Pelatihan Dan Pendampingan Usaha Startup “Iqbal Material” Di Balecatur, Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.18196/bdr.6247Abstract
Tujuan program pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu memecahkan permasalahan di bidang pemasaran dan bidang keuangan yang ada pada Usaha Material “IQBAL MATERIAL”. Metode Pelaksanaan yang dilakukan yaitu melalui program pelatihan dan pendampingan. Permasalahan-permasalahan yang terselesaikan antara lain, Khalayak sasaran : (1) sudah memiliki buku khusus untuk mencatat transaksi-transaksi usaha yang terjadi; (2) mampu membuat laporan keuangan usaha; (3) memiliki papan identitas usaha; (4) memiliki leaflet dan frayer untuk promosi usahanya; (5) memiliki nota dengan logo usaha sendiri; (6) memiliki stempel usaha sendiri. Program pengabdian ini berjalan dengan lancar dan mampu menumbuhkan semangat pengembangan usaha material “IQBAL MATERIAL” yang masih merupakan usaha baru (startup). Selain itu menambah wawasan mengenai pentingnya manajemen pemasaran dalam mengelola usaha, sekaligus memberikan solusi kepada pemilik terhadap permasalahan pemasaran dan pengelolaan keuangan yang selama ini dihadapi. Kata kunci : pendampingan keuangan, pendampingan pemasaran
References
Ariefiansyah, Miyoshi. 2012. Cash Flow Management untuk Orang Awam dan Pemula. Bekasi: Laskar Aksara. ISBN: 978-602-9041-45-3
Bisnis dan Wirausaha Indonesia. 2017. Stempel, Aneka Bentuk dan Kegunaannya dalam Usaha. https:// webbisnis.com/stempel-aneka-bentuk-dan-kegunaannya-dalam-usaha/
Bygrave, William D. 1994. The Portable MBA in Entrepreneurship. John Willeys &Son Inc. New York
Kasmir & Jakfar. 2007. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta:
Kencana Prenada Media Group. Edisi 2.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip
Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Mahandika, Nila. 2011. Pencatatan Keuangan Sederhana. http://nilamahandika.blogspot.co.id/ 2011/07/pencatatan-keuangan-sederhana.html
Redaksi Bisnis UKM. 2014. https://bisnisukm.com/ pentingnya-bukti-transaksi-di-laporan-keuangan-usaha.html
Udin, Noor. 2011. Langkah Penyadaran Brand Usaha Kecil Dan Menengah (UKM). Bina Nusantara University. Jurnal Humaniora. Vol. 2. No. 1.
Warni, Sri. 2015. Kenapa Promosi Dalam Bisnis Itu
Penting. https://zahiraccounting.com/id/blog/ pentingnya-promosi-dalam-bisnis/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors retain copyright and grant BERDIKARI Jurnal Inovasi dan Penerapan IPTEK the right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in BERDIKARI Jurnal Inovasi dan Penerapan IPTEK.
Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in BERDIKARI Jurnal Inovasi dan Penerapan IPTEK
License
Articles published in the BERDIKARI Jurnal Inovasi dan Penerapan IPTEK) are licensed under an Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) license. You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
This license is acceptable for Free Cultural Works. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms. Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.