Prototype Alat Pengering Ikan Asin untuk Nelayan Berbasis IOT

Hasan Basri, Ilmir Rizki Imaduddin, Moh Khotib

Abstract


Pengeringan merupakan cara yang digunakan untuk mengawetkan ikan agar dapat bertahan dalam waktu yang lama. Proses pengawetan ikan dengan cara penjemuran membutuhkan sinar matahari untuk mengurangi jumlah air yang terkandung dalam daging ikan. Proses penjemuran ini membutuhkan waktu yang lama, dan proses penjemuran akan menemui kesulitan pada musim penghujan.Penulis mempunyai ide untuk membuat “Prototype Alat Pengering Ikan Asin Untuk Nelayan Berbasis Internet Of Things (IOT)” menggunakan sensor NTC sebangai pendeteksi suhu di dalam ruangan dan Heater sebagai pemanas. Pada pengering dapat dikontrol dan dimonitor oleh  mikrokontroler melalui smartphone (telegram),kipas digunakan sebangai penyetabil suhu di dalam pengering.Alat pengering ikan asin, dirancang dengan menggunakan bahan kayu dan seng sebangai oven pengeringan ikan asin, pemanas akan tetap berjalan ketika suhu didalam masih dibawah 90°𝐶 dan jika sudah mencapai 90°𝐶 maka pemanas akan mati yang dapat dibaca oleh sensor NTC kemudian akan mengirimkan informasi melalui telegram. Hasil dari pengeringan alat ini membutuhkan waktu 2 jam untuk ikan yang berukuran kecil sedangkan untuk ukuran ikan yang besar membutuhkan waktu 4 jam.

Keywords


Pengeringan; NTC; Heater; Telegram.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, J. B. (2022). Rancang Bangun Alat Pengering Ikan Asin Berbasis Mikrokontroler (Doctoral Dissertation, Universitas Andalas).

Pradana, A. D. (2021). Rancang Bangun Alat Pengering Ikan Menggunakan Metode Penekanan Suhu (Doctoral Dissertation, Politeknik Harapan Bersama Tegal).

Syani, I., & Hastuti, H. (2021). Rancang Bangun Alat Pengering Ikan Teri Mandiri Otomatis Berbasis Ardiuno Uno. Jtein: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 2(2), 136-141.

Lukman, M. F., Arifin, S., & Islamiyah, M. (2022). Rancang Bangun Alat Pengering Ikan Asin Otomatis Berbasis Arduino Uno. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 16(1), 37-44.

Andriani, T., Darma, I., Jaya, A., & Topan, P. A. (2021). Rancang Bangun Alat Pengering Ikan Bage Otomatis Menggunakan Sensor Sht11 Dan Real Time Clock. Dielektrika, 8(2), 126-130.

Efendi, A. (2020). Sistem Pengendali Dan Monitoring Smart Home Menggunakan Nodemcu Esp8266 V. 3 Berbasis Iot (Doctoral Dissertation, Stmik Akakom Yogyakarta).

P. Widya Ningtyas, “Internet Of Thing,” Vol. 9, P. 1, 2015

S. Anggirata, “Pengertian Dan Fungsi Relay Dalam Elektronika,” 2017. [Online]. Available:Vol 6//.

Paramata, C. (2020). Prototype Alat Penjemur Ikan Asin Berbasis Mikrokontroler (Doctoral Dissertation, Universitas Cokroaminoto Palopo).

Papebatha, D. T. (2019). Rancang Bangun Alat Pengering Singkong Berbasis Arduino Uno (Doctoral Dissertation, Institut Teknologi Nasional Malang).




DOI: https://doi.org/10.18196/mt.v4i2.16724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Medika Teknika : Jurnal Teknik Elektromedik Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Medika Teknika : Jurnal Teknik Elektromedik Indonesia is indexed by :


Our Office

Editorial of Medika Teknika UMY, Building D, Jl. Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Telp : (0274) 387656, Ext : 455
Fax : (0274) 387646
WA : +62 813-2871-3795 (Wisnu Kartika)
Email : mt@umy.ac.id

website : http://journal.umy.ac.id/index.php/mt

Creative Commons License
Medika Teknika : Jurnal Teknik Elektromedik Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.