Peningkatan Kualitas Layanan Dan Tata Kelola Pendidikan Anak Usia Dini Kenanga Panggung Harjo, Sewon, Bantul

Ika Nurul Qamari, Leli Joko Suryono

Abstract


Keberadaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 13 Tahun 2005 merupakan jenis pendidikan non formal. Penyelenggaraan PAUD utamanya ditujukan untuk pendidikan pra sekolah, yaitu untuk anak-anak usia dini (0 - 6 tahun). PAUD Kenanga dalam penyelenggaraannya telah mengalami berbagai perubahan pengelola, dimana pada mulanya diselenggarakan menurut keberadaan Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) untuk kesehatan ibu dan anak di setiap dusun (Pedukuhan Glugo ada 4 dusun). Tujuan program ini adalah meningkatkan kualitas layanan penyelenggaraan PAUD dan perbaikan tata kelola (manajemen) baik dari sisi struktur pengelolaan maupun administrasi PAUD. Metode pendekatan partisipatif dengan focus group discussiondilaksanakan dengan melibatkan kelompok ibu-ibu PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga), Kepala Pedukuhan Glugo, dan ibu-ibu sukarelawan yang selalu siap sedia melaksanakan kegiatan PAUD. Hasil dan Implikasi meliputi terpadunya penyelenggaraan PAUD di Pedukuhan Glugo, yang sebelumnya diselenggarakan di setiap dusun, saat ini telah terpadu menjadi satu, yakni Satuan PAUD Sejenis Kenanga. Kualitas layanan juga meningkat, dengan terpadunya tata kelola di tingkat pedukuhan. Beberapa peningkatan kualitas layanan yang terlaksana adalah dibangunnya ruang bermain dan belajar, pembelian dan pengadaan alat-alat bermain indoor dan outdoor, pengadaan seragam untuk peserta didik, pengadaan seragam untuk pengelola dan pendidik, penyelenggaraan rekreasi untuk ibu dan anak, mendatangkan guru menyanyi dan pengenalan musik.

Kata Kunci: pendidikan anak usia dini, kenanga, kualitas layanan, tata kelola


Full Text:

PDF

References


Catur Retno Wigati, "Implementasi Penguatan Kemitraan Keluarga, PAUD, dan Komite/Dewan Sekola" disampaikan pada acara Diklat Pembinaan dan Pengelola PAUD Non Formal, Dinas Pendidikan Menengah dan Non Formal Kabupaten Bantul, 2015.

Enah Suminah dkk., "Kurikulum Pendidikan Anak Usia

Dini: Apa, Mengapa dan Bagaimana, Direktorat Pembinaan PAUD, 2015.

Haryati, "Aktivitas Cerdas Pengisi Kegiatan PAUD", Tugu Publisher, Jakarta, 2012.

http://www.info-dokumenpaud.com

Ika Nurul Qamari, "Dokumen PAUD Kenanga" (tidak dipublikasikan), 2009.

Seniati, "Mengkondisikan Lingkungan yang Mendukung

untuk Pelaksanaan Pendidikan Nilai bagi Anak Usia Dini di TK Perkotaan dan Sekitarnya" disampaikan pada acara Forum Peringatan Hari Anak Nasional, Dewan Pimpinan Daerah Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia (DPD GOPTKI) DIY, Rabu 21 Agustus 2013.

Widodo, " Mengungkap Rahasia Otak Anak" disampaikan pada acara Seminar Sehari Menjadi Pendidik PAUD Lebih Profesional, Minggu 11 Desember 2011.




DOI: https://doi.org/10.18196/bdr.5226

Article Metrics

Abstract view : 5 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________

View My Stats

Contact us: BERDIKARI : Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, Address: Gedung D, LP3M UMY, AlamatJl. Brawijaya, Tamantirto, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55183. Email: abdimasumy10@gmail.com.