Perbedaan Efektivitas Sikat Gigi Bulu Sikat Konvensional Dengan Bulu Sikat Kombinasi Karet Dalam Pembersihan Plak Dengan Metode Roll

Arafita Putri Fardani, Hastoro Pintadi

Abstract


Plak merupakan salah satu faktor utama terjadinya dan berkembangnya penyakit karies dan gingivitis. Menyikat gigi merupakan salah satu cara untuk menghilangkan plak secara mekanis. Efektivitas menyikat gigi tergantung pada desain sikat gigi, metode, frekuensi dan lamanya menyikat gigi. Banyaknya variasi dan desain sikat gigi kini muncul di pasaran. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran sikat gigi yang lebih efektif dalam membemihkan plak dengan metode roll antara sikat gigi bulu sikat konvensional dengan sikat gigi bulu sikat kombinasi karet.

Penelitian ini adalah penelitian eksperimental klinis semu yang dilakukan pada 3 0 subjek berumur 18-24 tahun dengan pretes t-postest design. Kriteria sampel antara lain tidak memakai alat onodontik, tidak memakai gigi tiruan, j umlah karies sedikit, dan tidak memiliki tambalan menggantung. Setiap subj ck diminta menyikat gigi 2 kali sehari dengan sikat gigi bulu sikat konvensional dengan metode roll selama 1 minggu. Perlakuan kedua dengan sikat gigi bulu sikat kombinasi karet dengan metode roll selama 1 minggu Diukur nilai plak sebelurn dan setelah perlakuan. Indeks plak menggunakan O ’Leary Plaque Index. Hasil dianalisis dengan paired t-test dan independent sample t- test.

Nilai rata-rata skor plak sebelum menggunakan sikat gigi bulu sikat konvensional adalah 35, 19 dan setelah menyikat sebesar 33,14. Sedangkan sikat gigi bulu sikat kombinasi karet sebelum menyikat memiljki nilai rata-rata skor plak sebesar 38,16 clan skor plak setelah menyikat 26,71 . Dapat dikatakan bahwa penumnan nilai plak lebih banyak telj adi pada sikat gigi bulu sikat kombinasi karet. Kemudian dari nilai rerata selisih nilai plak antara sebelum dan setelah memakai sikat gigi didapatkan sikat gigi bulu sikat konvensional memiliki rerata selisih sebesar 2,0410 dan sikat gigi bulu sikat kombinasi karet memiliki rerata selisih sebesar 11,4550. Dapat dikatakan pula selisih nilai plak sebelum dan setelah menyikat lebih banyak teij adi pada sikat gigi bulu sikat kombinasi karet. Kesimpulannya, penggunaan sikat gigi bulu sikat kombinasi karet lebih efektif dalam pembersihan plak dengan metode roll daripada sikat gigi bulu sikat konvensional.


Keywords


metode roll, O ’Leary Plaque Index, sikat gigi bulu sikat konvensional, sikat gigi bulu sikat kombinasi karet,

Full Text:

PDF

References


Sriyono N.W. 2005. Pengantar Ilmu Kedokteran Gigi Pencegahan. Medika, Fak Kedokteran UGM. Yogyakarta. h 51-57.

Harty F.J, Ogston R.. 1995. Kamus Kedokteran Gigi. Alih bahasa, Narlan Sumawinata. EGC, Jakarta.

Tan H.H. 1993. Kesehatan Mulut. InHouwink et al. Ilmu Kedokteran Gigi Pencegahan. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta. h 283-284.

Ariningrum R. 2000. Beberapa Cara Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut. Cermin Dunia Kedokteran. no 126.

Sriyono, N.W. 2006. Perbedaan Efektivitas Sikat Gigi Manual dengan Sikat Gigi Listrik dan Lamanya Menyikat Gigi dalam Pembersihan Plak. Dentika Dental Journal. vol 11 no 1.

Manson J.D, Eley B.M. 1989. Buku Ajar Periodonti (Outline of Periodontics). Alih Bahasa, Anastasia S, ed. Susianti K. Hipokrates, Jakarta, 1993: h 109-112.

Yanti G.N, Natamiharja L. 2005. Pemilihan dan Pemakaian Sikat Gigi pada Murid-Murid SMA di Kota Medan. Dentika Dental Journal. vol 10 no 1:28-32.

Gere J.M, Timoshenko S.P. 1987. Mekanika Bahan. Alih Bahasa Hans J. Wospakrik. Edisi Kedua versi S1. Penerbit Erlangga, Jakarta.h19,499.




DOI: https://doi.org/10.18196/mmjkk.v7i2%20(s).9426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


      

Editorial Office:
Journal Room, G1 (Biomedic) Building, Ground Floor, Faculty of Medicine and Health Science Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 
Jalan Lingkar Selatan (Brawijaya), Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Phone: +62 274 387 656 (ext: 231)
WA : +62 811-2650-303
Website: http://journal.umy.ac.id/index.php/mm 
E-mail: mmjkk@umy.university

Creative Commons License
Mutiara Medika: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats