HUBUNGAN ANTARA MASALAH GENETIK DAN FAKTOR PSIKOLOGIS DENGAN KEJADIAN OBESITAS PADA SISWA KELAS ENAM SEKOLAH DASAR DI DENPASAR, BALI

Made Rismawan, Ni Luh Putu Dina Susanti, I Gede Satria Astawa

Abstract


Obesitas pada anak berisiko tinggi menyebabkan terjadinya masalah kesehatan sehingga dapat meningkatkan kejadian Diabetes Mellitus tipe 2, gangguan metabolisme glukosa, penyakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah pada anak. Jika obesitas pada anak tidak dideteksi dan dicegah secara dini dapat meningkatkan prevalensi penderita penyakit kronis. Mengidentifikasi hubungan antara masalah genetik dan faktor psikologis dengan kejadian obesitas pada siswa kelas enam sekolah dasar di Denpasar, Bali. Penelitian deskriptif cross-sectional ini melibatkan 382 siswa kelas enam dari delapan sekolah dasar di Denpasar, Bali yang dilaksanakan bulan April sampai Agustus 2015. Data masalah genetik dan faktor psikologis dikumpulkan   menggunakan   kuesioner yang dikembangkan oleh peneliti. Variabel penelitian dianalisis menggunakan Pearson’s Product Moment Correlation Coeicient.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai r = 0,29, p<0,001dan r = 0,30, p <0,001antara  masalah  genetik dan faktor psikologis dengan kejadian obesitas pada siswa kelas enam sekolah dasar di Denpasar, Bali. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara masalah genetik dan faktor psikologis dengan kejadian obesitas pada siswa kelas enam sekolah dasar di Denpasar, Bali. Promosi kesehatan terutama yang berkaitan dengan masalah genetik dan faktor psikologis harus menjadi prioritas kegiatan di sekolah dasar. Promosi kesehatan dengan melibatkan pihak sekolah, siswa, orang tua dan lingkungan sekitar juga penting dilaksanakan untuk mencegah meningkatnya kejadian obesitas pada siswa sekolah dasar.

Kata kunci: masalah genetik, faktor psikologis, obesitas, siswa sekolah dasar.


Full Text:

PDF

References


Anggraini, S. (2008). Risk factor of obesity among children in kindergarden in Kota Bogor. IPB, 1-54.

American Academy of Family Physicians. (2013). Diagnosis and management of obesity. Leawood: American Academy of Family Physicians.

Ariani, A., & Sembiring, T. (2007). Prevalence of obesity among elementary school students in Kota Medan. Majalah Kedokteran Nusantara, 40(2), 86-89.

Badan Pusat Statistik. (2010). Sencus of Bali Province. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Burns, N., & Grove, S.K. (2009). The practice of nursing research: appraisal, synthetic, and generation of evidence. Saunders Elsevier Inc: United States of America.

Centers for Disease Control and Prevention. (2013). Body mass index measurement in school. Atlanta: Centers for Disease Kontrol and Prevention.

Hazzaa, H.M., Abahussain, N.A, Sobayel, H.I., Qahwaji, D.M., Alsulaiman, N.A., & Musaiger, A.O. (2014). Prevalence of overweight, obesity, and abdominal obesity among urban Saudi adolescents:




DOI: https://doi.org/10.18196/ijnp.v3i1.2223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





IJNP (Indonesian Journal of Nursing Practices) are indexed by:

        


Office:

School of Nursing, Faculty of Medicine and Health Science, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Siti Walidah Building F3, 4th floor.
JL. Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183
Email: IJNP@umy.ac.id
Web: http://journal.umy.ac.id/index.php/ijnp

Creative Commons License
Indonesian Journal of Nursing Practice is licensed under an Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) license.

View My Stats