Prototype Injeksi Insulin Pump Dengan Control Panel Arduino Uno

Erika Loniza, Habiburrahman Habiburrahman, Susilo Ariwibowo

Abstract


Dalam penyembuhan dan pengendalian diabetes mellitus di Indonesia umumnya pada saat ini dilakukan injeksi insulin menggunakan jarum spuit dan pen insulin pada area kulit pasien. Penelitian ini dirancang sebuah  alat Insulin Pump Portable untuk membantu  penderita diabetes mellitus dalam pengendalian gula darah untuk memenuhi konsentrasi glukosa darah normal. Alat ini dirancang menggunakan  microcontroller Arduino Uno sebagai control panel (pengolah), motor stepper yang berfungsi menghasilkan pergerakan linier secara berkala dengan batang ulir sebagai penggerak liniernya (pendorong cairan pada spuit), LCD 2x16 sebagai display dan battery sebagai penyuplai tegangan 12 volt DC dan  5 volt DC. Alat ini dilengkapi timer waktu.  Injeksi menggunakan module real time clock (RTC), kecepatan injeksi mode manual 10 unit/menit, kecepatan putaran motor stepper mode manual 21 RPM dan kecepatan saat mode bolus 291 RPM. Metode pengambilan data yang digunakan adalah mengukur kesesuaian dosis injeksi menggunakan gelas ukur  dan mengukur kesesuaian waktu injeksi menggunakan stopwatch. Pada pengukuran dosis injeksi didapatkan nilai rata-rata, pada pengukuran waktu injeksi didapatkan nilai rata-rata 1 mili/menit, pada pengukuran tegangan supply maksimal didapatkan rata-rata dan tegangan 8,5 VDC, kemudian pengukuran RPM mode manual dan auto didapatkan rata-rata 21 RPM, dan mode bolus didapatkan rata-rata 291 RPM. Uji fungsi dan uji kelayakan alat yang dilakukan oleh responden didapatkan persentasi penilaian kelayakan sebanyak 78 %. Percobaan injeksi alat yang dilakukan pada tikus dengan vitamin B sebesar 4 unit (4 ml) yang diinjeksi ke tikus didapatkan hasil alat dapat digunakan untuk injeksi. Dari hasil pengambilan data dapat disimpulkan bahwa alat layak dan dapat digunakan.


Keywords


Diabetes Mellitus, Insulin, Insulin Pump Portable

Full Text:

PDF

References


C. Rismayanthi, D. Turusan, and P. Kesehatan, “TERAPI INSULIN SEBAGAI ALTERNATIF Oleh : Cerika Rismayanthi MjElUEtA,” vol. VI, no. No. 2, pp. 29–37, 2010.

R. Fibriani, “Diabetes mellitus dan terapi insulin,” vol. 01, no. 2, 2011.

S. Nur et al., “Unnes Journal of Public Health,” vol. 4, no. 2, pp. 153–161, 2015.

Z. Pramita and L. Aditama, “Efektivitas Edukasi Terapi Insulin terhadap Pengetahuan dan Perbaikan Glikemik Pasien Diabetes Melitus,” J. Farm. Klin. Indones., vol. 2, no. 4, pp. 136–144, 2013.

Z. Tabassum, K. Vanjerkhede, and C. Bhyri, “Designing of insulin pump,” vol. 23, no. 6, pp. 58–60, 2016.




DOI: https://doi.org/10.18196/mt.010206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Medika Teknika : Jurnal Teknik Elektromedik Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Medika Teknika : Jurnal Teknik Elektromedik Indonesia is indexed by :


Our Office

Editorial of Medika Teknika UMY, Building D, Jl. Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Telp : (0274) 387656, Ext : 455
Fax : (0274) 387646
WA : +62 813-2871-3795 (Wisnu Kartika)
Email : mt@umy.ac.id

website : http://journal.umy.ac.id/index.php/mt

Creative Commons License
Medika Teknika : Jurnal Teknik Elektromedik Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.