PENGARUH FASILITAS, TRANSPARANSI, PARTISIPASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP EFEKTIVITAS PELAKSANAAN SIMMADE (SIM MASUK DESA) DI KABUPATEN BANTUL

Nanda Bhayu Pratama, Ulung Pribadi

Abstract


SIM Masuk Desa (SIMMADE) merupakan sebuah inovasi pelayanan publik yang dikeluarkan oleh Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta  melalui Kepolisian Resor Bantul pada bulan September 2020. Dengan adanya inovasi pelayanan publik melalui SIMMADE diharapkan mampu memperluas jangkauan penerbitan SIM serta memecah kerumunan yang terjadi pada SatPas Polres Bantul. Penelitian ini memiliki tujuan guna melihat pengaruh fasilitas, transparansi, partisipasi, dan sumber daya manusia terhadap efektivitas pelaksanaan SIMMADE (SIM Masuk Desa) di Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan desain metode penelitian kuantitatif dan juga dengan metode penelitian kualitatif berupa wawancara serta dokumentasi sebagai data penunjang. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi efektivitas pelaksanaan SIMMADE atau variabel (X) terdiri dari fasilitas, transparansi, partisipasi dan sumber daya manusia yang memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel (Y) efektivitas pelaksanaan SIMMADE. Untuk melihat lebih jauh terhadap besarnya pengaruh variabel (X) terhadap variabel (Y) dapat dilihat dari hasil path koefisien. Hasil path coefficient menunjukkan hasil sebesar 0.753 yang berarti bahwa hasil path coefficient memiliki tingkat pengaruh yang baik dan kuat. Selain itu hasil statistik deskriptif terhadap efektivitas pelaksanaan SIMMADE terletak pada interval penilaian 4.24-5.00 yaitu 4.44 yang memiliki penilaian sangat baik. 


Keywords


SIM; Transparansi; PArtisipasi;

Full Text:

PDF

References


Akhmad. (2016). Studi Pengembangan Kemampuan Sumber Daya Manusia Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Pelayanan Terpadu Kabupaten Jeneponto. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 6(2), 21. https://doi.org/10.26858/jiap.v6i2.2476

Al-Hamdi, R. (2017). Indonesian Political Ideology. Indonesian Political Ideology. https://doi.org/10.5771/9783828868847

Amal, A. P. (2017). Efektivitas Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa dalam Program Penanggulangan Daerah Tertinggal di Kabupaten Luwu Utara. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Arnita, A. (2019). TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PELAKSANAAN EPROCUREMENT DALAM PENGADAAN BARANG DAN JASA DI LAYANAN PENGADAAN SECARA ELEKTRONIK (LPSE) KABUPATEN BANTUL. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Arwanto, P. (2017). PARTISIPASI MASYARAKAT DAN TRANSPARANSI PEMERINTAH DESA DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DESA. In Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Universitas Muhammadiyah Yogtakarta.

Badan Pusat Statistik. (2019). Jumlah Kendaraan Bermotor (hal. 1). https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/1133

Boby Salihin, H. (2020). ANALISIS PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM BELA BELI KULON PROGO TAHUN 2017-2018. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

BPS, (Badan Pusat Statistik). (2020). Data Agregat Kependudukan Kabupaten Bantul Tahun 2020 (Badan Pusat Statistik (ed.); 1 ed.). Badan Pusat Statistik. https://bantulkab.go.id/letak-geografis

Ega, P. (2019). EFEKTIVITAS MANAJEMEN KEPEGAWAIAN MELALUI APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMPEG) [Universitas Muhammadiyah Yogyakarta]. http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf

Fikriyani. (2019). EFEKTIVITAS PENERAPAN APLIKASI SISKEUDES DALAM MENINGKATKAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN KEUANGAN DESA. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Ghozali, Imam, and Hengky Latan. "Partial Least Squares, konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program Smartpls 3.0 untuk penelitian empiris. Badan Penerbit UNDIP.

Goni, J. H., & Yuliana Yunita, B. (2016). Efektivitas Kinerja Pelayanan Surat Ijin Mengemudi Pada Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Manado. 1–6.

Handrian, E. (2019). PELAYANAN PEMBUATAN SURAT IZIN MENGEMUDI GOLONGAN C ( SIM C ) PADA SAT LANTAS POLRESTA PEKANBARU. PUBLIKA, 5(1), 137–155.

Harahap, L. K., & Pd, M. (2016). Analisis SEM ( Structural Equation Modelling ) Dengan SMARTPLS ( Partial Least Square ). Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang, 1.

Herlina. (2017). Faktor Yang Mendukung Pelayanan Pembuatan Surat Izin Mengemudi (Sim) Diwilayah Kepolisian Resort Kota Besar (Polrestabes) Surabaya. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 3(2), 764–770. https://doi.org/10.30996/jpap.v3i2.1257

Hidayati, N. M. (2014). Efektivitas Pelayanan Pembuatan Surat Izin Mengemudi ( Sim ) Dalam Perspektif Pengguna. Skripsi.

Hilma Sari, W. (2018). PELAYANAN SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM) OLEH POLRESTA PEKANBARU (STUDI KASUS SIM KELILING). JOM Fisip, 5(II).

Imam, G. (2014). Structural Equation Modeling. Badan Penerbit UNDIP.

Irwansyah. (2017). EFEKTIVITAS PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN DI KABUPATEN SLEMAN. https://doi.org/10.47828/jianaasian.v8i2.24

Jaya, I. G. N. M., & Sumertajaya, I. M. (2018). PEMODELAN PERSAMAAN STRUKTURAL DENGAN PARTIAL LEAST SQUARE. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika 2008, 118–132.

Kushardianto, N. C., & Santoso, D. (2010). Sistem Informasi Pembuatan SIM ( Surat Izin Mengemudi ) Pada Instansi Kepolisian. Seminar Nasional Politeknik Batam, II(2).

Mahfudhoh, U. (2019). SISTEM PELAYANAN PEMBUATAN SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM) PADA SATUAN PENYELENGGARA ADMINISTRASI SIM (SATPAS) SATLANTAS POLRES JOMBANG. In STIE PGRI Jombang. STIE PGRI JOMBANG.

Mahmudi. (2015). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Mohram, P. (2014). PENGARUH KEMAMPUAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PELAYANAN PUBLIK (STUDI TENTANG KTP PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN NAGAN RAYA) [Universitas Teuku Umar]. http://repository.utu.ac.id/64/1/I-V.pdf

Mutaqin, A. (2016). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BUS PO . TIMBUL JAYA di WONOGIRI.

Mutiarin, D., Deby, L., & Putri, M. (2018). Efektifitas Inovasi Kebijakan Publik ; Pengaruhnya pada Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 8 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APPPTMA, 1–16.

Nurabdi Rustopo, I., & Prabawati, I. (2017). Implementasi Surat Izin Mengemudi (Sim) Di Satuan Penyelenggara Admiistrasi Sim (Satpas) Colombo Surabaya. Publika, 5(1), 1–6. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/18827

Pratiwi, Y. L. (2017). EFEKTIFITAS PROGRAM KARTU MURA SEHAT (KMS) PEMERINTAH KABUPATEN MURUNG RAYA. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Prof. Dr. H. Sujianto, M. S. (2017). ANALISIS PELAYANAN PUBLIK PADA PEMBUATAN SURAT IZIN MENGEMUDI KENDARAAN RODA EMPAT (SIM A) DI SATLANTAS POLRESTA PEKANBARU.

Salfarosa, I. S. (2018). TANGGAPAN MASYARAKAT DALAM PROSES PELAYANAN SIM DI POLRES BANTUL. Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa.

Savinatunazah, V. (2017). Efektivitas Pelayanan Perizinan Berbasis Online Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis. Jurnal iIlmiah Ilmu Adminisitrasi negara, 110(9), 1689–1699.

Setyaningsih, I. R. (2009). Kualitas Pelayanan Di Kantor Urusan Sim Satlantas Polres Sragen. UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

Silvia, N. (2019). ANALISIS TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PRIMA PADA SATUAN PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI DALAM PEMBUATAN SURAT IZIN MENGEMUDI DI POLRES PANGKALAN BALAI. UNIVERSITAS SRIWIJAYA.

Soputan, J., Lengkong, D., & Tulusan, F. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik Di Puskesmas Bahu Kecamatan Malalayang Kota Madya Manado. Jurnal Administrasi Publik UNSRAT, 2(30), 1333.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. In Alfabeta. Aflabeta Bandung.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (22 ed.). Alfabeta.

Syach, M. J. (2019). Sistem Pelayanan Publik Dalam Proses Pembuatan Surat Izin Mengemudi ( SIM ) Disusun Oleh : October.

Yuliantini, L. S. (2018). EFEKTIVITAS APLIKASI MOBELE LAPORAN BANTUL DALAM PELAYANAN PENGADUAN DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMASI (KOMINFO) KABUPATEN BANTUL TAHUN 2017-2018. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Yulita, M. (2019). KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA MOBIL UNIT PELAYANAN SIM KELILING DI KOTA PEKANBARU Oleh. Jom Fisip, 6(2), 1–13.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif & Penelitian Gabungan. In Kencana. Kencana.

Zulfah, S. R. (2017). ANALISIS PENGUKURAN EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS KINERJA PENGELOLAAN DANA ZAKAT PADA OERGANISASI PENGELOLAAN ZAKAT KABUPATEN SRAGEN 2015. Educational Psychology Journal, 65–72. https://doi.org/DOI:

Zulyansyah, S. (2019). Efektivitas Pelayanan Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Medan Kota. eJournal Ilmu Pemerintahan, 7(3), 1093–1106. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/13312




DOI: https://doi.org/10.18196/jpk.v2i3.12667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office: 

Master of Government Affairs and Administration, Postgraduate Building 2nd Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Phone: +62 274 387 656 (ext: 173)

Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.