PREFERENSI MASYARAKAT PADA KOMODITAS ELEKTRONIKA ASAL CINA PASCA PEMBERLAKUAN CAFTA 2010
Abstract
Abstract: This study examined the ability of domestic consumption in household electronic equipment identified as China's commodity. Focus on the demand sides, this research examined preference of Purwokerto society to the China product. Generally, the society had well ability to differ between China products and non-China products. They were not skeptic to choose China products if its substitute product was not acquired at market sold. On society opinion, the China products had potential threat to sustainability of local and domestic product. On preference term, higher level preference of China product than non-China product included to telecommunication and audio/video electronic products. The other way, the society gave lower preferences to China product included computer and its peripherals, and kitchen or household electronic products.
Abstrak: Riset ini meneliti kemampuan konsumsi domestik terhadap peralatan elektronik rumah tangga dari negeri Cina. Fokus penelitian ini pada sisi permintaan dan menguji preferensi Purwokerto masyarakat terhadap produk Cina. Pada umumnya, masyarakat bisa membedakan antara produk Cina dan produk non-Cina. Mereka tidak ragu memilih produk Cina jika produk penggantinya yang tidak diperoleh di pasaran. Menurut penilaian masyarakat, produk Cina memiliki potensi ancaman terhadap kelangsungan produk lokal dan domestik. Dalam kaitannya dengan preferensi, tingkat preferensi produk Cina yang lebih tinggi dibandingkan produk non-Cina terutama untuk produk telekomunikasi dan audio/video elektronik. Sementara itu, masyarakat memberikan preferensi yang lebih rendah terhadap produk Cina termasuk produk komputer dan peripheral, dan produk peralatan dapur atau elektronik rumah tangga.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bank Indonesia. 2010. Survei Konsumen di Purwokerto. Purwokerto: Kantor Bank Indonesia. Departemen Perdagangan RI. 2008. Rencana Strategik Departemen Perdagangan Tahun 2004-2009. Jakarta: Departemen Perdagangan.
Direktorat Jenderal Industri Alat Transportasi dan Elektronika. 2008. Roadmap 2025 Industri Elektronika. Jakarta: Direktorat Jenderal Industri Alat Transportasi dan Elektronika.
Gujarati, Damodar N. 2003. Basic Econometrics, International Edition. New York: McGraw Hill Companies, Inc.
KADIN. 2009. Butir-butir Pemikiran Perdagangan Indonesia 2009-2014. Jakarta: Kamar Dagang dan Industri (KADIN).
KADIN. 2009. Sumbangsih Pemikiran Dunia Usaha di Indonesia untuk Pemerintah Republik Indonesia Masa Bakti 2009-2014. Jakarta: Kamar Dagang dan Industri (KADIN).
Kotler, Philip. 2000. Marketing Management Analysis; Planning, Implementation, and Control, 10th Edition. New Jersey: Prentice-Hall Inc.
Kuncoro, Mudrajad. 2004. Metode Kuantita-tif, Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi, Edisi kedua. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Setneg Republik Indonesia. 2010. ACFTA sebagai Tantangan Menuju Perekono-mian yang Kompetitif. www.setneg.co.id, Diakses 07 April 2010 Media data Riset. 2010. Studi tentang: Bisnis otomotif Indonesia di Tengah Persaingan Pasar Regional 2010, Januari 2010. Jakarta: Mediadata Riset.
SPSS Inc. 1999. Manual References: SPSS for Windows Release 10.0.5 (27 Nov 1999) Standard Version. USA: SPSS Inc.
Statsoft Corp. 2001. Statistica 6.0 Manual References. USA: Tulsa. USAID dan Snada. 2008. Analisis Kebijakankebijakan Terpilih Departemen Perindustrian Indonesia.
USAID dan Senada, Maret 2008. WEF. 2008. The Global Competitiveness Report 2008-2009. World Economic Forum.
Wilkie, William L. 1994. Consumer Behavior, Third Edition. New York: John Wiley & Sons Inc.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan
Office:
Redaksi JESP UMY, Gedung E2 Lantai 2, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55183
Telp: (0274) 387656 ext.184
Fax: (0274) 387646
Email: jesp@umy.ac.id
Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan (JESP) is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.