Rintisan Kewirausahaan Melalui Eco Printing Bagi Penggerak Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

Poppy Rahayu, Nur Saadah Fitri Asih, Nia Setiawati, Edhitya Putri Rahmadhanti

Abstract


Keberadaan Universitas Negeri Jakarta perlu dirasakan manfaatnya terutama untuk masyarakat sekitar kampus. Hal ini harus menjadi perhatian civitas akademika UNJ karena masih banyak terdapat elemen masyarakat yang memerlukan sumbang bakti untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, salah satunya yaitu anggota PKK kelurahan Ciketing Udik kecamatan Bantar Gebang. Daerah yang sangat spesifik ini karena dekat dengan lokasi pembuangan sampah Bantar Gebang, kiranya membutuhkan perhatian khusus sebagai daerah binaan, di antaranya melalui pembuatan video pembelajaran Eco Printing. Eco printing merupakan salah satu teknik untuk mencetak ke bahan kain dengan ciri khas yang sangat ramah lingkungan karena menggunakan bahan-bahan alam saat proses pencetakannya. Referensi bagi keuntungan memiliki keterampilan membuat seni eco printing sebagai salah satu jenis keterampilan dalam seni printing menggunakan flora yang ada di lingkungan tempat tinggal, sehingga menghasilkan berbagai produk fashion, aksesori yang cantik dan bercita rasa seni.


Keywords


Seni; Keterampilan; Eco Printing

Full Text:

PDF

References


uclg.org. (2020).

Tujuan SGDs . Diakses pada 15 Januari 2020, dari UCLG Aspac, http:// www.uclg.org Kharishma, V., & Septiana, U. (2019). Pelatihan Teknik Ecoprint Untuk Guru Paud . Prosiding: Seni, Teknologi, dan Masyarakat, 2, 183-187. Mardiana, T., Warsiki, A. Y. N., & Heriningsih, S. (2020). Community Development Training with Eco-print Training Wukirsari Village, Sleman District, Indonesia . International Journal of Computer Networks and Communications Security, 8(4), 32-36. Irianingsih, Nining. (2018). Eco Print Motif Kain dari Daun dan Bunga . Jakarta: Gramedia Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video . Jakarta: P3AI UPI.




DOI: https://doi.org/10.18196/berdikari.v9i1.9597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

__________________________________________________________________

View My Stats

Contact us: BERDIKARI : Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, Address: Gedung D, LP3M UMY, AlamatJl. Brawijaya, Tamantirto, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55183. Email: berdikari@umy.ac.id

  

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.