Analisis Pengaruh Financial Literacy, Religiusitas, Mental Accounting, dan Norma Subyektif Terhadap Minat Dosen Fakultas Ekonomi Menggunakan Kartu Kredit Syariah

Asniyati Asniyati, Rizal Yaya

Abstract


Latar Belakang:

Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam sudah semestinya menjadi pangsa pasar yang cukup besar bagi bank syariah, apalagi ditambah dengan sudah adanya fatwa Majelis Ulama Indonesia tentang haramnya bunga bank. Hal ini seharusnya menjadi peluang bagi bank syariah dalam pencapaian sosial dan kemajuan ekonomi dengan mengembangkan produk kartu kredit syariah. Akan tetapi pada kenyataannya, masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam, lebih memilih menggunakan kartu kredit bank konvensional. Hal ini menjadi menarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang minat masyarakat Indonesia dalam menggunakan kartu kredit syariah dan apa saja faktor yang mempengaruhi minat tersebut.

Tujuan:

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh financial literacy, religiusitas, mental accounting, dan norma subyektif terhadap minat menggunakan kartu kredit syariah. Subjek dalam penelitian ini adalah 156 dosen di 6 fakultas ekonomi di Yogyakarta.

Metode Penelitian:

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik convenience sampling yang berjumlah 156 orang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda yang menggunakan program SPSS.

Hasil Penelitian:

Dalam penelitian ini data didapatkan dari survei kuesioner. Berdasarkan analisis regresi linier berganda, didapatkan hasil bahwa variabel financial literacy, religiusitas dan norma subyektif berpengaruh positif signifikan terhadap minat menggunakan kartu kredit syariah. Adapun variabel mental accounting berpengaruh negatif signifikan terhadap minat menggunakan kartu kredit Syariah.

Keterbatasan Penelitian:

Penelitian terbatas pada tiga aspek yaitu lingkup penelitian hanya meneliti pengguna potensial dari profesi dosen, terbatas pada dosen fakultas ekonomi dan terbatas di wilayah Provinsi DI Yogyakarta.

Keaslian/Novelty Penelitian:

Penelitian ini menjawab gap penelitian terdahulu yang terbatas pada minat menggunakan kartu kredit konvensional dan agak mengabaikan riset pada area kartu kredit syariah yang sedang berkembang di Indonesia.


Keywords


Financial Literacy; Religiusitas; Mental Accounting; Norma Subyektif; Minat Menggunakan Kartu Kredit Syariah

Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Ajzen, I, & Driver, B. L. (1991). Prediction of leisure participation from behavioral, normative and control beliefs: An application of theory of planned behavior. Leisure Sciences, 13(3), 185–204. https://doi.org/10.1080/01490409109513137

Alam, V. S. P. (2006). Hubungan Antara Gaya Hidup Achievers Dengan Minat Menggunakan Kartu Kredit Pada Pegawai Wanita Sekretariat Daerah Propinsi Jawa Tengah. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Ancok, D., & Nashori, F. (2008). Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anggraeni, P., Judiarni, J., & Kadafi, M. (2019). Pengaruh literasi keuangan dan perilaku keuangan terhadap penggunaan karu kredit pada pegawai negeri sipil SKPD kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM), 3(2), 50-70. http://dx.doi.org/10.29264/jimm.v3i2.1684

Aviyah, E., & Farid, M. (2014). Religiusitas, kontrol diri dan kenakalan remaja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(2), 126–129. https://doi.org/10.30996/persona.v3i02.376

Bagaskoro, G. (2018). Analisis Pengaruh Religiusitas, Persepsi Riba, Marketing Mix, Kualitas Pelayanan Dan Sistem Bagi Hasil Terhadap Keputusan Masyarakat Yogyakarta Menggunakan Lembaga Keuangan Syariah. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Chen, H., & Volpe, R. P. (1998). An analysis of financial literacy among college students. Financial Services Review, 7(1), 107–128. https://doi.org/10.1016/S1057-0810(99)80006-7

Doni, M. (2016). Pengaruh bauran pemasaran jasa pada Bank Nagari Cabang Muaralabuh. Jurmak, 3(1), 12–22. https://doi.org/10.31227/osf.io/vdqgx

Essoo, N., & Dibb, S. (2004). Religious influences on shopping behaviour: An exploratory study. Journal of Marketing Management, 20(7–8), 683–712. https://doi.org/10.1362/0267257041838728

Fishbein, M., & Ajzen, I. (1975). Belief, attitude, intention, and behavior: An introduction to theory and research. Reading, MA: Addison-Wesley.

Fure, H. (2013). Lokasi, keberagaman produk, harga, dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap minat beli pada pasar tradisional bersehati calaca. Jurnal EMBA, 1(3), 273–283. https://doi.org/10.35794/emba.v1i3.2023

Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariat dengan program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Haryana, R. D. T. (2017). Pengaruh mental accounting dan psychological factors terhadap perilaku konsumen dalam penggunaan kartu kredit. Jurnal Akuntansi, 2(3), 553-571. http://dx.doi.org/10.30736%2Fjpensi.v2i3.108

Jamshidi, D., & Hussin, N. (2016). Islamic credit card adoption understanding: when innovation diffusion theory meets satisfaction and social influence. Journal of Promotion Management, 22(6), 897–917. https://doi.org/10.1080/10496491.2016.1214206

Hartono, J. (2007). Sistem informasi keperilakuan. Yogykarta: Andi Offset.

Margaretha, & Sari. (2015). Faktor penentu tingkat literasi keuangan para pengguna kartu kredit di Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Investasi, 16(2), 132–144. Diakses dari https://journal.umy.ac.id/index.php/ai/article/view/1354

McGee, L. W., & Spiro, R. L. (1991). Salesperson and product country-of-origin effects on attitudes and intentions to purchase. Journal of Business Research, 22(1), 21–32. https://psycnet.apa.org/doi/10.1016/0148-2963(91)90011-L

Nashori, F., & Diana, R. (2002). Mengembangkan kreativitas dalam perspektif psikologi Islam. Yogyakarta: Menara Kudus.

Johan, Z. J.1, Hussain, M. Z., Putit, L.1, Dali, N. R. S. M., & Hafit, N. I. A.1 (2015). Consumers’ perception of islamic credit cards: An exploratory study. Journal of Emerging Economies and Islamic Research, 3(1), 1–9. Diakses dari https://core.ac.uk/download/pdf/322375067.pdf

Putri, S. (2017). Pengaruh norma subyektif, religiusitas dan self control terhadap perilaku konsumtif masyarakat muslimah pengguna kartu kredit. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Ramadani, A. F. (2018). Pengaruh Usia, Pendapatan, Jenis Kelamin dan Gaya Hidup terhadap Masalah Kartu Kredit dengan Mental Accounting sebagai Intervening. UNIKA Soegijapranata Semarang.

Silaya, M. A., & Persulessy, G. (2018). Mental accounting Dan Faktor Demografi : Fenomena Penggunaan Kartu Kredit Pada Pegawai Bank Danamon Cabang Ambon. Jurnal SOSOQ, 6(1), 57–67.

Simon, H. A. (1993). Decision Making: Rational, Nonrational, and Irrational. Educational Administration Quarterly, 29(3), 392–411.

Thaler, R. H., & Shefrin, H. M. (1981). “An Economic Theory of Self Control.” Journal of Political Economy, 89(2), 392–406.

Tsalitsa, A., & Rachmansyah, Y. (2016). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan Dan Faktor Demografi Terhadap Pengambilan Kredit Pada PT. Columbia Cabang Kudus. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 31(1), 1–13.

Warsono. (2010). Prinsip-Prinsip Dan Praktik Keuangan Pribadi. Jurnal Salam Jurnal Studi Masyarakat Islam, 13(2), 137–152.

Wiryanto, F. S. (2018). Pengaruh attitude, subjective norms dan perceived beavioal control terhadap intensi kepemilikan kartu kredit syariah. Jurnal Middle East and Islamic Studies, 5(2).




DOI: https://doi.org/10.18196/rabin.v4i2.10706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia