Keterkaitan The Resources Based Theory dengan Intellectual Capital Disclosure, Implementasi Pada Website, dan Respon Manajemen Perguruan Tinggi

Sigit Hermawan, Wiwit Hariyanto, Sriyono Sriyono, Niko Fediyanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menguraikan keterkaitan resources-based theory dengan intellectual capital disclosure (ICD), pengimplementasian ICD pada website dan menguraikan respon wakil rektor dan kepala unit terkait. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang menggambarkan penerapan ICD pada empat website direktorat dan satu program studi. Kesimpulan penelitian adalah the resources based theory sangat terkait dengan ICD. Untuk implementasi ICD pada website direktorat di UMSIDA adalah ada beberapa item yang sudah ada di website tersebut dan ada beberapa yang baru diterapkan berdasarkan ICD. Respon semua wakil rektor dan kepala unit kerja mendukung implementasi ICD ini dan memang itulah yang dibutuhkan saat ini oleh website UMSIDA. Implikasi dari penelitian ini adalah manajemen perguruan tinggi harus mampu mengembangkan website yang dimiliki untuk peningkatan kinerja, media promosi, dan image building.


Keywords


Teori Berbasis Sumber Daya; Pengungkapan Modal Intelektual; Situs Web.

Full Text:

PDF

References


Barney, Jay. 1991. “Firm Resources and Sustained Competitive Advantadge.” Journal of Management 17(1): 99–120.

Hermawan, Sigit., Sriyono., Wiwit Hariyanto., dan Niko Fediyanto. 2019. “Makna Pemeringkatan Dan Peningkatan Kinerja Perguruan Tinggi Perspektif Intellectual Capital.” Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis. 14(2): 142–54.

Hermawan, Sigit, Fakultas Ekonomi, and Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. 2013. “Makna Intellectual Capital Perspektif The Role Theory Dan The Resource Based Theory.” (80).

Ifleh, Youssef., Mohamed Lotfi., and Mounime Elkabbouri. 2017. “Rethinking Value Creation From The Resource Based View: The Case Of Human Capital In Moroccan Hotels.” International Journal of Applied Management and Economics 2(2): 13–25.

Kamaluddin, Amrizah, and Rashidah Abdul Rahman. 2013. “The Intellectual Capital Model: The Resource-Based Theory Application.” Int. J. Learning and Intellectual Capital 10(3): 294–313.

Leitner, Karl-Heinz. 2004. “Intellectual Capital Reporting for Universities: Conceptual Background and Application for Austrian Universities Hlm.” Research Evaluation 13(2): 129–40.

Miles, M. B., dan A. M. Huberman. 1984. Qualitative Data Analysis. USA: Sage Publication Inc.

Murale, V., R. Jayaraj., and Ashrafali. 2010. “Impact of Intellectual Capital on Firm Performance: A Resource Based View Using VAIC Approach.” International Journal of Business, Management, Economics, and Information Technology 2(2): 283–29.

Richmond, William, Scott Rader, and Clinton Lanier. 2017. “The ‘Digital Divide’ for Rural Small Businesses.” Journal of Research in Marketing and Entrepreneurship 19(2): 94–104.

Sigit Hermawan and Amirullah. 2016. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif. Malang: MNC.

Sigit Hermawan dan Lia Debby Milanetty. 2017. “The Comparison of Intellectual Capital Disclosure: Evidence from Pharmaceutical Company in Southest Asian Countries.” Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR) 125.

Ulum, Ihyaul. 2012. “Konstruksi Komponen Intellectual Capital Untuk Perguruan Tinggi Di Indonesia.” Jurnal Reviu Akuntansi Dan Keuangan, 2(2): 251–262.

Website.

“Http://Accounting.Feb.Umy.Ac.Id/Dosen/Dr-Rizal-Yaya-Ph-d-m-Sc-Ak-Ca/.”

“Http://Akademik.Umsida.Ac.Id.” http://akademik.umsida.ac.id.

“Http://Bpsdm.Umsida.Ac.Id.” http://bpsdm.umsida.ac.id.

“Http://Drpm.Umsida.Ac.Id.” http://drpm.umsida.ac.id.

“Http://Pinpku.Umsida.Ac.Id.”

http://www.webometrics.info/en/Methodology

https://www.4icu.org/about/




DOI: https://doi.org/10.18196/jati.030227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia is indexed by :

 

Office:

Editorial of Jati UMY, Building D, Jl. Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Telp: (0274) 387656
Fax: (0274) 387646
WA: +62 858-3939-7548 (Puspita Dewi)
Email: jati@umy.ac.id

Based on a work at https://journal.umy.ac.id/index.php/jati/index

Creative Commons License
Jati : Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.