Peningkatan Daya Saing TK ABA Berbasis Penguatan Organisasi dan Teknologi Informasi Melalui Program Sister School
DOI:
https://doi.org/10.18196/bdr.5225Abstract
Berdasarkan pengamatan, TK ABA PCA Wilayah Banguntapan Utara masih memiliki beberapa permasalahan di antaranya masih lemahnya manajemen organisasi PCA Wilayah Banguntapan Utara dan pembelajaran pada TK ABA PCA Banguntapan Utara karena belum menggunaan teknologi informasi. Selain itu, kurangnya pemanfaatan media online sebagai sarana informasi termasuk institusi Aisyiyah tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut, digunakan pendekatan kemitraan sekolah yang disebut Sister School. Sister school dilaksanakan untuk membantu Peningkatan Daya Saing TK ABA wilayah Pimpinan Cabang Aisyiah (PCA) Banguntapan Utara berbasis penguatan organisasi dan teknologi informasi. Sister school ini mengadopsi konsep pembangunan yang berpusat pada rakyat (People Centred Development). Konsep ini memandang inisiatif rakyat sebagai sumberdaya pembangunan yang paling utama dan memandang kesejahteraan material dan spiritual sebagai tujuan yang ingin dicapai. Dari kegiatan pengabdian masyarakat ini menghasilkan Sister School yang berisi program-program unggulan sekolah yang bermitra dan pembuatan website yang bisa digunakan sebagai media pelayanan dan promosi.
Kata Kunci: Peningkatan daya saing, penguatan organisasi, sister school.
References
Aisyiyah.or.id
Ekowati, Maria Atik Sunarti . 2014. Alternatif Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Nonformal Dan Formal (Paud Dan TK Di Dinas Disdikpora Kota Surakarta, Seminar Nasional Dan Call For Papers UNIBA 2014 http:// download.portalgaruda.org/
article.php?article=269983&val=6050&
title=ALTERNATIF%20PEMBERDAYAAN
%20MASYARAKAT%20MELALU I%20PENDIDIKAN%20NON FORMAL%20DAN%20FORMAL%20(PAUD%20Dan%20TK%20di%20Dinas%20Dkspora%20Kota%20Surakrta)
Ife, Jim. 1995. Community development: Creating Community Alternatives-Vision Analysis And
Practice, Australia, Longman Pty Ltd.
Soetrisno, Loekman. 1997, Kemiskinan, Perempuan,
Manzon, Maria . 2017. Comparative education as a
Pemberdayaan, Yogyakarta: Kanisius.
field in Asia: retrospect and prospect Asia Pacific
https://www.un.org/sustainabledevelopment/develop-
Journal of Education, Volume 37, 2017-Issue 3.
ment-agenda/
Payne, Malcolm. 1997. Modern Social Work Theory.
Sudjana, D. 2000. Pendidikan Luar Sekolah,
Second edition London.
Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah,Teori
Pendukung, Asas. Bandung: Falah Production.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors retain copyright and grant BERDIKARI Jurnal Inovasi dan Penerapan IPTEK the right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in BERDIKARI Jurnal Inovasi dan Penerapan IPTEK.
Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in BERDIKARI Jurnal Inovasi dan Penerapan IPTEK
License
Articles published in the BERDIKARI Jurnal Inovasi dan Penerapan IPTEK) are licensed under an Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) license. You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
This license is acceptable for Free Cultural Works. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms. Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.