Penggunaan Model Pembelajaran Tandur untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Materi Komsumsi dan Investasi pada Siswa Kelas X-4 SMAN 1 Kutorejo Mojokerto

Fifit Dyah Retnowati

Abstract


Latar Belakang:

Sebanyak 36,2% siswa berpendapat pelajaran ekonomi adalah pelajaran yang membosankan karena mereka menganggap pelajaran ekonomi didominasi oleh teori-teori yang menuntut mereka harus menghafal. Aktivitas siswa di dalam kelas menjadi terbatas, yaitu hanya mendengar, mencatat, dan menghafalkannya sehingga berdampak pada capaian hasil belajar siswa yang rendah. Oleh karena itu, sangat diperlukan proses pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan agar materi ekonomi khususnya konsumsi dan investasi dapat dipelajari dengan mudah dan tidak jenuh. Salah satu yang dapat dilakukan adalah guru menggunakan model pembelajaran Tandur dalam pembelajaran. Tandur merupakan akronim dari Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan.

Tujuan:

Tujuan penelitian adalah mengetahui peningkatan kemampuan menganalisis materi konsumsi dan investasi melalui penggunaan model pembelajaran Tandur pada siswa kelas X-4 SMAN 1 Kutorejo Mojokerto.

Metode Penelitian:

Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah 32 siswa kelas X-4 pada tahun pelajaran 2015/2016. Desain penelitian tindakan ini terdiri dari 2 siklus, yaitu pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, tes dan dokumentasi, dan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil Penelitian:

Terdapat 14 siswa dari 32 siswa yang belum mencapai KKM (78) sebelum diterapkan model pembelajaran Tandur Aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat setelah diterapkan model pembelajaran Tandur Pada siklus I tingkat tingkat aktivitas siswa 63% (indikator keberhasilan 75%) dan nilai hasil belajar menunjukkan 75% siswa telah mencapai KKM secara klasikal (indikator keberhasilan 80%). Siklus II menunjukkan tingkat aktivitas siswa 80% dan nilai hasil belajar 86% siswa telah mencapai KKM. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Tandur dapat meningkatkan kemampuan menganalis konsumsi dan investasi di kelas X-4 SMAN 1 Kutorejo Mojokerto.

Keaslian/Novetly Penelitian:

Beberapa penelitian tentang penerapan model pembelajaran Tandur sudah pernah dilakukan, khususnya dalam mata pelajaran sains. Maka, penelitian ini menjadi diskusi baru karena diaplikasikan dalam pembelajaran ilmu sosial yaitu mata pelajaran ekonomi dalam menganalisis materi konsumsi dan investasi.


Keywords


Tandur; Konsumsi; Investasi

Full Text:

PDF

References


Aisyah. S. (2012). Pengaruh pembelajaran materi konsumsi dan investasi pada mata pelajaran ekonomi terhadap kemampuan siswa dalam perencanaan keuangan pribadi di kelas X SMA Negeri 2 Siak Hulu Kabupaten Kampar. Skripsi. UIN Sultas Syarif Kasiam.

Arikunto, S,. Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian tindakan kelas (edisi revisi). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Christanti, N., & Mahastanti, L. A. (2011). Faktor-faktor yang dipertimbangkan investor dalam melakukan investasi. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 4(3), 37-51. http://dx.doi.org/10.20473/jmtt.v4i3.2424

DePorter, B., Hernacki, M., & Singer-Nourie, S. (2013). Quantum teaching: membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Handayani, N. L. E. S., & Perdata, I. B. K. (2014). Meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran qt dengan kerangka Tandur dalam pembelajaran bangun segi empat pada siswa kelas VII C Smp Pancasila Canggu tahun pelajaran 2011/2012. Jurnal Santiaji Pendidikan, 4(1), 1-12. Diakses dari http://jurnal.unmas.ac.id/index.php/JSP/article/view/55

Mankiw, G. (2013). Pengantar ekonomi mikro. Edisi asia. Jakarta: Salemba Empat.

Putri, N. W. S., Sariyasa, Ardana, I. M. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran Tandur berbantuan geogebra sebagai upaya meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar geometri siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 1-11. Diakses dari https://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/JPM/article/view/1073

Rahardja, P., & Manurung, M. (2014). Teori ekonomi makro, suatu pengantar, edisi kelima. Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI.

Samuelson, P. A., & Nordhaus, W. D. (2004). Ilmu makroekonomi. Jakarta: Media Global Edukasi.

Sugiyanto. (2010). Model-model pembelajaran inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka

Sukerthi, D. M., Dantes, N., & Yudana, I. M. (2013). Pengaruh model pembelajaran Tandur dalam pembelajaran geografi terhadap literasi sains dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Amplapura. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1-11.

Sukirno, S. (2012). Makro ekonomi: suatu pengantar. Edisi ketiga. Jakarta: Raja Grafindo

Supramono, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran quantum (quantum teaching) terhadap hasil belajar ipa siswa kelas III SD YPS Lewewu Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Nalar Pendidikan, 4(2), 1-12. https://doi.org/10.26858/jnp.v4i2.2401

Tandelilin, E. (2010). Portofolio dan investasi teori dan aplikasi. Edisi pertama. Yogyakarta : Kanisius.




DOI: https://doi.org/10.18196/rabin.v4i2.10705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia