Pengelolaan Ekowisata Boonpring oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa

Driana Leniwati, Aliya Nur Aisyah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengelolaan Ekowisata Boonpring oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam rangka meningkatkan pendapatan desa (PADes). Penelitian ini menggunakan desain studi kasus dengan metode deskriptif kualitatif. Data kualitatif diperoleh dengan melakukan wawancara secara mendalam, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Desa, kepala BUMDes, karyawan, dan masyarakat. Reduksi data, penyajian data, trianggulasi dan penarikan kesimpulan merupakan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menyatakan pengelolaan Ekowisata Boonpring sudah dilakukan dengan baik oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sanan kerto sesuai dengan prinsip kooperatif, partisipatif, emansipatif, transparan, akuntable, dan sustainable. Pengelolaan Ekowisata Boonpring yang baik diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Desa secara berkelanjutan dengan menggali potensi desa melalui sektor pariwisata walaupun ada kendala dalam penerapan prinsip partisipatif yaitu kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang perlu dilatih.


Keywords


Prinsip Pengelolaan; Wisata; BUMDes; PADes.

Full Text:

PDF

References


Ayu, I. G., & Desi, R. (2017). Optimalisasi Pengelolaan Pendapatan Asli Desa Untuk Meningkatkan Pembangunan Perekonomian Desa Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha e-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha. 1(1).

Endah, K. (2018). Mewujudkan Kemandirian Desa Melalui Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa. Jurnal Moderat, 4(4), 25–33.

Filya, A. R. (2018). Optimalisasi Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes ) Dalam Meningkatkan Pades di Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro Provinsi Jawa Timur. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Publik, 5(1), 19–39. http://ejournal.ipdn.ac.id/JEKP/article/view/393

Ihyaul Ulum, SE., M.Si., Ak., C., & Dr. Ahmad Juanda, MM., AK., C. (2018). Metodologi Penelitian Akuntansi.

Ma’ruf, M. F., Kurniawan, B., & ... (2017). Desa Wisata: Sebuah Upaya Mengembangkan Potensi Desa Dan Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (Studi Pada Desa Wisata Bejiharjo Kecamatan Karangmojo …. … Jurnal Ilmu Administrasi …, 193–203. http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/jdg/article/view/1209.

Pakaya, N., & Rorong, A. (2019). Transparansi Pengolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Di Desa Kamanga Kecamatan Tompaso. Jurnal Administrasi Publik, 5(74).

Putri Nugrahaningsih1, H. M. (2018). Optimalisasi Peran BUMDes Desa Bulusulur Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri Dalam Membangun Desa Wisata. Prosiding PKM-CSR, 1, 1532–1545.

Saragi, N., & Abdullah, A. (2020). Peran Badan Usaha Milik Desa Dalam Pengelolaan Objek Wisata di Desa Denai Lama Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 6(2), 17. https://doi.org/10.37064/jpm.v6i2.6894

Teras desa. (2020). Membangun Pariwisata Daerah Lewat BUMDes. 14 Januari. https://www.google.co.id/amp/s/terasdesa.co.id/membangun-pariwisata-daerah-lewat-bumdes/

Trivena Y.P. Karinda, W. W. A. K. (2020). Tata Kelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Jurnal Politico, 9(3).

Vincent Fabian Thomas. (2019). Kenapa Ribuan BUMDes Mangkrak Meski Dana Desa Triliunan Rupiah? 16 Desember. https://tirto.id/kenapa-ribuan-bumdes-mangkrak-meski-dana-desa-triliunan-rupiah-enpb.




DOI: https://doi.org/10.18196/jati.v4i2.12414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia is indexed by :

 

Office:

Editorial of Jati UMY, Building D, Jl. Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Telp: (0274) 387656
Fax: (0274) 387646
WA: +62 858-3939-7548 (Puspita Dewi)
Email: jati@umy.ac.id

Based on a work at https://journal.umy.ac.id/index.php/jati/index

Creative Commons License
Jati : Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.