Peningkatan Pemasaran Produk Unggulan Berbasis Marketing Mix Method

Isthofaina Astuty

Abstract


Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah: 1) Untuk melakukan pendampingan promosi yang sesuaidengan target

 

konsumen; 2). Untuk membuat model pengembanagn distribusi yang menjaminkonsumenmudahmendapatkanproduk; 3). Untuk membuat model penentuanhargaproduk (Melin) yang sederhana. Adapun masalah yang dihadapi oleh mitra adalah: a) belum memiliki kemampuan menentukan harga jual yang kompetitif dan memberikan tingkat keuntungan yang layak, b). belum memiliki kemampuan mendesain program promosi yang sesuai dengan produk dan target pemasaran,serta c) belum memiliki kemampuan dalam mendesain jalur distribusi atas produk yang menjadi target pemasaran. Adapun metode pelaksanaan yang dipilih untuk menangani masalah adalah survey, penyuluhan, pengadaan dan pendampingan. Hasilnya, (1). Promosi di setiap masjid dan lembaga pendidikan yang ditetapkansebagaiberikut: Promosi Oral, Promosi Brosur, Promosi memberikan sampel, Promosi dengan membuka stand, Promosi layanan; (2).Distribusimelaluiwadahekonomi masjid atau ranting (KedaiAmanah); (3).model penetapan harga produk Melin yang direkomendasikan harga beli ranting ke cabang. Luaran dari program pendampingan ini adalah : 1). model penentuan harga jual produk yang memasukkan unsur biaya yang relevan , 2) model promosi yang modern dan sesuai dengan target konsumen , serta 3) model distribusi yang menjamin konsumen mudah mendapatkan produk

Kata Kunci:: Pemasaran, Produk Unggulan , Marketing Mix.


Full Text:

PDF

References


Arimbawa, 2014 ,Kelebihan dan Kekurangan Alat Promosi, (ikadeksubagiaarimbawa.blogs)

Dickywahyu, 2015, ApaFungsi Booklet atau Leaflet pameran bagi pengunjung dan panitian pelaksana pameran (https://brainly.co.id/)

Yusuf, 2017, Strategi Promosi Penjualan Produk Beserta Tujuan dan Klasifikasinya, Jurnal Manajemen: Kumpulan Materi Manajemen Terlengkap, (hhtp://jurnalmanajemen.com)

Yulianingsih, 2011, Aisyiyah produksi sabun deterjen, Republika 19 Desember 2011

...................., Laporan PDA Kota Yogyakarta dalam

Musyawarah Daerah Aisyiyah Kota Yogayakarta

Periode 2010-2015, 27-28 Februari 2016

.............,......,Jenis-jenis Standing Banner Promosi ,

(http:// www.bitebrands.co)

........., 2010, Metodedan Cara

BagaimanaMenetukanHargaJualSebuahProduk, http://www.dokterbisnis.net

..........., 2015, Akuntansi Manajemen Komparasi

Metode Penentuan Harga Jual Produk, (http:// azis.staff.st3telkom.ac.id/)

https://www.padamu.net/ http://kependudukan,jogjapov.go.id www.jogjakota.go.id.




DOI: https://doi.org/10.18196/bdr.5222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

__________________________________________________________________

View My Stats

Contact us: BERDIKARI : Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, Address: Gedung D, LP3M UMY, AlamatJl. Brawijaya, Tamantirto, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55183. Email: berdikari@umy.ac.id

  

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.