Penataan Halaman Sekolah Sebagai Ekoedukasi

Authors

  • Titiek Widyastuti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Rini Juni Astuti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.18196/bdr.416

Abstract

Halaman sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dapat dimanfaatkan sebagai ajang bermain dan belajar, karena itu perlu penataan yang dapat berfungsi sebagai ekoedukasi. Program penataan kebun sekolah PAUD sebagai sarana ekoedukasi juga belum menjadi perhatian untuk ditangani dengan baik. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan motivasi dan pengetahuan guru, wali murid, dan pengurus Taman Kanak-kanak (TK) tentang penataan halaman sekolah PAUD sebagai ekoedukasi. Adapun metode kegiatan yang dilakukan, meliputi penyuluhan dan motivasi, pelatihan tentang budidaya tanaman dalam pot dan sistem vertikultur, pendampingan penataan halaman sekolah PAUD, penguatan teknologi berupa satu set peralatan budidaya tanaman. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan, bahwa pengetahuan dan ketrampilan dalam penataan halaman sekolah PAUD sebagai ekoedukasi meningkat. Dampak pengabdian masyarakat yakni adanya keberlanjutan kegiatan pemeliharaan halaman sekolah PAUD dan pemanfaatannya sebagai ekoedukasi, sehingga kebutuhan siswa PAUD akan sarana pembelajaraan di luar kelas dapat terpenuhi.

Kata kunci : Penataan, Halaman sekolah, PAUD, Ekoedukasi

References

Arif, A., 1993. Pembangunan Dan Pengelolaan Kebun Sekolah. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta. 104 hal.

Habibi, M., 2018. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini (Buku Ajar S1 PAUD). Deepublish. Yogyakarta.
Kartika, U., tth. Perlukah Anak Diikutkan PAUD?.

Kompas.com. https://edukasi.kompas.com/read/

2013/05/22/09232855/

Perlukah.Anak.Diikutkan.PAUD. Diakses tanggal

1April 2018

Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Prasekolah.

Rahman, H.S., 2002. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PGTKI Press. Yogyakarta.
Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, 2017. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi XI. Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Ditjen Dikti.

Solehuddin, 1997. Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. FIP IKIP Bandung. Bandung.
Uno, H.B., 2012. Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

UU RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Walujo, D.A. dan A. Listyowati, 2017. Kompendium PAUD. Memahami PAUD Secara Singkat. Prenadamedia Grup. Depok.

Widarto, L., 1994. Vertikultur. Bercocok Tanam Secara Bertingkat. Penebar Swadaya. Jakarta.
Widyastuti, T., 2000. Vertikultur dan Talampot : Salah Satu Alternatif Teknologi Pertanian Untuk Kebun

Sekolah Di Perkotaan. Pelatihan Pembangunan dan Pengelolaan Kebun Sekolah Bagi Tenaga Pengajar, Kerjasama antara Fakultas Pertanian UNMUH Jember dengan Depdiknas Kab. Jember. 21-22 Agustus 2000.

Widyastuti, T., 2010. Budidaya Tanaman Obat di Kebun Sekolah. Materi Penyuluhan di SDN Ngrukeman, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. 13 April 2010.

Downloads

Published

2016-02-27

Issue

Section

Articles