Pengaruh Pelatihan Gizi Metode Roleplay dan Audiovisual terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap tentang Gizi di Wilayah Kerja Puskesmas Kasihan I, Bantul

Titiek Hidayati, Dhara Indah Kartika Jati

Abstract


Malnutrisi yaitu ketidak seimbangan selular antara pemberian asupan nutrisi dan energi yang dikeluarkan. Upaya perbaikan gizi sudah banyak dilakukan di Puskesmas, salah satunya konseling. Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan terhadap tingkat pengetahuan dan sikap tentang gizi di wilayah kerja Puskesmas Kasihan I, Bantul. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan pre test-post test control group design dengan metode Roleplay dan metode audiovisual. Subyek penelitian ini adalah 30 ibu balita dengan status gizi kurang yang dibagi menjadi 2 kelompok (kelompok pelatihan dan kontrol). Analasis data menggunakan uji independent dan paired sample t-test. Hasil analisis statistik menggunakan paired sample t-test terhadap nilai rerata pre test dan post test pengetahuan serta sikap menunjukkan peningkatan, kenaikan rerata pengetahuan pada kelompok kontrol -0,4 tetapi tidak bermakna 0,57, kelompok pelatihan -3,1 yang bermakna 0,00 (p<0,05). Kenaikan rerata sikap pada kelompok kontrol 0,73 tetapi tidak bermakna 0,76, kelompok pelatihan -6,2 yang bermakna 0,00 (p<0,05). Pengaruh pelatihan gizi dengan terhadap tingkat pengetahuan dan sikap dengan independet sample t-test p=0,013 untuk pengetahuan dan p=0,001 untuk sikap (p<0,05). Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pelatihan gizi dengan metode Roleplay dan audiovisual terhadap tingkat pengetahuan tentang gizi di wilayah kerja Puskesmas Kasihan I, Bantul. Kata kunci: Roleplay, Audiovisual, Pengetahuan, Gizi


Keywords


Roleplay; Audiovisual; Knowledge; Nutrition

Full Text:

PDF

References


Murti, B. Pengantar Epidemiologi. Fakultas Kedokteran UNS. 1997.

Armstrong, M. A Handbook of Personal Management Practice (4th edb). London: Kogan Page. 1991.

Azwar, S. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya, Edisi Kedua, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 1997.

Bandura, A. 2004. Health Promotion by Social Cognitive Means. Health Educ Behav, 2004; 31 (2): 143-164.

Departemen Kesehatan RI. Penyuluhan Kesehatan Masyarakat dan perawatan kesehatan. Jakarta. 1994.

Notoatmodjo, S. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta. 2005.

Alsada, L.H., Sigel, M.J., Limeback, H., Fiege, J., Kulkarni, G.V. 2005. Development and testing of an audio-visual aid for improving infant oral health through primary caregiver education. J Can Dent Assoc, 2005;71 (4): 241, 241a-241 h.

Atmarita. Nutrition Problems in Indonesia, in Integrated International Seminar and Workshop on Lifestyle – Related Diseases. Yogyakarta, 19-20 March. Gajah Mada University, Yogyakarta. 2005.

Prawirohartono. Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Gizi Kurang pada Balita. Bogor: Fakultas Pertanian IPB. 1996.

Mardayanti, P. Gizi dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2008.

Notoatmodjo, S. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: PT Asdi Mahasatya. 2007.

Notoatmodjo, S. Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta. 2007.

Azwar, S. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya, Edisi Kedua, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 1997.

Bryant, T. 2002. Role of knowledge in public health and health promotion policy change. Health Promot Int. 2002; 17 (1): 89-98.




DOI: https://doi.org/10.18196/mmjkk.v11i3.992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


      

Editorial Office:
Journal Room, G1 (Biomedic) Building, Ground Floor, Faculty of Medicine and Health Science Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 
Jalan Lingkar Selatan (Brawijaya), Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Phone: +62 274 387 656 (ext: 231)
WA : +62 811-2650-303
Website: http://journal.umy.ac.id/index.php/mm 
E-mail: mmjkk@umy.university

Creative Commons License
Mutiara Medika: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats