Basic Sector Analysis and Development Strategy of Regional Economic Potential in Kulon Progo District 2013-2017
Abstract
The research carried out in Kulon Progo Regency aims to analyze the economic potential that will exist to develop strategies that can be used to develop the economy in Kulon Progo Regency. This study uses data from 2013 to 2017 obtained from the Central Statistics Agency of Kulon Progo Regency and Yogyakarta Special Region. This study uses several analytical tools, namely Statistical Location Quotient (SLQ), Dynamic Location Quotient (DLQ), Shift Share Analysis, Klassen Typology Analysis, and the SWOT analysis approach. Based on the combined analysis of SLQ and DLQ, there are three sectors: the mining and quarrying sector, wholesale trade and retail, car and motorcycle repair, government administration, defense, and social security. These sectors are the crucial sectors at present and will remain the base sectors in the future.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiyanto, N. S., & Nugraha, H. S. (2017). Pengaruh produk wisata dan Electronic Word of Mouth terhadap keputusan berkunjung (Studi pada pengunjung objek wisata Pantai Bondo Jepara). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(1), 199-208. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/19144
Badan Pusat Statistik. (2019). Retrieved from https://www.bps.go.id/pressrelease/2019/02/01/1543/jumlah-kunjungan-wisman-ke-indonesia-desember-2018-mencapai-1-41-juta-kunjungan.html
Dani, Y.P., & Thamrin. (2019). Pengaruh atribut produk wisata dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap keputusan berkunjung pada kawasan wisata Mandeh. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha, 1(1). Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/mnj/article/view/5521
Deni, M., & Winarni, S. (2018). Pengaruh pramuwisata dan promosi terhadap kunjungan wisatawan kota Palembang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 15(1), 39–48. https://doi.org/10.29259/jmbs.v15i1.5646
Hasan, A. (2010). Marketing dari mulut ke mulut. Yogyakarta: MEDPRESS.
Hidayah, N. (2018). Pemasaran destinasi pariwisata. Bandung : Alfabeta
Huda, M. K., Rachma, N., & Hufron, M. (2019). Pengaruh citra destinasi, produk wisata dan word of mouth terhadap keputusan berkunjung ke wisata coban jahe. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(4). Retrieved from http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/2230
Illah, A. N., Sularso, R. A., & Irawan, B. (2019). Pengaruh citra destinasi dan e-wom di media sosial instagram serta persepsi konsumen terhadap keputusan berkunjung ke objek wisata B29 di kabupaten Lumajang. e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 6(2), 164-170. https://doi.org/10.19184/ejeba.v6i2.11163
Kemenpar. (2019). Retrieved from http://www.kemenpar.go.id/post/kajian-dampak-sektor-pariwisata-terhadap-perekonomian-indonesia
Kompas. (2019). Retrieved from https://travel.kompas.com/read/2019/03/19/110700827/6-langkah-pemerintah-tingkatkan-devisa-pariwisata-indonesia?page=all
Kotler, P.T., & Armstrong, G. (2012). Principle of Marketing, Fourteenth Edition, England: Pearson Education Ltd.
Pallefi, A. Z., & Widiartanto, W. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, daya saing destinasi dan pengalaman sebelumnya terhadap keputusan berkunjung kembali dengan kepuasan pengunjung sebagai variabel intervening. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(3), 397-406. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/16732
Pamungkas, A., Arifin, R., & Hufron, M. (2018). Pengaruh produk, persepsi harga, citra destinasi, dan promosi terhadap keputusan berkunjung ke tempat batu flower garden coban rais. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 7(16). Retrieved from http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/1323
Purnamasari, M., & Budiatmo, A. (2019). Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung dengan keputusan pengunjung sebagai variabel intervening pada objek wisata candi borobudur kabupaten Magelang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(3), 89-96. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/24022
Putranegara, R. I., & Pradhanawati, A. (2016). Pengaruh produk wisatadan kualitas pelayanan terhadap keputusan berkunjung melalui electronic word of mouth sebagai variabel intervening (Studi pada pengunjung objek wisata goa pindul Yogyakarta). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 491-500. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/13595
Ramadhan, I., & Nugraha, H. S. (2016). Pengaruh produk wisata dan word of mouth terhadap keputusan berkunjung (Studi kasus pada pengunjung objek wisata pantai klayar). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 438-448. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/13578
Republika. (2018). Retrieved from https://m.republika.co.id/berita/nasional/daerah/18/11/29/piy31j370-pangandaran-berbenah-menuju-wisata-kelas-dunia
Sari, F., & Pangestuti, E. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WoM) terhadap minat berkunjung dan keputusan berkunjung (Studi pada wisata coban rais BKPH Pujon). Jurnal Administrasi Bisnis, 54(1), 189-196. Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2231
Suwarduki, P. R., Yulianto, E., & Mawardi, M. K. (2016). Pengaruh electronic word of mouth terhadap citra destinasi serta dampaknya pada minat dan keputusan berkunjung (Survei pada followers aktif akun instagram indtravel yang telah mengunjungi destinasi wisata di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis, 37(2), 1-10. Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1449
Tjiptono, F. (2017). Service management. Yogyakarta: ANDI.
Toruan, N. N. L., & Priansa, D. J. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WoM) pesona jawa baratku terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Jawa Barat Tahun 2018. eProceedings of Applied Science, 4(2). Retrieved from https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/6560/0
Tribunnews. (2018). Retrieved from http://jabar.tribunnews.com/2018/11/20/dua-kawasan-ekonomi-khusus-menunggu-finalisasi-jabar-ajukan-empat-kek-tambahan
Yoeti, O.A. (2018). Pengantar Ilmu Pariwisata. Jakarta: Kompas.
Zakia, S. Z., & Widiartanto, W. (2016). Pengaruh produk wisata, dan word of mouth terhadap keputusan berkunjung dengan citra destinasi sebagai variabel intervening (Studi pada obyek wisata colo Kudus). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 510-518. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/13597
DOI: https://doi.org/10.18196/jerss.v5i1.11037
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Office:
Redaksi Journal of Economics Research and Social Sciences, Gedung E2 Lantai 2, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55183
Email: jerss@umy.ac.id
Telp: +62 812-3233-6697
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.