Prototype Tempat Sampah Memakai Penutup Otomatis dengan QR Code di Pondok Pesantren Nurul Jadid

Ahmad Ghazali, Tijaniyah Tijaniyah, Fuad Hasan

Abstract


Perkembangan zaman di era globalisasi dan teknologi pada saat ini sangat berdampak pada kehidupan manusia. Banyak sekali lahir inovasi teknologi baru yang semuanya ditujukan untuk membantu dan mempermudah aktivitas manusia. Salah satu perkembangan teknologi itu melahirkan alat bantu yang digunakan untuk meningkatkan kesadaran santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid akan pentingnya menjaga kebersihan lingungan dengan membuang sampah pada tempatnya, karena di Pondok Pesantren Nurul Jadid masih ada sebagian santri yang membuang sampah  sembarangan meskipum tempat sampah sudah disediakan. dan diperoleh trobosan baru dengan membuat “Prototype Temat Sampah Memakai penutup Otomatis Dengan QR Code  di Pondok Pesantren Nurul Jadid”. Dengan adanya alat ini diharapkan mampu mningkatkan kesadaran santri akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Pada alat bank sampah ini memanfaatkan QR Code sebagai media pembuka tutup tempat sampah dengan data santri yang terdaftar di database dan mengkalkulasi atau mendata santri yang membuang sampah dengan tanggal dan jam yang valid ketika santri membuang sampah pada tempat sampah tersebut, data santri akan terecord dan tersimpan didalam database dengan menggunakan perangkat mysql (manajemen basis data SQL). Maka dapat disimpulan dari alat yang dibuat yaitu alat yang dirancang dapat bekerja dengan baik dalam menangani proses sistem membuka penutup tempat sampah secara otomatis menggunakan QR Code  dengan jarak terdeteksi pada jarak ±4cm sampai dengan  ±5cm dan dapat merecord data santri yang membuang sampah sesuai dengan jam dan tanggal, dan tempat sampah secara otomatis akan tertutup dan mengeluarkan suara “trimakasih sudah membuang sampah pada tempatnya.


Keywords


Tempat Sampah; Qr Code.

Full Text:

PDF

References


Bere, S., Mahmudi, A., & Sasmito, A. P. (2021). Rancang Bangun Alat Pembuka dan Penutup Tong Sampah Otomatis Menggunakan Sensor Jarak Berbasis Arduino. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 5(1), 357-363

Fatmawati, K., Sabna, E., & Irawan, Y. (2020). Rancang Bangun Tempat Sampah Pintar Menggunakan Sensor Jarak Berbasis Mikrokontroler Arduino. Riau Journal Of Computer Science, 6(2), 124-134

Haryanto, D., & Wijaya, R. I. (2020). Tempat Sampah Membuka Dan Menutup Otomatis Menggunakan Sensor Inframerah Berbasis Arduino Uno. Jurnal Manajemen dan Teknik Informatika (JUMANTAKA), 3(1).

Kharisma, C., Narasiang, B., & Najoan, M. E. I. (2021). Rancang Bangun Sistem Keamanan Loker Berbasis Raspberry PI.

Nusyirwan, D. (2020). Tong Sampah Pintar Dengan Perintah Suara Guna Menghilangkan Perilaku Siswa Membuang Sampah Sembarangan Di Sekolah. Jurnal Teknoinfo, 14(1), 48-58

Mahendra, R., Salamah, I., & Nasron, N. (2020). Kotak Sampah Otomatis Berbasis Arduino Mega 2560. Jurnal Qua Teknika, 10(2), 24-33

Minarto, M., Muni, L. S. A., Lestari, C. D., & Hermanto, T. I. (2021). Rancang Bangun Tempat Sampah Pintar (SMARTBIN). Jurnal Teknologika, 11(2), 108-114.

Nabila, N. O., & Hasan, G. J. (2021). Rancang Bangun Buka Tutup Tempat Sampah Otomatis Berbasis Arduino. Jurnal Informatika Teknologi dan Sains, 3(3), 384-388.

Purnama, I., Harahap, S. Z., & Ritonga, A. A. (2020). Rancang Bangun Tempat Sampah Otomatis pada Universitas Labuhanbatu. Informatika, 8(2), 81-84.




DOI: https://doi.org/10.18196/mt.v4i1.16036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Medika Teknika : Jurnal Teknik Elektromedik Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Medika Teknika : Jurnal Teknik Elektromedik Indonesia is indexed by :


Our Office

Editorial of Medika Teknika UMY, Building D, Jl. Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Telp : (0274) 387656, Ext : 455
Fax : (0274) 387646
WA : +62 813-2871-3795 (Wisnu Kartika)
Email : mt@umy.ac.id

website : http://journal.umy.ac.id/index.php/mt

Creative Commons License
Medika Teknika : Jurnal Teknik Elektromedik Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.