Purwarupa Sistem Franchise Berbasis Website Pada Kedai Ngopihub

Aldo Bastian Ardiansyah, Endang Supriyati, Tri Listyorini

Abstract


Kedai Ngopihub berdiri pada tahun 2021. Kedai ngopihub memiliki banyak varian menu kopi. Beragam kopi digunakan oleh ngopihub, dari jenis robusta hingga arabika. Untuk seduhannya ada berbagai jenis menu seperti americano, v60, vietnam drip dll. Selain kopi juga ada menu non coffee yang meliputi taro, redvalvet hingga lemon tea. Dikarenakan pesatnya penjualan yang ada, ngopihub akan membuka pendaftaran franchise atau waralaba sebagai upaya pengembangan usaha. Para investor dapat mendaftar dan bergabung pada waralaba ngopihub ini. Untuk kemudahan dalam pendaftaran dan pengembangan franchise ngopihub maka dibuatlah sebuah sistem franchise berbasis website. Sisem ini dapat menjalankan program pendaftaran dan pembelian stok barang. Sistem ini dibuat dengan metode waterfall. Dalam membangun sistem ini menggunakan PHP dan Mysql dengan menggunakan system berbasis website. Pengujian dilakukan pada fitur gabung dan fitur registrasi menggunakan pengujian blackbox. Hasil pengujian menunjukkan data valid dalam aplikasi ini.


Keywords


Franchise; Mysql; PHP; Website; Waterfall.

Full Text:

PDF

References


Y. Hariyati, “Pengembangan Produk Olahan Kopi di Desa Sidomulyo,” Agriekonomika, pp. 82-91, 2014.

N. W. Deriani, “Pemilihan Konsep E-Commerce Dan Business Process Re-engineering Penjualan Produk Olahan Kopi,” Konferensi Nasional Sistem & Informatika 2017 STMIK STIKOM, pp. 777-782, 2017.

V. Septiana, T. dan I. E. H. Saputro, “Pengembangan Model E-Commerce Franchise pada Rh Baby & Mommy Spa,” Seminar Nasional Teknologi Informasi, Bisnis, dan Desain 2016, pp. 189-194, 2016.

W. Andriani, T. H. Sinaga dan E. Hadinata, “Penerapan Framework Materialize Css Dalam Sistem Pelayanan Dan Controlling Waralaba (Franchise ) Fresh Milk Susu Ninja,” Journal of Information Technology Research, pp. 124-129, 2021.

A. A. Sofyan, M. Iqbal dan I. Awanda, “Sistem Informasi Pelayanan dan Controlling Franchise Berbasis Web Rumah Makan Raja Raja,” Jurnal Sisfotek Global, pp. 1-7, 2018.

I. W. Ardiyasa dan I. P. C. Wibawa, “Pembuatan Aplikasi E-Commerce Berbasis Web pada UMKM Kopi UD. Arta Merta Banjar Badingkayu Desa Pengeragoan, Jembrana,” Widyabhakti Jurnal Ilmiah Populer, pp. 67-71, 2018.

T. R. Yudantoro, “Sistem Informasi Manajemen Toko Berbasis Web dengan Menggunakan Barcode Scanner untuk Entri,” JTET (Jurnal Teknik Elektro Terapan), pp. 10-17, 2018.

S. Bakhri, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Perhiasan Berbasis Web Pada Alomgada Kids Jakarta,” IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), pp. 47-54, 2020.

S. A. Anas, “Perancangan Sistem Aplikasi Kasir Pada Toko Tip Top,” Jurnal Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 2021.

M. Nurdiansyah, “Rancang Bangun Aplikasi Kasir Berbasis Android (Studi Kasus: Toko Abah Pancing),” Jurnal INOVA_TIF , 2020.

M. A. Maksum, E. Supriyati dan T. Listyorini, “Penerapan E-Commerce Penjualan Kopi Muria Berbasis Web ( Studi Kasus Kopi Muria Zayna ),” Mataram, 2022.




DOI: https://doi.org/10.18196/mt.v4i2.15983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Medika Teknika : Jurnal Teknik Elektromedik Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Medika Teknika : Jurnal Teknik Elektromedik Indonesia is indexed by :


Our Office

Editorial of Medika Teknika UMY, Building D, Jl. Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Telp : (0274) 387656, Ext : 455
Fax : (0274) 387646
WA : +62 813-2871-3795 (Wisnu Kartika)
Email : mt@umy.ac.id

website : http://journal.umy.ac.id/index.php/mt

Creative Commons License
Medika Teknika : Jurnal Teknik Elektromedik Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.