Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL

Sistimatika Penulisan Artikel

  1. Judul
    Judul ditulis singkat, jelas, maksimum 15 kata dalam Bahasa Indonesia, ditulis dengan huruf kapital, jenis huruf Baskerville Old Face ukuran 18, ditulis dengan format rata kanan dan kiri (justify).
  2. Nama penulis dan institusi Nama penulis (tanpa gelar akademik). nama institusi ditulis di bawah judul artikel dengan ukuran huruf 10. Bila naskah ditulis oleh tim, penyunting hanya berhubungan dengan penulis utama, atau penulis yang namanya tercantum dalam urutan pertama dengan ukuran huruf sebesar 12.
  3. Abstrak dan kata kunci. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan jumlah kata antara 200-350 kata dengan ukuran huruf 10, memuat secara ringkas dan jelas tentang masalah penelitian, tujuan, metode, dan hasil penelitian, keterbatasan, dan Novelty penelitian. Kata kunci terdiri dari 3-6 kata, ditulis dalam satu spasi setelah abstrak.
  4. Pendahuluan
    Pendahuluan menjelaskan tentang latar belakang penelitian, tujuan penelitian, dan kontribusi penelitian. Kontribusi penelitian menjelaskan tentang kesenjangan penelitian (research gap) dan bagaimana penelitian ini memberikan kontribusi dalam mengisi kesenjangan penelitian. Pendahuluan tidak terdiri dari sub judul. Naskah ditulis dengan jenis huruf  Baskerville Old Face, 11pt, spasi 1, satu kolom, ukuran kertas A4, marjin atas dan bawah 3 cm, marjin kiri dan kanan 3 cm.
  5. Tinjauan Literatur dan Perumusan Hipotesis, Bagian ini memuat literatur-literatur sebelumnya yang terkait dengan penelitian dan pengembangan hipotesis. Penulisan Hipotesis← Baskerville Old Face, 11pt, Bold
  6. Metode Penelitian, Bagian ini memuat rancangan penelitian atau desain penelitian, sasaran dan target penelitian (populasi dan sampel), teknik pengumpulan data, model penelitian, dan teknik analisis. Pada bab ini juga dituliskan secara jelas bagaimana penelitian dilakukan. Untuk penelitian studi kasus (termasuk penelitian non-positivism/kualitatif), bagian ini meliputi: jenis penelitian, obyek, data, dan teknik/tahapan analisis. Untuk penelitian survei, bagian ini berisi: jenis penelitian, populasi dan teknik pengambilan sampel, jenis dan sumber data, instrumen penelitian, dan teknik analisis data.
  7. Hasil penelitian, Bagian ini memuat hasil analisis data, pengujian hipotesis, menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian, temuan-temuan dan menginterpretasikan temuan-temuan.
  8. Keterbatasan penelitian, Sampaikan keterbatasan dalam penelitian secara lengkap dan kemudian akan menjadi perbaikan dalam penelitian selanjutnya.
  9. Novelty penelitian. Berisi kebaruan penelitian dan berbeda dari penelitian sebelumnya, atau juga berisikan tentang pengembangan model baru sebuah penelitian.
  10. Kesimpulan, bagian ini menyajikan kesimpulan penelitian, keterbatasan penelitian, dan saran untuk penelitian selanjutnya. Bagian Simpulan ditulis dalam satu bab dan tidak ada sub judul.
  11. Daftar Pustaka

Format Penulisan

  1. Artikel ditulis dengan menggunakan format penulisan rabin, klik di sini untuk mengunduh.
  2. Artikel diketik menggunakan microsoft word dengan huruf Baskerville Old Face ukuran 11 dengan jarak baris satu spasi pada kertas A4.
  3. Naskah diketik pada kertas A4 dengan margin: atas 4 cm, kiri 4 cm, kanan 3 cm, dan bawah 3 cm.
  4. Naskah diketik dengan jarak 1.5 spasi dengan panjang naskah maksimal 16 halaman (termasuk referensi) dengan width: 6.5 dan spacing: 0.99 cm.
  5. Semua halaman, termasuk daftar pustaka dan lampiran harus diberi nomor urut.

Tabel dan Gambar

  1. Setiap tabel diberi nomor urut dan judul lengkap diletakkan di atas tabel, sedangkan untuk gambar, nomor urut dan judul diletakkan di bawah gambar, disertai sumber kutipan dengan menggunakan tipe huruf Baskerville Old Face ukuran 11 dicetak tebal.
  2. Gambar harus disiapkan dalam bentuk yang dapat dicetak dan berwarna hitam putih.
  3. Tabel tidak menggunakan garis kolom.

 Kutipan

  1. Penulis wajib menggunakan kakas bantu sitasi, seperti Zotero, Endnote, atau Mendeley untuk memastikan cara pengacuan dan penulisan daftar pustaka yang sesuai dengan gaya penulisan di jurnal Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia.
  2. Sumber kutipan dalam teks ditulis di antara kurung buka dan kurung tutup yang menyebutkan nama belakang (akhir) penulis dan tahun.

Contoh:

  • Satu sumber kutipan dengan satu penulis: (Abdul, 2016)
  • Satu sumber kutipan dengan dua penulis: (Cooper dan Schlinder, 2010)
  • Satu sumber kutipan lebih dari dua penulis: (David et al., 2018)
  • Jika penulis lebih dari dua orang, hanya nama penulis pertama yang disebutkan pada teks. Contoh: Gery et al. (2010) menyatakan…
  • Dua sumber kutipan dengan penulis yang sama: John et al. (2017, 2018); jika tahun publikasi sama: Sumiyana (2007a, 2007b).
  • Sumber kutipan berupa banyak pustaka dengan penulis yang berbeda-beda: (Yermack, 1997; Aboody dan Kasznik, 2000; Guan et al., 2000).
  • Sumber kutipan tidak menyebut nama penulis, tetapi menyebut suatu lembaga atau badan tertentu: Badan Pusat Statistik (2006).

Daftar Pustaka

Setiap artikel harus memuat daftar pustaka (hanya yang menjadi sumber kutipan) yang disusun berurutan secara alfabetik berdasarkan nama belakang penulis atau nama institusi. Daftar pustaka yang dirujuk diharapkan 10 tahun terakhir, kecuali rujukan yang memang penting dan tidak dapat dihindari, dengan proporsi pustaka primer minimal 80% dan 20% sumber referensi sekunder. Referensi primer terdiri atas jurnal, proseding/makalah, laporan penelitian, skripsi, tesis, disertasi, sedangkan referensi sekunder seperti buku umum dan sumber internet dengan tata cara penulisan sebagai berikut:

  1. Achmad, T. 2014. Menjadikan Konsultan Pajak sebagai Agents of Tax Compliance. Website: http://www. pajak.go.id/ content/article/ menjadikan-konsultan-pajak-sebagai-agents-tax-compliance
  2. Amarullah, A. 2010. 13 Konsultan Pajak di Surabaya Ditahan. Website: http:// nasional.news.viva. co.id/news/read/148362-13_konsultan_pajak_ di_surabaya_ditahan
  3. Anton. 2012. Analisis Persepsi Akuntan Publik dan Mahasiswa Akuntansi terhadap Kode Etik Ikatan Akuntan Indonesia (Studi Kasus pada Beberapa Universitas serta Beberapa Kantor Akuntan Publik di Semarang). Makalah Ilmiah INFORMATIKA, 3 (2), 1-34.
  4. Arif, M. L. S., R. Aulia dan N. Herawati. 2014. Bagaimanakah Persepsi Mahasiswa Akuntansi tentang Praktik Akuntansi Kreatif Ditinjau dari Teori Etika Bisnis?. Jurnal Akuntansi Multiaparadigma, 5 (1), 96-112.
  5. Beritasatu. 2012. Konsultan Pajak Jadi Tersangka Baru Kasus Dhana Widyatmika. Website: http://www. beritasatu.com/nasional/57766-konsultan-pajak-jadi-tersangka-baru-kasus-dhana-widyatmika.html
  6. Blanthorne, C., H. A. Burton dan Fisher, D. 2014. The Aggressiveness of Tax Professional Reporting: Examining the Influence of Moral Reasoning. Advances in Accounting Beha-vioral Research, 16, 149 – 181.
  7. Bobek, D. D., A. M. Hageman dan R. R. Radtke. 2010. The Ethical Environment of Tax Professionals: Partner dan Non-Partner Per-ceptions dan Experiences. Journal of Business Ethics, 92 (4), 637–654.

Penyerahan Artikel

  1. Artikel dikirim ke jurnal Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia melalui email: rabin@umy.ac.id dilengkapi nama dan nama institusi.
  2. Artikel yang dikirim harus dilampiri surat pernyataan bahwa artikel tersebut belum pernah diterbitkan atau tidak sedang dalam proses penerbitan di jurnal lain.
  3. Jika artikel menggunakan pendekatan survei atau eksperimen, maka seluruh instrumen (kuesioner, kasus, rencana wawancara, dan lainnya) harus dilampirkan.

Metode Review

Artikel yang dinyatakan lolos dari penilaian awal editor akan dikirim kepada Mitra Bebestari untuk ditelaah dan melewati uji kelayakan terbit melalui proses blind review. Reviewer tidak akan mengetahui nama penulis atau sebaliknya. Hasil blind review akan menyatakan:

  1. Artikel diterima tanpa perbaikan
  2. Artikel diterima dengan sedikit perbaikan
  3. Artikel diterima dengan banyak perbaikan
  4. Artikel tidak dapat diterima/ Ditolak

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah belum pernah dipublikasikan atau diajukan untuk dimuat di jurnal atau media online lainnya.

  2. Naskah dikirim dalam format Microsoft Word, RTF, OpenOffice, wordprefect document.
  3. Naskah diketik pada kertas A4 dengan margin: atas 4 cm, kiri 4 cm, kanan 3 cm, dan bawah 3 cm. Naskah diketik dengan jarak 1.5 spasi dengan panjang naskah maksimal 16 halaman (termasuk referensi) dengan width: 6.5 dan spacing: 0.99 cm.
  4. Naskah diproses dengan blind review, maka setiap naskah  tidak mencantumkan initial, nama dan atau identitas perguruan tinggi asal.
  5. Format penulisan telah disesuaikan dengan standar penulisan jurnal RABIN
  6. Naskah yang telah dikirim dan masuk dalam proses review tidak dapat ditarik kembali oleh penulis, kecuali naskah mendapatkan status penolakan dari hasil Editor dan Blind review
 

Copyright Notice

© Hak Cipta Artikel dimiliki oleh Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia

 

Privacy Statement

Nama dan Alamat email yang digunakan dalam jurnal ini hanya untuk kepentingan jurnal dan tidak diperbolehkan untuk digunakan untuk tujuan lain atau oleh orang lain.