The Power Relations between Mursyid and Murid: Study of the Tarekat of Qadiriyah Wa Naqsabandiyah in the Islamic Boarding School Darul 'Ulum, Jombang

Fatkhuri Fatkhuri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji relasi kuasa mursyid dan murid dalam Tarekat Qadiriyah Wan Naqsabandiyah pesantren Darul ‘Ulum Jombang. Menggunakaan metode kualitatif melalui studi literatur dan dokumen, penelitian ini menganalisis relasi kuasa mursyid dan murid berdasarkan teori kekuasaan Roberth A. Dahl (1957),  yang mencakup dimensi basis kekuasaan, instrumen kekuasaan, respon dan peluang keterjangkauan kekuasaan untuk memengaruhi pengikut/murid. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa relasi kuasa Mursyid dan Murid dalam tarekat Tarekat Qadiriyah Wan Naqsabandiyah pesantren Darul ‘Ulum Jombang dilakukan melalui jalinan relasi mursyid dan murid dalam bentuk, pelaksanaan rutinitas ritual dizikir seninan dan kemisan yang menjadi aksi dan kesempatan bagi murid untuk berdo’a melalui perantara mursyid. Kewajiban murid untuk melakukan dzikir melalui perantara mursyid menjadi instrumen bekerjanya relasi kuasa antara mursyid dan murid yang berjalan secara efektif. Selanjutnya, rutinitas dizikir seninan dan kemisan menjadi sarana kekuasaan yang digunakan oleh mursyid untuk menyampaikan pesan-pesan moral dan spiritual yang wajib dilaksanakan murid. Harapan untuk memperoleh keselamatan mendorong seorang Murid untuk selalu memberikan kepatuhan dan kepasrahannya kepada Mursyid. Berikutnya adalah relasi kuasa terbentuk melalui respon murid untuk selalu mencari jalan keselamatan melalui perantara mursyid dan mematuhi apa yang diperintahkan atau dinasehatkan oleh mursyid, yang dalam studi ini dilakukan melalui tradisi sowan. Melalui sowan, seorang murid akan mendapatkan nasehat dan perintah dari mursyid terhadap berbagai masalah yang disampaikan murid. Terakhir adalah peluang keterjangkauan kekuasaan yang artinya pesan penting yang diberikan mursyid akan selalu dilaksanakan oleh murid sebab mursyid tidak sekadar tokoh sentral yang menduduki posisi teratas dalam struktur jam’iyah tarekat Qadiriyah Wan Naqsabandiyah, tetapi juga memiliki kelebihan membaca mata hati seorang murid di satu sisi dan murid berharap berkah dan pahala di sisi lain.

 


Keywords


Relasi Kuasa, Tarekat, Mursyid, Murid, Pesantren

Full Text:

PDF

References


Abza, M Thohar Al; Qodir, Z. (2018). Relasi Kuasa Tarekat Qadiriyah Wa Naqshabandiyah Cukir Dalam Pemilihan Bupati Jombang 2018. 166–184.

Creswell, J. W. & J. D. C. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Fifth Edition. In Gastronomía ecuatoriana y turismo local. (Fifth, Vol. 1, Issue 69). SAGE Publications, Inc.

Dahl, R. A. (1957). The Concept of Power. In The Concept of Power. Department of Political Science, Yale University. https://doi.org/10.4324/9781315515014-2

Dongil (Don) Jung, & Sosik, J. J. (2006). Who Are the Spellbinders? Identifying Personal Attributes of Charismatic Leaders. Journal of Leadership & Organizational Studies, 12(4), 12–26. https://doi.org/10.1177/107179190601200402

Fatkhuri. (2007). Maintaining Traditional Religious Authority : The Kyai Of Darul ‘ Ulum Pesantren Jombang , East Java PDF created with pdfFactory Pro trial version www.pdffactory.com PDF created with pdfFactory Pro trial version www.pdffactory.com.

Firdaus, F. (2018). Tarekat Qadariyah Wa Naqsabandiyah: Implikasinya Terhadap Kesalehan Sosial. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 12(2), 55–72. https://doi.org/10.24042/ajsla.v12i2.2109

Machmudi, Y. (1997). Kepemimpinan Mursyid dalam Tarekt Qadiriyah Wan Naqsabandiyah di Rejoso, Jombang Jawa Timur. Universitas Indonesia.

Mu’min, M. (2014). Pergumulan Tarekat dan Politik (Peranan Kyai Haji Muhammad Shiddiq dalam Tarekat dan Politik di Kudus). Fikrah, 2(1), 153–186.

Mudin, M. I. (2015). Shuhbah: Relasi Mursyid dan Murid dalam Pendidikan Spiritual Tarekat. Tsaqafah: Jurnal Peradaban Islam, 11(2), 399–416. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21111/tsaqafah.v11i2.275

Nisa, K. (2020). Tradisi Sewelasan di Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso Peterongan Jombang (Studi kasus pada jamaah Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah dalam tinjauan teori tindakan sosial Max Weber). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Setiawan, H. (2020). Strategi Public Relation Tarekat Qodariah Wa Naqsabandiyah Dalam Mensosialisasikan Eksistensi Tarekat Di Kecamatan Sambas. Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan …, 3(1), 1–11. http://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Syiar/article/view/209

Shalahudin, A. (2013). Komunikasi Kaum Tarekat Studi Tentang Pola-Pola Komunikasi Dalam Kelompok Tarekat Qadiriyah Naqsyabandiyah di Pesantren Suryalaya Tasikmalaya. Indonesian Journal of Dialectics, 3(1), 6–14. http://jurnal.unpad.ac.id/ijad/article/view/3621

Syarbaini, Syahrial;Fatkhuri, R. (2012). Konsep Dasar Sosiologi & Antropologi: Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Hartmono Media Pustaka.

Turmudi, E. (2006). Struggling for the Umma : Changing Leadership Roles of Kiai in Jombang, East Java. Struggling for the Umma : Changing Leadership Roles of Kiai in Jombang, East Java. https://doi.org/10.26530/oapen_459752

Wong, M.-Y. (2015). Teacher–Student Power Relations in Primary Schools in Hong Kong. Lexington Books.

Woodward, M. (2013). Gender and power in indonesian Islam: Leaders feminists, sufis and pesantren selves. In Gender and Power In Indonesian Islam: Leaders, Feminists, Sufis and Pesantren Selves. https://doi.org/10.4324/9780203797518

Zainurofieq, Z. (2021). Gerakan Politik Kaum Tarekat dalam Sejarah Indonesia. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 1(4), 547–552. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jis/article/view/15027

Zuliansyah, M. A., Antoni, & Suryadi. (2017). Sowan Kyai, Komunikasi Perspektif Masyarakat Islam-Jawa. Jurnal Komunikator, 9(2), 95–104.




DOI: https://doi.org/10.18196/jiwp.v6i1.14877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal JIWP Indexed by:

       

 

Office:

Journal of Islamic World and Politics, Magister Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Jl. Brawijaya (Lingkar Selatan), Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Whatsapp: +62823-2679-6566 Email: jiwp@umy.university

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.