Penerapan Komunikasi Situation, Background, Assesment, Recomendation (SBAR) Pada Perawat Dalam Melaksanakan Handover

Authors

  • Noormailida Astuti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cahaya Bangsa
  • Bahrul Ilmi Politeknik kesehatan Banjarmasin
  • Ruslina wati Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.18196/ijnp.3192

Keywords:

Handover, Pengalaman, SBAR.

Abstract

Abstrak

Latar Belakang: Rumah sakit yang terakreditasi dalam sistem akreditasi KARS 2012 mengarahkan kegiatan RS agar memberikan pelayanan yang memenuhi standar kualitas jaminan rasa aman. Keamanan pelayanan di RS salah satunya peningkatan komunikasi efektif antar perawat, sehingga tidak terjadi kesalahan informasi saat handover dan menjamin keselamatan pasien karena belum maksimalnya penerapan komunikasi SBAR.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan komunikasi SBAR pada perawat dalam melaksanakan  handover  di  RSUD Banjarmasin.

Method: Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi.

Hasil: Hasil penelitian mengidentifikasi sebanyak enam tema, yaitu Pengalaman penerapan komunikasi SBAR dalam handover; Manfaat penerapan komunikasi SBAR dalam handover; Hambatan penerapan komunikasi SBAR dalam handover; Tantangan penerapan komunikasi SBAR dalam handover; Cara beradaptasi penerapan komunikasi SBAR dalam handover; Harapan penerapan komunikasi SBAR dalam handover.

Kesimpulan: Rekomendasi peneliti sebaiknya pihak manajemen khususnya bidang keperawatan melakukan perbaikan fasilitas pada format dokumentasi SBAR dan melakukan sosialisasi manfaat komunikasi SBAR ke ruangan yang belum menerapkan komunikasi SBAR dalam melaksanakan handover.

 

Abstract

Background: Accredited hospitals in KARS 2012 accreditation system direct RS activities to provide services that meet safety assurance standards. Safety of service in the hospital one of them is increasing the effective communication between nurses, so that there is no information error when handover and guarantee patient safety because not maximal application of SBAR communication.

Objective: The purpose of the study explored the application of SBAR communication to nurses in implementing handover at Banjarmasin General Hospital.

Method: The research was conducted using qualitative method with phenomenology approach.

Result: The research results identify as many as six themes, namely: Experience of SBAR communication implementation in handover; Benefits of implementing SBAR communication in handover; Barriers to the implementation of SBAR communication in handover; Challenges of implementing SBAR communication in handover; How to adapt the implementation of SBAR communication in handover; Expectations of SBAR communication in handover.

Conclusion: Recomendation Management, especially in the field of nursing should make facility improvements on the SBAR documentation format and socialize the benefits of SBAR communication to a room that has not implemented SBAR communication in implementing handover.

Author Biographies

Noormailida Astuti, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cahaya Bangsa

Departemen manajemen keperawatan

Ruslina wati, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Departemen keperawatan Maternitas

References

Afiyanti & Rachmawati. (2014). Metodelogi Penelitian Kualitattif Dalam Riset Keperawatan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Alligood, M. (2014). Pakar Teori Keperawatan Dan Karya Mereka. Edisi Indonesia. Volume 1, Jakarta : Elsivier

Alwasilah, A.C (2011), Pokoknya kualitatif dasar-dasar merancang dan melakukan penelitian kualitatif, cetakan ke enam, Jakarta : PT Dunia pustaka jaya.

Agus Supinganto, dkk (2015). Identifikasi Komunikasi Efektif SBAR (Situation, Background, Assesment, Recommendation) Di RSUD Kota Mataram. STIKes Yarsi Mataram. Tersedia dalam :

AHHA (Australian Healthcare & Hospitas Association). (2009). Clinical Handover: System Cange, Leadership and Principles

Andreoli, A, Et Al. (2010) Using SBAR To Communicate Falls Risk And Management In Inter-Professional Rehabilitation Teams, Volume 13. Journal Healthcare Quarterly. Available from :

Anonymous, S (2012). Safer Care Improving Patient Safety, NHS Institute For Innovation And Improvement. Journal of Interprofessional care, 24(1): 111-114.

Bungin, B. (2015), Analisis Penelitian Kualitatif, Pemahaman Filosofis Dan Metodologis Ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. PT Rajagrafindo Persada: Jakarta.

Blom L, et.al (2015) The Situation, Background, Assesment And Recomendation (SBAR) Model For Communication Between Health Care Profesionals : A Clinical Intervention Pilot Study, International Journal Of Caring Sciences.Available from :

Catherine D, et.al. (2011). Improving Patient Safety Though Provider Communication Strategy Enhancements. BMC Health Services Reseach (edisi online) Vol 11:45. Tersedia dalam: http://www.biomedcentral.com.

Cecep T, Zainuddin H.(2015). Studi Kualitatif: Peran Handover Dalam Meningkatkan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit, Jurnal Pena Medika, ISSN: 2086-843X, Vol. 6, No. 2

Cynthia D., B., Gayle, K. (2009). Collaborative Communication: Integrating SBAR to Improve Quality/Patient Safety Outcomes’. J. Healhc. Qual. Vol. 31, No. 5 Available from.: <http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19813557>

Dewi, M. (2012), Pengaruh Pelatihan Timbang Terima pasien Terhadap Penerapan Keselamatan Pasien Oleh Perawat Pelaksana Di RSUD Raden Mattaher Jambi, Tesis, Jurnal Health & Sport, Volume 5, Nomor 3. Tersedia dalam :

Fitria, N.C. (2013) Efektifitas Pelatihan Komunikasi SBAR Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Psikomotor Perawat Di Ruang Medikal Bedah RS PKU Muhammadiyah Surakarta, Prosiding.

Mursidah Dewi. (2012). Pengaruh Pelatihan Timbang Terima Pasien Terhadap Penerapan Keselamatan Pasien Oleh Perawat Pelaksana di RSUD Raden Mattaher Jambi. Jurnal Health & Sport, Volume 5, Nomor 3, Agustus 2012. dalam:

Moleong, L. J. (2104). Metodelogi penelitian kualitatif. Bandung : PT Rajatama Rosdakarya.

Narayan, M.C. (2013). Using SBAR Comunication in Efforts to Prevent Patient Rehospitalizations. Diunduh dari www.nursingcentre.com

Nursalam. (2011). Manajemen Keperawatan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Edisi 3. Jakarta: PT Salemba Medika

Parry,J.(2012). Improving clinical communication using SBAR “Improving care, delivering quality”. http://www.1000livesplus. Wales. Nhs.ik,

Peraturan Menteri Kesehatan. (2017) tentang keselamatan pasien. (internet), Tersedia dalam:

Qomariah. S.N. Uyan. A.L. (2015). Hubungan Faktor Komunikasi Dengan Insiden Keselamatan Pasien ( Correlation Of Ccommunication Factor With Patient Safety Incident). Journal Of Ners Community. Volume O6. Nomor 2. November 2015. Tersedia dalam:

Randmaa, et al. (2014). SBAR improves communication and safety climate and decreases incident reports due to communication errors in an anaesthetic clinic: a prospective intervention study. (internet). Volume 4. Iss. 1.Available from:

Raymond & Harrison. (2014). The Structured Communication tool SBAR (Situation, Background, Assesment and Recommendation) improves communication in neonatology. Sout African Medical Journal.

Stewart, K. R. (2016). SBAR, Communication, And Patient Safety : An Integrated Literature Review.University Of Tennese At Chattanooga.Available from:

Wahyuni. I. (2014). Efektifitas Pelatihan Komunikasi S-BAR Dalam Meningkatkan Mutu Operan Jaga (Handover) Di Bangsal Wardah RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II. Tesis. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Terdapat dalam:

Zees. R.F (2011). Analisa faktor budaya organisasi yang berhubungan dengan perilaku caring perawat pelaksana di ruang rawat inap RSUD Prof. Dr. Aloei Saboe Kota Gorontalo. Tesis. Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2019-05-11