Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kepuasan Wajib Pajak terhadap Penggunaan E-Filing

Kasriana Kasriana, Arum Indrasari

Abstract


Latar Belakang:

Pemahaman teknologi secara umum juga merupakan kesiapan diri sendiri, bila wajb pajak tersebut belum paham untuk menggunakan teknologi terkait maka tentu tidak akan mudah untuk menggunakan teknologi tersebut. Maka dari itu sangatlah penting dalam mencari tahu apa persepsi dari sudut pandang masyarakat yang berhubungan penggunaan e- filing.

Tujuan:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh positif persepsi kegunaan terhadap penggunaan sistem e-filing, 2) pengaruh positif persepsi kemudahan terhadap penggunaan sistem e-filing, 3) pengaruh positif persepsi kepuasan terhadap penggunaan sistem e-filing di Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Metode Penelitian:

Penelitian ini dilakukan pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang ada di Labuhanbatu Seletan dengan menggunakan masyarakat sebagai sampel. Pengambilan sampel menggunakan metode random sampling. Teknik pengumpulan data dari laporan tahunan di Indonesia dan anaslisis data menggunakan uji statistic deskriptif, uji asumsi klasik terdiri dari uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolinearitas, uji heteroskeidastisitas dan uji ihipotesis.

Hasil Penelitian:

Kegunaan dari sistem e-filing penting bagi responden dalam memengaruhi niat untuk menyampaikan SPT secara elektronik. Persepsi kegunaan semakin positif maka penggunaan e-filing semakin meningkat. Sistem ini dirasa mudah digunakan oleh Wajib Pajak dan sangat membantu dalam pelaporan pajak mereka dibandingkan dengan menggunakan secara manual. Penelitian ini juga mengngkapkan bahwa banyaknya Wajib Pajak yang tidak merasa puas saat melaporkan pajaknya.

Keterbatasan Penelitian:

Dalam pengambilan data, dikarenakan adanya pandemic Covid-19 maka dalam penelitian ini hanya terbatas dengan menggunakan google form. Adapun jumrlah penelitian ini hanya terbatas 106 responden, dimana peneliti hanya menggunakan Wajib Pajak Orang Pribadi yang berada di Kabupaten Labuhanbatu Selatan, tidak termasuk Wajib Pajak Badan.

Keaslian/Novetly Penelitian:

Penelitian ini mengangkat isu persepsi terhadap penggunaan e- filing yang masih sangat terbatas dalam penelitian di area ini.


Keywords


e-filing system; individual taxpayers; perceptions

Full Text:

PDF

References


Agustina, M. A. & Anim, R. (2018). Pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan dan kepuasan terhadap penggunaan e-filing wajib pajak (studi pada pegawai negeri sipil di lingkungan IAIN Surakarta). Doctoral Dissertation. IAIN Surakarta.

Bilyantari, N.L.P.R., Meitriana, M.A. & Zukhri, A. (2019). Persepsi kebermanfaatan, kemudahan dan kepuasan wajib pajak orang pribadi dalam penggunaan e-filing sebagai sarana pelaporan SPT tahunan secara elektronik (Studi pada dosen dan pegawai Universitas Pendidikan Ganesha Tahun 2017). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(2), 323- 334.

Dyanrosi, A. (2015). Analisis perilaku wajib pajak orang pribadi terhadap minat perilaku menggunakan e-filing. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 4(2). https://doi.org/10.33366/jisip.v4i2.116

Lado, Y.O. & Budiantara, M. (2018). Pengaruh penerapan sistem e-filling terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pegawai negeri sipil dengan pemahaman internet sebagai variabel pemoderasi (studi kasus pada dinas perindustrian dan perdagangan DIY). Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, 4(1), 59-84. https://dx.doi.org/10.26486/jramb.v4i1.498

Nasution, D.A.D. (2019). Kebijakan atas kewajiban e-filling dalam penyampaian SPT tahunan bagi ASN/TNI/POLRI dapat diterapkan di seluruh wilayah Indonesia. Jurnal Perpajakan, 1(2), 95-113.

Natalia, K., Ompusunggu, A. P., & Sarwono, J. (2019). Pengaruh persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan terhadap penggunaan e-filing dan dampaknya terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada KPP Pratama Gambir Tiga (Survei pada KPP Pratama Gambir Tiga periode April-Juli 2017). Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 3(1), 186-197. https://doi.org/10.24912/jmieb.v3i1.1922

Pratama, A. B., & Suputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, dan tingkat kepercayaan pada minat menggunakan uang elektronik. E-Jurnal Akuntansi, 927-940. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v27.i02.p04

Pratama, I.Y., Diana, N., & Mawardi, M.C. (2020). Pengaruh penerapan sistem e-filing terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dengan pemahaman internet sebagai variabel pemoderasi di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 9(03). Diakses dari http://riset.unisma.ac.id/index.php/jra/article/view/6139

Zarkasyi, S.W. (2019). Persepsi pengguna atas implementasi sistem informasi perpajakan online. Seminar Nasional Teknologi Terapan Berbasis Kearifan Lokal, 2(1). Diakses dari http://ojs.uho.ac.id/index.php/snt2bkl/article/view/9849




DOI: https://doi.org/10.18196/rabin.v4i2.10708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia