Editorial Foreword

Admin Berdikari

Abstract


Perkembangan zaman tentu akan mempengaruhi aktivitas kehidupan manusia dari berbagai tipe, strata sosial, latar belakang geofisik, budaya, dan tingkat aksesibilitas. Permasalahan kompleks yang dihadapi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup merupakan derivasi dari kondisi tersebut. Tuntutan kebutuhan yang semakin hari semakin kompleks, sementara kondisi lingkungan tidak mendukung akan menjadikan kehidupan masyarakat terbatas dan sulit untuk menyesuaikan dengan perubahan zaman yang sedang terjadi.
Berangkat dari fenomena kondisi masyarakat di atas, maka tidak ada kata lain yang dapat dikatakan dan dilakukan, selain MEMBANTU. Perguruan tinggi merupakan suatu Lembaga Pendidikan yang berisi kumpulan kaum, cendekia dengan berbagai kompetensi yang dimiliki, dan sumberdaya yang cukup dapat dan harus memberikan BANTUAN. Terlebih Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) yang dilandasi dan digerakkan dengan Teologi Al Maun dalam aktivitasnya. Bantuan yang diberikan dapat dilakukan melalui salah satu program Catur Dharma PTMA, yakni Pengabdian kepada masyarakat. Program Pengabdian Masyarakat merupakan implementasi dari riset/penelitian yang telah dilakukan oleh dosen dalam memberikan bantuan kepada masyarakat, baik materiil maupun spiritual. Bantuan dalam bentuk pendampingan akan dapat mengantarkan masyarakat menjadi BERDAYA, sehingga dengan pengetahuan dan ketrampilan yang telah diadopsi diharapkan perlahan-lahan masyarakat akan mampu menolong dirinya sendiri.
Berbagai program pengabdian kepada masyarakat telah dilakukan oleh dosen dengan latar belakang kompetensi keilmuan yang beragam memberikan hasil dan perubahan yang bermakna dalam kehidupan masyarakat dari berbagai latar belakang. Capaian program dan kegitan pengabdian masyarakat oleh dosen perlu ditularkan dan disebar-luaskan kepada masyarakat yang lebih luas, agar lebih bermanfaat. Penyebar-luasan capaian program pengabdian kepada masyarakat dilakukan melalui proses diseminasi, baik secara langsung maupun tidak langsung. BERDIKARI hadir dalam rangka melakukan diseminasi praktik baik dari capaian program pengabdian dosen berbagai tema program, mitra, lokasi, dan kondisi sosial serta budaya. Edisi kali ini menyuguhkan pengalaman pemberdayaan masyarakat dengan beberapa tema, yakni pendidikan, kesehatan, ekonomi dan pariwisata kreatif, pengelolaan sumberdaya desa dan pengelolaan jenazah.
Tema Pendidikan, banyak dibahas tentang metode pembelajaran, teknologi pendukung pembelajaran, dan pendukung literasinya. Sehat jasmani dan rohani sangat diperlukan agar manusia dapat beraktivitas dalam kehidupannya dengan baik dan sukses. Program bidang kesehatan diarahkan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan masyarakat dalam menjaga kesehatan secara mandiri. Implementasi program dilaksanakan melalui pendekatan edukasi, dengan harapan masyarakat mampu berdaya dan berswadaya untuk menjaga kesehatannya. Masyarakat yang sehat mampu berkreasidengan berbagai aktivitas. Salah satunya, mengembangkan ekonomi kreatif dan juga pariwisata. Capaian program pengabdian kepada masyarakat dengan fokus ekonomi kreatif dan pariwisata diulas secara rinci pada edisi ini, dengan harapan dibaca, dipahami, dan akhirnya dapat direplikasikan secara luas di masyarakat. Praktik baik lainnya dari hasil program pengabdian masyarakat oleh dosen, yaitu pengelolaan administrasi dan keuangan desa. Data kependudukan, dan pengelolaan dana desa merupakan dua hal penting yang harus dikelola dengan benar dan bertanggungjawab. Mengingat pentingnya hal itu, maka edisi ini juga menguraikan tata kelola administrasi dan keuangan desa yang didukung oleh teknologi informasi menjadi solusi yang baik. Apa pun yang dicapai oleh masyarakat tentu harus diorientasikan pada kehidupan selanjutnya yang abadi. Tiap makhluk Allah yang bernyawa pasti melalui kematian untuk menuju alam keabadian. Kematian sesorang dapat menjadi permasalahan yang tidak ringan, terutama dalam pengelolaan jasad, belum lagi tidak banyak orang yang paham dan berani. Mengingat pentingnya urusan terkait pengelolaan jenazah, maka BERDIKARI kali ini menyajikan hasil pengabdian dosen secara runtut dan mudah dipahami.
Akhirnya, semoga paparan hasil pengabdian dosen yang dimuat dalam BERDIKARI edisi Agustus 2021 ini dapat memberikan tambahan pengetahuan yang bermanfaat.
Salam Pengabdian - Salam Berdikari


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.18196/berdikari.v9i2.13126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

__________________________________________________________________

View My Stats

Contact us: BERDIKARI : Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, Address: Gedung D, LP3M UMY, AlamatJl. Brawijaya, Tamantirto, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55183. Email: berdikari@umy.ac.id

  

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.