Implementasi Komunikasi, Informasi Dan Edukasi (Kie) Pada Perawat Di Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Temanggung
Abstract
Komunikasi merupakan komponen penting dalam pelayanan Rumah Sakit, dengan mendengarakan keluhan atau pertanyaan pasien dan menjelaskan prosedur tindakan adalah contoh-contoh komunikasi yang harus dilakukan selama melakukan pelayanan. Komunikasi juga merupakan proses yang dilakukan petugas dalam menjalin kerjasama yang baik dengan pasien atau dengan tenaga kesehatan lain dalam rangka membantu mengatasi masalah pasien. Masalah yang ditemukan adalah kurang responnya pemberi pelayanan ketika pasien atau keluarganya mengemukakan keluhan yang berkaitan dengan pengobatan dan perawatannya. “Pelatihan dan Workshop Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE)”. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah Agar petugas keseahatan khususnya perawat di RS. PKU Temanggung mampu memahami konsep Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE), melakukan atau mengkomunikasikan perkataan, perbuatan atau ekspresi yang memfasilitasi proses pelayanan sebagai sarana untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
Keywords : KIE, Patient safety, Promosi Kesehatan
Full Text:
PDFReferences
Bakken, S., Cook, S. S., Curtis, L., Desjardins, K., Hyun, S., Jenkins, M., … Soupios, M. (2004). Promoting patient safety through informatics-based nursing education. International Journal of Medical Informatics, 73(7–8), 581–589. https:// doi.org/10.1016/j.ijmedinf.2004.04.008
Bari, A., Jabeen, U., Bano, I., & Rathore, A. W. (2017). Patient safety awareness among post-graduate students and nurses in a tertiary health care facility. Pakistan Journal of Medical Sci-ences, 33(5), 1059–1064. https://doi.org/ 10.12669/pjms.335.13780
Budge, K., & Cowlishaw, K. (2012). Student and teacher perceptions of learning and teaching: A case study. Journal of Further and Higher Education, 36(4), 549–565. https://doi.org/ 10.1080/0309877X.2011.643775
Fan, J., Hsin, Y., Fen, L., Jane, S., & Hsu, L. (2015). Nurse Education Today Performance evaluation of nursing students following competency-based education. Ynedt, 35(1), 97–103. https://doi.org/ 10.1016/j.nedt.2014.07.002
Lown, B. A., & Manning, C. F. (2010). The schwartz center rounds: Evaluation of an interdisciplinary approach to enhancing patient-centered communi-cation, teamwork, and provider support. Academic Medicine, 85(6), 1073–1081. https://doi.org/ 10.1097/ACM.0b013e3181dbf741
DOI: https://doi.org/10.18196/bdr.6249
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
__________________________________________________________________
Contact us: BERDIKARI : Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, Address: Gedung D, LP3M UMY, Alamat: Jl. Brawijaya, Tamantirto, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55183. Email: berdikari@umy.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.