Profesionalisme dan Professional Behavior Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Wiwik Kusumawati

Abstract


Profesionalisme dan professional behavior (PB) merupakan hal penting yang perlu dimiliki oleh seorang dokter dan tercermin dalam praktik sehari-hari ketika berinteraksi dengan pasien dan masyarakat. Hal ini sebagai bentuk pertanggungjawaban profesi dalam rangka untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat atau kontrak sosial. Studi ini dilakukan untuk mengetahui profesionalisme dan professional behavior (PB) mahasiswa tahap sarjana, profesi dan pre internship menurut persepsi dosen program studi pendidikan dokter FKIK UMY. Kuesioner tertutup dengan 4 skala Lickert yang berisi 15 atribut atau nilai profesionalisme dan PB, dibagikan kepada responden dosen tetap (35), dosen pembimbing klinik bagian 4 besar (42) dan dokter pembimbing atau supervisor (16) mahasiswa magang. Para responden (anonim) diminta mengisi performance PB mahasiswa tahap sarjana, profesi dan mahasiswa magang. Hasil studi menunjukkan nilai atau atribut PB yang masih perlu diperbaiki pada mahasiswa FKIK UMY tahap sarjana adalah kejujuran terutama dalam ujian, care terhadap orang lain maupun fasilitas belajar dan berbusana muslim dan muslimah yang baik (appearance); tahap profesi adalah disiplin waktu, kompetensi knowledge dan skills, serta tanggung jawab; tahap pre internship adalah disiplin waktu, appearance. Disarankan, untuk keberhasilan pembelajaran PB perlu adanya role model yang baik, sistem penilaian yang terus menerus dan lingkungan belajar yang kondusif. Perlunya dilakukan faculty development untuk mengoptimalkan peran dosen sebagai role model yang baik.


Keywords


profesionalisme; professional behavior (PB); atribut

Full Text:

PDF

References


Arnold L. Assessing Professional Behavior: Yesterday, Today, and Tomorrow. Acad Med 2002;77:502-515.

Ponnamperuma G, Ker J, Davis M. Medical Professionalism: Teaching, Learning, and Assessment. South East Asian J of Medical Education Inaugural Issue.2007.

Epstein RM, Hundert EM. Defining and Assessing Professional Competence. JAMA 2002;287(2):226-235.

Luijk. Teaching and assessment of professional behavior. 2005.

AAMC. Professionalism in Medical Education: Assessment as A Tool for Implementation. 2002.

Jha V, Bekker HL, Duffy SRG, Roberts T. A Systematic Review of Studies Assessing and Facilitating Affective Towards Professionalism in Medicine. Medical Education 2007;41:822829.

Hays R. Teaching and Learning in Clinical Settings. Radcliffe Publishing Ltd. 2006.

Konsil Kedokteran Indonesia. Standar Kompetensi Dokter. 2006. Cetakan I. Perpustakaan Nasional. Jakarta.

Cruess SR, Cruess RL. The Cognitive Base of Professionalism in Teaching Medical Professionalism. Editors: Cruess SR, Cruess RL, Steinert Y. New York: Cambridge University Press, 2009.

Gredler ME. Learning and Instruction Theory into Practice 6th ed. New Jersey: Pearson Education, Inc. 2009.

Hergenhahn BR, Olson MH. An Introduction to Theories of Learning. 5th ed. New Jersey: Prentice Hall International Inc. 1997.

Passi V, Doug M, Peile E, Thistlethwaite J, Johnson N. Developing Medical Professionalism in Future Doctors: A Systematic Review. Int J of Medical Educ 2010;1:19-29.




DOI: https://doi.org/10.18196/mmjkk.v11i1.927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


      

Editorial Office:
Journal Room, G1 (Biomedic) Building, Ground Floor, Faculty of Medicine and Health Science Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 
Jalan Lingkar Selatan (Brawijaya), Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Phone: +62 274 387 656 (ext: 231)
WA : +62 811-2650-303
Website: http://journal.umy.ac.id/index.php/mm 
E-mail: mmjkk@umy.university

Creative Commons License
Mutiara Medika: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats