Efektivitas Pelatihan Kecakapan Hidup (Life Skills) terhadap Tingkat Kecerdasan Emosi Remaja

Sri Dewi Rahmawati Syarief, Warih Adnan Puspitosari

Abstract


Remaja adalah anak berusia 10-18 tahun untuk wanita dan 12-20 tahun untuk laki-laki. Remaja dalam masa peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa berada dalam masa emosi yang labil. Periode masa ini, remaja diharapkan mampu untuk mengendalikan emosinya. Kecerdasan emosi dibutuhkan untuk mengatur dan mengendalikan kondisi emosi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelatihan kecakapan hidup (life skills) terhadap tingkat kecerdasan emosi remaja SMP N 2 Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini melibatkan 36 siswa pada kelompok intervensi dan 36 siswa pada kelompok kontrol. Jenis penelitian berupa quasi eksperimental dengan desain penelitian pre test post test control group design. Selama 1 bulan subjek kelompok intervensi mengikuti pelatihan hidup yang terdiri dari modul meningkatkan harga diri, modul mengenali dan mengatasi emosi, modul menghadapi stres dan modul menghadapi tekanan teman sebaya. Analisis data menggunakan uji statistik Wilcoxon rank test. Pada kedua kelompok diketahui adanya perbedaan tingkat kecerdasan emosi setelah dilakukan pelatihan kecakapan hidup (life skills). Hasil analisis dari efektivitas pelatihan kecakapan hidup (life skills) terhadap tingkat kecerdasan emosi remaja adalah menunjukkan signifikansi sebesar p=0.004 (p<0,05) untuk kelompok intervensi yang mempunyai arti bahwa terdapat perbedaan sebelum diberikan pelatihan dan sesudah diberikan pelatihan, sedangkan untuk kelompok kontrol didapatkan nilai p=0,640 (p>0,05) yang berarti bahwa tidak ada perubahan signifikan pada tingkat kecerdasan emosi kelompok kontrol.

Keywords


pelatihan kecakapn hidup (life skills training), kecerdasan emosi, remaja

Full Text:

PDF

References


Soetiningsih. Tumbuh kembang remaja dan permasalahannya. Jakarta: Sagung Seto. 2004.

Sarwono, S.W. Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers. 2011.

Wang, C. L. & Ahmed, P. K. Emotion : The Missing Part of System Metodologies. Kybernetes. 2003. 32 (9/10): 1283-1296.

Goleman, D. Kecerdasan Emosi: Mengapa Emotional Intelligence Lebih Tinggi Daripada IQ. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 2000. 67 Mutiara Medika Vol. 13 No. 1: 62-67, Januari 2013

Puspitosari, W.A., Perbedaan Skor Kecerdasan Emosi dan Kecemasan Siswa Kelas Akselerasi dan Kelas Reguler serta Faktor-faktor yang mempengaruhi. Tesis Strata Spesialis I. Yogyakarta: Bagian Ilmu Kedokteran Jiwa Fakultas Kekokteran Universitas Gadjah Mada. 2008.

Kaligis, F., Wiguna, T. & Widyawati, I. Efektivitas Pelatihan Kecakapan Hidup terhadap Citra Diri Remaja. IDI. 2009.

Zulkifli. Psikologi Perkembangan. Bandung: Rosda. 2002.

Gani, A. Hubungan antara Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual dengan Kecenderungan Berperilaku Delinkuen pada Remaja Awal. Karya Tulis Ilmiah stara satu, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. 2006.

Mighwar, A.M. Psikologi Remaja. Bandung: Pustaka Setia. 2006.

Mu’tadin, Z. Beberapa Permasalahan Remaja. 2003. Diakses dari http://www.zainun.htm.15/ 06/03 pada tanggal 3 April 2012.

Goleman, D. Emotional Intelligence. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 2004.

Departemen Kesehatan RI Direktorat Bina Pelayanan Kesehatan Jiwa. Modul Pelatihan Meningkatkan Kesehatan Jiwa Remaja di Sekolah Melalui Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education). Jakarta: Depkes RI. 2006.

Seal, N. Preventing Tobacco and Drug Use Among Thai High School Students through Life Skills Training. Nurs Health Sci. 2006; 8 (3): 164-8.

Sukardiansyah. Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Kecemasan pada Siswa SMU: Analisis Komparasi antara Siswa SMU Negeri 3 Jogjakarta dengan Siswa SMU Taruna Nusantara. Tesis Strata Spesialis I. Yogyakarta: Bagian Ilmu Kedokteran Jiwa Fakultas Kekokteran Universitas Gadjah Mada. 2004.

Cooper, R. F. & Sawaf, A. Kecerdasan Emosional dalam Kepemimpinan dan Organisasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 2000.

Goleman, D. Kecerdasan Emosi untuk Mencapai puncak Prestasi, Terjemah Bahasa Indonesia. Cetakan ketiga, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. 1999.

Salovey, P., Stroud, LR., Woolery, A., and Epel., ES. Perceived Emotional Intelligence, Stres Reactivity, and Symptom Report: Further Explorations Using the Trait Meta-Mood Scale. Psychology and Health, 2002; 17 (5): 611-627.

Baron, R., BarOn Emotional Quotient Inventory (EQ-i): A Test of Emotional Intelligence. Toronto, Canada, Multi-Health Systems. 1997




DOI: https://doi.org/10.18196/mmjkk.v13i1.9388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


      

Editorial Office:
Journal Room, G1 (Biomedic) Building, Ground Floor, Faculty of Medicine and Health Science Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 
Jalan Lingkar Selatan (Brawijaya), Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Phone: +62 274 387 656 (ext: 231)
WA : +62 811-2650-303
Website: http://journal.umy.ac.id/index.php/mm 
E-mail: mmjkk@umy.university

Creative Commons License
Mutiara Medika: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats