Pemberdayaaan Pembudidaya Ikan Lahan Kering Melalui Edukasi dan Penyediaan Sumber Air Berkelanjutan

Suryanto Suryanto, Aris Slamet Widodo, Muhammad Kusnendar

Abstract


Kecamatan Nangglan dan Wates, Kulon Progo merupakan kawasan Minapolitan yang merupakan kawasan yang telah ditetapkan oleh pemerintah Kabupaten Kulon Progo untuk menjadi wilayah pengembangan perikanan dari hulu sampai hilir. Dusun Dengok merupakan salah satu wilayah yang telah mengembangkan wilayah perikanan tersebut. Secara pontensi untuk pengembangan perikanan dusun dengan mempunyai lahan yang cukup luas yakni kisaran 40.000 m2. Dari Area tersebut ada 20.000 m2 sudah dikembangkan untuk wilayah perikanan. Namun, saat ini dari wilayah tersebut yang masih jalan untuk perikanan tinggal sisa sekitar 4000 m2. Saat ini, air yang tersedia adalah dari PDAM kulon progo. Sumbe air dari PDAM ini tidak ekonomis sehingga diperlukan penyediaan sumber air yang ekonomis. Solusi yang diperlukan untuk masalah ini adalah penyediaan sumber air yang berkelanjutan dan ekonomis. Program ini menawarkan penyediaan air yang berkelajutan dengan menaikan air dari sumber air yang posisi yang rendah ke posisi yang lebih tinggi dengan mengunakan pompa Hidram atau biasa disebut Hydroulic Ram Pump. Program ini telah berhasil menaikan air dengan pompa hidram dengan kapasitas 20 liter air per menit

 

Kata Kunci: Hidrolic Ram Pump, Hidram, Pemberdayaaan, Pokdakan


Full Text:

PDF

References


Guo, X., Li, J., Yang, K., Fu, H., Guo, T. W., Xia, Q., &

Huang, W. (2018). Optimal design and perfor-mance analysis of hydroulic ram pump. Journal of Power and Energy, 1-15.

Siahaan, P., & Sitepu, T. (2013). Rancang Bangun dan Uji Eksperimental Pengaruh Variasi Panjang Driven Pipe dan Diameter Air Chamber terhadap Efisiensi Pompa Hidram. Jurnal Dinamis, 2(12), 26 - 33.

Supriyanto, A., & Irawan, D. (2017). Pengaruh variasi jarak sumbu katup limbah dengan sumbu tabung udara terhadap efisiensi pompa hidram. Jurnal Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Metro, 185-192.

Suarda, M., & Wirawan, I. (2008). Kajian eksperimental pengaruh tabung udara pada head tekanan pompa hidram. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin CAKRAM, 2(1), 10 - 14.

Usman, Sunyoto, 2003. Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Zuraya, N. (2014, Maret 16). Republika. Retrieved from Kulon Progo Kembangkan Kawasan Minapolitan: http://www.republika.co.id/berita/ nasional/jawa-tengah-diy-nasional/14/03/16/ n2ihcl-kulon-progo-




DOI: https://doi.org/10.18196/bdr.6134

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________

View My Stats

Contact us: BERDIKARI : Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, Address: Gedung D, LP3M UMY, AlamatJl. Brawijaya, Tamantirto, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55183. Email: abdimasumy10@gmail.com.