Dampak E-Learning terhadap Anggaran Pelatihan Kementerian Keuangan

Dita Rakhmadina, Dyah Setyaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak e-learning terhadap anggaran pelatihan, perbandingan standar biaya keluaran pelatihan klasikal dan e-learning, dan penyusunan standar biaya keluaran sesuai dengan komponen pembentuk biaya yang diperlukan untuk menyelenggarakan e-learning. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi  dalam rangka meningkatkan efisiensi anggaran  pada organisasi pemerintah penyelenggara pendidikan dan pelatihan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan menggali fenomena yang terjadi pada anggaran suatu instansi pemerintah sebagai akibat dari penyelenggaraan e-learning. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan pelatihan e-learning secara signifikan dapat menghemat anggaran pelatihan dan meningkatkan jumlah peserta yang dapat dilatih. Namun, standar biaya yang disusun saat ini belum optimal karena belum mencerminkan seluruh biaya yang diperlukan untuk menyelenggarakan e-learning. Standar biaya yang disusun sebaiknya dibedakan sesuai jenis pelatihan e-learning. Selain itu, untuk meningkatkan efisiensi anggaran atas pelaksanaan e-learning diperlukan penyesuaian kebutuhan kompetensi SDM dan struktur organisasi yang ada saat ini yang lebih sesuai dengan proses bisnis pelatihan e-learning. 


Keywords


Anggaran; Standar Biaya; Efisiensi; E-Learning.

Full Text:

PDF

References


Aparicio, M., Bacao, F., & Oliveira, T. (2016). An e-learning theoretical framework. Educational Technology and Society, 19, 292–307. https://doi.org/10.2307/jeductechsoci.19.1.292

Bogdandy, B., Tamas, J., & Toth, Z. (2020). Digital transformation in education during COVID-19: A case study. 11th IEEE International Conference on Cognitive Infocommunications, CogInfoCom 2020 - Proceedings, 173–178. https://doi.org/10.1109/CogInfoCom50765.2020.9237840

Boustani, N. M., & Chedrawi, C. (2019). Innovation, New Public Management and Digital Era Government, Towards a Better Public Sector Performance Through ICT: The Case of the Lebanese Ministry of Environment. In Lecture Notes in Information Systems and Organisation. https://doi.org/10.1007/978-3-030-10737-6_12

Brill, J. (2016). Logic Model Guides Agencies in EVALUATING TRAINING Program Effectiveness. Training+Development, June.

Bunea-Bontas, C. A., & Petre, M. C. (2011). Arguments for Introducing Accrual Based Accounting in the Public Sector. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.1491663

David Wilkinson and Peter Birmingham. (2003). Using Research Instruments- A Guide For Researchers. In Igarss 2014. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Deming, D. J., Goldin, C., Katz, L. F., & Yuchtman, N. (2015). Can Online Learning Bend the Higher Education Cost Curve? American Economic Review, 105(5), 496–501. https://doi.org/10.1257/aer.p20151024

Departemen Keuangan Republik Indonesia dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. (2009). Pedoman Penerapan Penganggaran Berbasis Kinerja (PBK).

Goldschmidt, K. (2020). The COVID-19 Pandemic: Technology use to Support the Wellbeing of Children. Journal of Pediatric Nursing. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2020.04.013

Harun, H., An, Y., & Kahar, A. (2013). Implementation and challenges of introducing NPM and accrual accounting in Indonesian local government. Public Money and Management, 33(5), 383–388. https://doi.org/10.1080/09540962.2013.817131

HOOD, C. (1991). A PUBLIC MANAGEMENT FOR ALL SEASONS? Public Administration. https://doi.org/10.1111/j.1467-9299.1991.tb00779.x

Iivari, N., Sharma, S., & Ventä-Olkkonen, L. (2020). Digital transformation of everyday life – How COVID-19 pandemic transformed the basic education of the young generation and why information management research should care? International Journal of Information Management. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102183

Indrawati, N. (2010). Penyusunan Anggaran dalam Era New Public Management: Implementasinya di Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 10(2), 176–193.

Oktaviani, M. (2016). Analisis atas Target dan Struktur Biaya dalam Penentuan Bobot Biaya Output yang Bersifat Sulit Diestimasi (Studi Kasus: Ditjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan). Universitas Indonesia.

Radha, R., Mahalakshmi, K., Kumar, V. S., & Saravanakumar, A. R. (2020). E-Learning during Lockdown of Covid-19 Pandemic: A Global Perspective. International Journal of Control and Automation.

Selim, H. M. (2007). Critical success factors for e-learning acceptance: Confirmatory factor models. Computers and Education, 49(2), 396–413. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2005.09.004

Sun, P. C., Tsai, R. J., Finger, G., Chen, Y. Y., & Yeh, D. (2008). What drives a successful e-Learning? An empirical investigation of the critical factors influencing learner satisfaction. Computers and Education, 50(4), 1183–1202. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2006.11.007

Utomo, A. P. (2020). WHO Umumkan Virus Corona sebagai Pandemi Global. Kompas.Com. https://www.kompas.com/global/read/2020/03/12/001124570/who-umumkan-virus-corona-sebagai-pandemi-global?page=all

Wicaksono, W. (2020). WHO Resmi Umumkan Virus Corona sebagai Pandemi. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/news/read/4199725/who-resmi-umumkan-virus-corona-sebagai-pandemi?source=search

Yin, R. K. (2015). Studi Kasus: Desain dan Metode (M. Djauzi Mudzakir, Penerjemah) (Edisi Revi). Rajawali Pers.

Yin, R. K. (2016). Qualitative Research from Start to Finish Second Edition. In THE GUILFORD PRESS. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM, 47(5), 75–79. https://doi.org/10.1145/986213.986216




DOI: https://doi.org/10.18196/jati.v4i1.10343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia is indexed by :

 

Office:

Editorial of Jati UMY, Building D, Jl. Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Telp: (0274) 387656
Fax: (0274) 387646
WA: +62 858-3939-7548 (Puspita Dewi)
Email: jati@umy.ac.id

Based on a work at https://journal.umy.ac.id/index.php/jati/index

Creative Commons License
Jati : Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.