Active Learning sebagai Inovasi Pendidikan Mahasiswa

Wiwik Kusumawati

Abstract


Waktu terus beijalan demikian pula proses pendidikan terus berkembang sesuai kemajuan zaman, sehingga metode pembelajaran yang menempatkan mahasiswa ialam posisi pasif atau teacher centered sudah tidak sesuai lagi untuk menghadapi 3ntangan ke depan yang lebih berat bagi calon-calon dokter. Metode pembelajaran tradisionil yang selama ini banyak digunakan dalam proses pendidikan dokter di Indonesia mungkin perlu diinovasi dalam beberapa hal agar dapat memenuhi kebutuhan dan tuntutan perkembangan zaman. Inovasi dalam pendidikan tidak hanya dalam hal metode saja tapi juga dalam banyak hal. Inovasi tidak harus dengan merubah secara total kurikulum pendidikannya ataupun metode pembelajarannya tetapi bisa dilakukan secara bertahap atau parsial disesuaikan dengan kemampuan institusi baik dalam hal sarana, biaya, SDM, dll.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.18196/mmjkk.v3i1.1551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


      

Editorial Office:
Journal Room, G1 (Biomedic) Building, Ground Floor, Faculty of Medicine and Health Science Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 
Jalan Lingkar Selatan (Brawijaya), Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Phone: +62 274 387 656 (ext: 231)
WA : +62 811-2650-303
Website: http://journal.umy.ac.id/index.php/mm 
E-mail: mmjkk@umy.university

Creative Commons License
Mutiara Medika: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats