Sistem Informasi QR-Code Berbasis Web untuk Pengenalan Benda Bersejarah di Museum Negeri Bengkulu

Authors

  • Dwi Oktavallyan Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu
  • Widhia KZ Oktoeberza Program Studi Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu
  • Rolin Sanjaya Tamba Program Studi Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu
  • Asahar Johar Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.18196/mt.v5i1.17552

Keywords:

Museum, Sistem Informasi, Inovasi Pariwisata, QR-Code.

Abstract

Museum Negeri Bengkulu menjadi salah satu destinasi wisata budaya yang cukup potensial dengan ribuan koleksi benda bersejarah. Namun, pelayanan terhadap pengunjung museum masih kurang optimal karena proses manajemen museum yang sampai saat ini tidak terdigitalisasi dengan baik. Teknologi QR code menjadi solusi untuk proses digitalisasi manajemen museum guna memaksimalkan pelayanan terhadap pengunjung. Maka dalam penelitian ini dibangun sistem berbasis QR code yang menyajikan informasi tentang museum secara detail dan juga benda bersejarah yang menjadi koleksi di sana. Dengan begitu, pelayanan bagi pengunjung tentu akan semakin meningkat serta ketersediaan informasi bagi masyarakat luas akan semakin lengkap. Hal ini juga berkaitan dengan pengembangan inovasi pariwisata dalam rangka menarik minat wisatawan nusantara maupun mancanegara. Sistem dibangun dengan beberapa tahapan, diantaranya observasi, analisis kebutuhan, perancangan, implementasi sistem, tahap uji coba yang diikuti dengan tahap evaluasi. Berdasarkan pengujian yang dilakukan dengan pendekatan black box testing diperoleh persentase efektivitas sistem sebesar 100%. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa sistem sagat efektif digunakan. Dengan melibatkan teknologi QR-Code dalam sistem informasi ini, tentu semakin berpeluang untuk memberikan solusi terhadap permasalahan pelayanan informasi pada Museum Negeri Bengkulu

References

F. Wardhani and D. Oktavallyan, “Identifikasi Arsitektur Tropis Pada Bangunan Lama di Jalan Siti Khadijah Kota Bengkulu,” ATRIUM J. Arsit., vol. 5, no. 2, pp. 31–38, 2019.

O. Limantara, “Pengaruh interior terhadap perilaku pengunjung Museum House of Sampoerna Surabaya,” Intra, vol. 5, no. 2, pp. 811–819, 2017.

L. S. Helling, “Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Pelanggan Pada Citra Laundry Bogor,” INTENSIF J. Ilm. Penelit. Dan Penerapan Teknol. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 68–78, 2018.

M. D. A. F. Pradana, “Penerapan Qr-Code Untuk Sistem Informasi Museum Mpu Tantular Berbasis Web,” 2019.

I. P. Putri, R. Nuraeni, A. Aprianti, and K. Kastaman, “Implementasi Aplikasi Pencatatan Pengunjung, Pendapatan dan Informasi Melalui QR Code di Museum Sri Baduga Bandung,” Dharmakarya, vol. 10, no. 1, pp. 31–37, 2021.

I. Jawi and S. T. Heru Supriyono, “Pemindaian QR Code Untuk Aplikasi Penampil Informasi Data Koleksi Di Museum Sangiran Sragen Berbasis Android.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018.

M. Habibullah, Y. Mulyanto, and N. D. Sofya, “Rancang Bangun Aplikasi Pemandu Wisata Museum Sumbawa Berbasis Android Dengan Memanfaatkan Quick Response Code (Qr Code),” J. Inform. Teknol. dan Sains, vol. 2, no. 2, pp. 136–145, 2020.

I. K. T. I. O. Pramana, “Sistem Informasi Koleksi Pada Museum Pendet Menggunakan QR Code Berbasis Android,” 2019.

N. P. Ningtiyasari, “Pengembangan Aplikasi Museum Zoologi Menggunakan Qr Code dan Augmented Reality Berbasis Android.” Universitas Mercu Buana Jakarta, 2019.

I. Hestiningsih, P. Rahardjo, and A. A. Triwidodo, “Rancang Bangun Aplikasi Museum Sangiran Dengan Deteksi Qr Code Berbasis Android,” Orbith Maj. Ilm. Pengemb. Rekayasa dan Sos., vol. 16, no. 2, pp. 99–108, 2020.

N. Yudhawati, “Aplikasi Museum Dengan Teknologi Qr Code, Restful Api dan Augmented Reality Berbasis Android Studi Kasus di Museum Pendidikan Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta.” STMIK AKAKOM YOGYAKARTA, 2020.

I. Kurniawan, “Sistem Layanan Tour Guide pada Museum Lagaligo menggunakan Teknologi QR Berbasis Android.” Universitas ISlam Negeri Alauddin Makassar, 2018.

E. J. Rudijanto, A. Handojo, and A. N. Purbowo, “Aplikasi Museum House of Sampoerna Berbasis Android,” J. Infra, vol. 6, no. 1, pp. 161–165, 2018.

S. Azzahra and F. E. Febriansyah, “Aplikasi Pengenalan Koleksi Museum Lampung Berbasis Android,” J. Komputasi, vol. 7, no. 1, 2019.

M. A. Puspa, S. Ahmad, and S. A. Utiarahman, “Aplikasi Tour Guide Menggunakan Teknologi Qr Code Berbasis Android Pada Museum Provinsi Gorontalo,” JSAI (Journal Sci. Appl. Informatics), vol. 5, no. 2, pp. 75–84, 2022.

Downloads

Published

2023-10-03

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)