Basic Sector Analysis and Development Strategy of Regional Economic Potential in Kulon Progo District 2013-2017

Yonanda Mulya Isabhandia, Lilies Setiartiti

Abstract


The research carried out in Kulon Progo Regency aims to analyze the economic potential that will exist to develop strategies that can be used to develop the economy in Kulon Progo Regency. This study uses data from 2013 to 2017 obtained from the Central Statistics Agency of Kulon Progo Regency and Yogyakarta Special Region. This study uses several analytical tools, namely Statistical Location Quotient (SLQ), Dynamic Location Quotient (DLQ), Shift Share Analysis, Klassen Typology Analysis, and the SWOT analysis approach. Based on the combined analysis of SLQ and DLQ, there are three sectors: the mining and quarrying sector, wholesale trade and retail, car and motorcycle repair, government administration, defense, and social security. These sectors are the crucial sectors at present and will remain the base sectors in the future.


Keywords


SLQ; DLQ; Shift Share; Klassen Tipology; SWOT

Full Text:

PDF

References


Ardiyanto, N. S., & Nugraha, H. S. (2017). Pengaruh produk wisata dan Electronic Word of Mouth terhadap keputusan berkunjung (Studi pada pengunjung objek wisata Pantai Bondo Jepara). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(1), 199-208. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/19144

Badan Pusat Statistik. (2019). Retrieved from https://www.bps.go.id/pressrelease/2019/02/01/1543/jumlah-kunjungan-wisman-ke-indonesia-desember-2018-mencapai-1-41-juta-kunjungan.html

Dani, Y.P., & Thamrin. (2019). Pengaruh atribut produk wisata dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap keputusan berkunjung pada kawasan wisata Mandeh. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha, 1(1). Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/mnj/article/view/5521

Deni, M., & Winarni, S. (2018). Pengaruh pramuwisata dan promosi terhadap kunjungan wisatawan kota Palembang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 15(1), 39–48. https://doi.org/10.29259/jmbs.v15i1.5646

Hasan, A. (2010). Marketing dari mulut ke mulut. Yogyakarta: MEDPRESS.

Hidayah, N. (2018). Pemasaran destinasi pariwisata. Bandung : Alfabeta

Huda, M. K., Rachma, N., & Hufron, M. (2019). Pengaruh citra destinasi, produk wisata dan word of mouth terhadap keputusan berkunjung ke wisata coban jahe. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(4). Retrieved from http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/2230

Illah, A. N., Sularso, R. A., & Irawan, B. (2019). Pengaruh citra destinasi dan e-wom di media sosial instagram serta persepsi konsumen terhadap keputusan berkunjung ke objek wisata B29 di kabupaten Lumajang. e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 6(2), 164-170. https://doi.org/10.19184/ejeba.v6i2.11163

Kemenpar. (2019). Retrieved from http://www.kemenpar.go.id/post/kajian-dampak-sektor-pariwisata-terhadap-perekonomian-indonesia

Kompas. (2019). Retrieved from https://travel.kompas.com/read/2019/03/19/110700827/6-langkah-pemerintah-tingkatkan-devisa-pariwisata-indonesia?page=all

Kotler, P.T., & Armstrong, G. (2012). Principle of Marketing, Fourteenth Edition, England: Pearson Education Ltd.

Pallefi, A. Z., & Widiartanto, W. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, daya saing destinasi dan pengalaman sebelumnya terhadap keputusan berkunjung kembali dengan kepuasan pengunjung sebagai variabel intervening. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(3), 397-406. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/16732

Pamungkas, A., Arifin, R., & Hufron, M. (2018). Pengaruh produk, persepsi harga, citra destinasi, dan promosi terhadap keputusan berkunjung ke tempat batu flower garden coban rais. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 7(16). Retrieved from http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/1323

Purnamasari, M., & Budiatmo, A. (2019). Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung dengan keputusan pengunjung sebagai variabel intervening pada objek wisata candi borobudur kabupaten Magelang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(3), 89-96. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/24022

Putranegara, R. I., & Pradhanawati, A. (2016). Pengaruh produk wisatadan kualitas pelayanan terhadap keputusan berkunjung melalui electronic word of mouth sebagai variabel intervening (Studi pada pengunjung objek wisata goa pindul Yogyakarta). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 491-500. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/13595

Ramadhan, I., & Nugraha, H. S. (2016). Pengaruh produk wisata dan word of mouth terhadap keputusan berkunjung (Studi kasus pada pengunjung objek wisata pantai klayar). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 438-448. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/13578

Republika. (2018). Retrieved from https://m.republika.co.id/berita/nasional/daerah/18/11/29/piy31j370-pangandaran-berbenah-menuju-wisata-kelas-dunia

Sari, F., & Pangestuti, E. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WoM) terhadap minat berkunjung dan keputusan berkunjung (Studi pada wisata coban rais BKPH Pujon). Jurnal Administrasi Bisnis, 54(1), 189-196. Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2231

Suwarduki, P. R., Yulianto, E., & Mawardi, M. K. (2016). Pengaruh electronic word of mouth terhadap citra destinasi serta dampaknya pada minat dan keputusan berkunjung (Survei pada followers aktif akun instagram indtravel yang telah mengunjungi destinasi wisata di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis, 37(2), 1-10. Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1449

Tjiptono, F. (2017). Service management. Yogyakarta: ANDI.

Toruan, N. N. L., & Priansa, D. J. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WoM) pesona jawa baratku terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Jawa Barat Tahun 2018. eProceedings of Applied Science, 4(2). Retrieved from https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/6560/0

Tribunnews. (2018). Retrieved from http://jabar.tribunnews.com/2018/11/20/dua-kawasan-ekonomi-khusus-menunggu-finalisasi-jabar-ajukan-empat-kek-tambahan

Yoeti, O.A. (2018). Pengantar Ilmu Pariwisata. Jakarta: Kompas.

Zakia, S. Z., & Widiartanto, W. (2016). Pengaruh produk wisata, dan word of mouth terhadap keputusan berkunjung dengan citra destinasi sebagai variabel intervening (Studi pada obyek wisata colo Kudus). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 510-518. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/13597




DOI: https://doi.org/10.18196/jerss.v5i1.11037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:
Redaksi Journal of Economics Research and Social Sciences, Gedung E2 Lantai 2, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55183

Email: jerss@umy.ac.id

Telp: +62 812-3233-6697


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.