Revolusi Mental Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penguatan Karakter Melalui Penerapan Social Emotional Learning (SEL)
DOI:
https://doi.org/10.18196/bdr.5227Abstract
Tujuan program pengabdian ini (1) untuk mengubah mindset guru-guru PAI SD se KKG PAI kecamatan Kasihan Bantul agar terjadi revolusi mental guna meningkatkan kreativitas guru dalam memperbaiki karakter siswa, dan (2) untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan membuat media pembelajaran dengan pendekatan social emotional learning. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi seminar kreativitas untuk guru PAI, workshop metode dan media pembelajaran melalui pendekatan SEL, Bimbingan Teknis pembuatan RPP guru PAI pendekatan SEL, pendampingan praktik mengajar dengan pendekatan SEL. Kesimpulan hasil pengabdian ini adalah (1) Terdapat perubahan mindset dan mental pada guru-guru PAI-SD se-Kecamatan Kasihan sebesar 74%. Perubahan tersebut tampak dalam keberaniannya melakukan inovasi dalam mengajar yang kreatif.
(2) Kemampuan guru PAI memahami konsep dan implementasi model pembelajaran SEL cukup baik yakni sebesar 68%. (3) Kemampuan inovatif guru PAI dalam membuat media pembelajaran dan memilih strategi pembelajaran berbasis kecerdasan emosi dan sosial terbukti mampu mempengaruhi perubahan mental siswa menjadi pribadi berkarakter.
Kata Kunci: Revolusi mental, Social Emotional Learning, Pendidikan karakter
References
Akif Khilmiyah. (2011). Perbandingan Ketrampilan Intrapersonal dan Interpersonal pada siswa Sekolah Dasar Negeri di Bantul, Yogyakarta: UNY.
_____________. (2013, 2014), Pengembangan Model Pembelajaran PAI melalui Model Pembelajaran Sosial Emotional Learning (SEL) di SD se DIY. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Dikti. Tahun I,II,III. Yogyakarta: LP3.UMY.
Bar-On, R., Handley, R.,& Fund,S. (2005). The Impact of emotional and social intelligence on performance. In Vanessa Druskat, Fabio Sala, and Gerald Mount (Eds), Linking emotional intelligence and performance at work: Current research evidence. Marwah,NJ: Lawrence Erlbaum.
Gardner, H. (1996). Intelligence: multiple perspectives.
Harcourt Brace College. Fort Worth. Tex.
Goleman, Daniel. (2005). Emotional Intelligence, Terj:
T.Hermaya, Jakarta: Gramedia.
Larry P.Nucci. (2008). Handbook of Moral and Character Education. New York and London: Routledge.
Lickona,T. (1991). Educational for character : How our schools can teach respect an responsibility. New York: Bantam Books.
Marzuki. (2008). Pembentukan Kultur Akhlak Mulia di Kalangan Mahasiswa UNY Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Lemlit UNY.
Mayer, Salovey & Caruso. (2000). Models of
emotional intelligence. In R.J Stenberg (Ed),
Handbook of intelligence. Cambridge, UK:
Cambridge University Press.
Zamroni. (2005). Pengembangan Sistem Penilaian
Pendidikan Yang Menerapkan KBK dalam
Kerangka Otonomi Daerah. Yogyakarta: Jurnal
HEPI.
Zuchdi, Darmiyati. (2010). Humanisasi
Pendidikan, Menumbuhkan Kembali
Pendidikan Yang Manusiawi, Jakarta: Bumi
Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors retain copyright and grant BERDIKARI Jurnal Inovasi dan Penerapan IPTEK the right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in BERDIKARI Jurnal Inovasi dan Penerapan IPTEK.
Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in BERDIKARI Jurnal Inovasi dan Penerapan IPTEK
License
Articles published in the BERDIKARI Jurnal Inovasi dan Penerapan IPTEK) are licensed under an Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) license. You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
This license is acceptable for Free Cultural Works. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms. Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.