurunan kinerja jalan tetapi tidak berdampak signifikan. Sebelum dibangun didapatkan derajat kejenuhan di sisi jalan arah Jember sebesar 0,51, sedangkan setelah pembangunan, derajat kejenuhan naik menjadi 0,56. Derajat jenuh di ruas Jl. Mastrip yang semula 0,33 meningkat menjadi 0,37. Kinerja jalan pada 5 tahun mendatang untuk ruas jalan menuju Jember yaitu 0,745, sedangkan di ruas Jl. Mastrip ssebesar 0,496. Hasil survey volume kendaraan di area pusat perbelanjaan meunjukkan jumlah kendaraan yang parkir pada  hari Sabtu yaitu 122 kendaraan ringan dan 263 sepeda motor, sedangkan pada hari Minggu terdapat 247 sepeda motor dan 104 kendaraan ringan. Hasil analisis menunjukkan pengaruh pusat perbelanjaan tidak signifikasn terhadap kinerja Jl. Ahmad Yani.

Bondowoso Regency has experienced quite rapid economic growth, especially the most prominent in terms of the construction of shopping centers. This has the potential to have an impact on increasing traffic volume on Jalan Ahmad Yani which can reduce road performance. Therefore, this study aims to determine the volume of road capacity on the impact of shopping center construction, so that it can determine peak hours and parking capacity on Jalan Ahmad Yani. This study compares road performance conditions before (2019) and after the construction of the shopping center (2024). The results of this study indicate that shopping centers cause a decrease in road performance but do not have a significant impact. Before construction, the degree of saturation on the side of the road towards Jember was 0.51, while after construction, the degree of saturation increased to 0.56. The degree of saturation on the Jl. Mastrip section which was originally 0.33 increased to 0.37. Road performance in the next 5 years for the road section towards Jember is 0.745, while on the Jl. Mastrip section it is 0.496. The results of the vehicle volume survey in the shopping center area showed that the number of vehicles parked on Saturday was 122 light vehicles and 263 motorcycles, while on Sunday there were 247 motorcycles and 104 light vehicles. The results of the analysis showed that the influence of the shopping center was not significant on the performance of Jl. Ahmad Yani.


Keywords


Kinerja ruas jalan, Derajat kejenuhan, Tingkat pelayanan

References


Amalia, Ayu Rizki, Said, and Sumiyattinah. 2021. “Analisis Kinerja Dan Strategi Peningkatannya Pada Ruas Jalan Raya Desa Kapur Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.” Jurnal PWK: 1–8. Hewayde, E, El Naggar, H., Khorshid, N. 2005. Reinforced lime columns: a new technique for heave control. Ground Improvement 9(2): 79 –87

Bondowoso, Bupati. (2017). Peraturan Bupati Bondowoso Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Dampak Lalu Lintas. Pemerintah kabupaten Bondowoso. Muntohar, A.S., 2014. Prinsip - Prinsip Perbaikan Tanah. Yogyakarta: LP3M UMY.

Bondowoso, Dinas Perhubungan. (2019). Perhitungan Kinerja Jalan Ahmad Yani. Bondowoso : Dinas Perhubungan Bondowoso

Dapartemen Pekerjaan Umum,1997, M. (1997). Highway Capacity Manual Project (HCM). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), 1(I), 564.

Direktorat Jenderal Bina Marga Kemeterian PUPR. (2017). Kapasitas jalan Luar Kota. Pedoman Bahan Kontruksi Bangunan Dan Rekayasa Sipil, 2017, 28 29.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. (1996). Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, 1(1), 41.

Femina Katihokang, M., A. Timboeleng, J., & Sendow, T. K. (2016). Dampak Pusat Perbelanjaan Sakura Mart Terhadap Kinerja Ruas Jalan Trans Sulawesi Di Kota Amurang. Jurnal Sipil Statik, 4(12), 787–794. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jss/article/view/14801

Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Akibat Akitvitas Pasar Dan Alternatif Solusinya Studi Kasus Pasar Gedang -Ruas Jalan Raya Wates Wetan, Pengaruh et al. 2022. “Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Akibat Akitvitas Pasar Dan Alternatif Solusinya (Studi Kasus Pasar Gedang - Ruas Jalan Raya Wates Wetan, Kabupaten Lumajang ).” Jurnal Smart Teknologi 4(1): 45–54. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JST/article/view/8768.

Jalan, R., Monginsidi, W., & Palu, K. (n.d.). Dampak pusat perbelanjaan terhadap kinerja ruas jalan walter monginsidi kota palu.

Jinata, B. C., Timboleng, J. A., & Pandey, S. V. (2018). Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Adanya Transmart Carrefour Bahu Mall. Jurnal Sipil Statik, 6(3), 145–152.

Jinata, B. C., Timboleng, J. A., & Pandey, S. V. (2018). Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Adanya Transmart Carrefour Bahu Mall. Jurnal Sipil Statik, 6(3), 145–152.

Kharis Hanafi, I., & Moetriono, H. (2022). Analisis Kinerja Ruas Jalan Raya Menganti Menggunakan Metode PKJI 2014. Jurnal Perencanaan Dan Rekayasa Sipil, 05(02), 99–104. https://doi.org/10.25139/jprs.v5i2.4727

Kejenuhan, Derajat. 2023. “Jurnal Smart Teknologi Evaluasi Kinerja Lalu Lintas Pada Simpang Tiga Mayang Jember Evaluation Of Traffic Performance at Junction Three Mayang Jember Jurnal Smart Teknologi Fbki.” 4(2): 139–44.

Lembaran, T., Lembaran, T., Republik, N., Lembaran, T., Republik, N., Lembaran, T., Lembaran, T., & Republik, N. (2020). Bupati Bondowoso Provins ! Jawa Timur.

Qurniawan, M. I., Budi, R., Adhitya, H., & Manggala, S. (2023). Jurnal Smart Teknologi Studi Kasus Lalu Lintas Akibat Pengaruh Aktifitas Pasar Di Jalan Raya Wringin Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso Dan Solusinya Case Study of Traffic Due to the Effect of Market Activities on Wringin Highway , Wringin District , B. 4(2), 199–209.




DOI: https://doi.org/10.18196/bce.v4i1.21652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial Office :

BULLETIN OF CIVIL ENGINEERING

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Jln. Brawijaya Tamantirto Kasihan Bantul 55183 Indonesia

Telp:(62)274-387656, Fax.:(62)274-387656

Website: http://journal.umy.ac.id/index.php/bce

Print ISSN : 2797-1104

Online ISSN : 2775-6351

 
Creative Commons License
Bulletin of Civil Engineering is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.