Peran Akuntabilitas sebagai Moderasi Hubungan Religiusitas dan Literasi Wakaf terhadap Minat Berwakaf Uang

Dinda Adistii, Dewi Susilowati, Permata Ulfah

Abstract


Latar Belakang:
Data Badan Wakaf Indonesia (BWI) tahun 2019 menunjukkan bahwa negara Indonesia memiliki potensi aset wakaf per tahun mencapai Rp 2.000 triliun dengan luas tanah wakaf mencapai 420 ribu hektare. Sementara potensi wakaf uang di Indonesia dalam setahun mencapai Rp 77 triliun namun pengumpulan yang terealisasi hanya sebesar Rp 185 miliar atau hanya 0,24% dari potensinya. Rendahnya realisasi potensi wakaf uang juga mencerminkan rendahnya minat masyarakat yang tentunya disebabkan oleh berbagai macam faktor. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti lebih lanjut faktor-faktor yang diduga berpengaruh terhadap minat berwakaf uang.

Tujuan:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memprediksi pengaruh religiusitas dan literasi wakaf terhadap minat berwakaf uang serta menganalisis dan memprediksi peran akuntabilitas dalam memoderasi pengaruh religiusitas dan literasi wakaf terhadap minat berwakaf uang.

Metode Penelitian:
Populasi pada penelitian ini ialah anggota grup WaCIDS dan NoCAFE Unsoed, dengan pemilihan sampel dilakukan menggunakan metode convenience sampling, sehingga diperoleh sampel 100 responden. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dan analisis regresi moderasi.

Hasil Penelitian:
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Religiusitas berpengaruh positif terhadap minat berwakaf uang; (2) Literasi wakaf berpengaruh positif terhadap minat berwakaf uang; (3) Akuntabilitas tidak dapat memoderasi hubungan antara religiusitas dengan minat berwakaf uang; (4) Akuntabilitas dapat memoderasi hubungan antara literasi wakaf dengan minat berwakaf uang.

Keterbatasan Penelitian:
Penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan, yaitu: (1) Penelitian ini dilakukan pada dua grup diskusi wakaf yaitu WaCIDS dan NoCAFE yang anggotanya sudah mengenal wakaf, (2) Penelitian ini hanya berfokus pada wakaf uang. Berdasarkan keterbatasan tersebut, penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti minat berwakaf uang pada masyarakat umum sehingga bisa merepresentasikan minat berwakaf uang secara umum. Dan penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti minat berwakaf jenis lain seperti cash waqf link sukuk, wakaf hewan, dan lainnya.

Keaslian/Novelty Penelitian:
Penelitian terkait wakaf masih terus berkembang, khususnya tentang wakaf uang. Dan penelitian ini memberikan diskusi baru dengan menggunakan variabel dan indikator yang berbeda dari penelitian terdahulu.


Keywords


Religiusitas; Literasi Wakaf; Akuntabilitas; Minat; Wakaf Uang

Full Text:

PDF

References


Abou-Youssef, M., Kortam, W., Abou-Aish, E. & El-Bassiouny, N. (2011). Measuring Islamic-Driven Buyer Behavioral Implications: A Proposed Market-Minded Religiosity Scale. Journal of American Science, 7(8), 788-801.

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-t

Amalia, A. N., & Puspita, P. (2018). Minat masyarakat Jakarta dalam berwakaf uang pada lembaga wakaf. Syi`ar Iqtishadi: Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 2(2), 1-19. https://doi.org/10.35448/jiec.v2i2.4382

Assagaf, M. A. (2016). Pengaruh akuntabilitas dan transparansi pengelolaan zakat terhadap minat muzakki membayar zakat. Skripsi. UIN Alauddin Makassar.

As-Shadiqqy, M. (2019). Pengaruh pendapatan, religiusitas, jarak lokasi, tingkat pendidikan dan akses informasi terhadap minat masyarakat untuk berwakaf uang di badan wakaf uang tunai MUI DIY. Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama dan Masyarakat, 2(2), 249-269. https://doi.org/10.14421/panangkaran.2018.0202-05

Badan Pusat Statistik. (2020). Persentase Penduduk Miskin Maret 2020 naik menjadi 9,78 persen. Diakses dari https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/07/15/1744/persentase-penduduk-miskin-maret-2020-naik-menjadi-9-78-persen.html

Badan Wakaf Indonesia. (2020). Laporan Hasil Survey Indeks Literasi Wakaf 2020. Diakses dari https://www.bwi.go.id/4849/2020/05/20/laporan-hasil-survey-indeks-literasi-wakaf-nasional-tahun-2020/

Badan Wakaf Indonesia. (2020). Pers Release Public Expose Indeks Literasi Zakat dan Wakaf. Diakses dari https://www.bwi.go.id/4863/2020/05/19/pemetaan-tingkat-literasi-zakat-dan-wakaf-nasional-pendekatan-indeks-literasi-zakat-dan-wakaf/

Badan Wakaf Indonesia. (2021). Laporan dari 92 nazhir wakaf uang terdaftar. Diakses dari https://www.bwi.go.id/6065/2021/02/24/update-daftar-nazhir-wakaf-uang-februari-2021/

Baskoroputra, G. F. (2019). Analisa tingkat literasi wakaf uang dan pengaruhnya pada persepsi wakaf uang (Studi kasus pada mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7(2), 1-13. Diakses dari https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/5739

Cupian, C., & Najmi, N. (2020). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi persepsi masyarakat terhadap wakaf uang di kota Bandung. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 151-162. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i2.1045

Fauziah, S., & El Ayyubi, S. (2019). Faktor-faktor yang memengaruhi persepsi wakif terhadap wakaf uang di Kota Bogor. Al-Muzara’ah, 7(1), 19–31. https://doi.org/10.29244/jam.7.1.19-31

Hiyanti, H., Afiyana, I., & Fazriah, S. (2020). Potensi dan realisasi wakaf uang di Indonesia Tahun 2014-2018. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(1), 77-84. Diakses dari http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/207

Ibrahim, S.H.M. (2000). The Need for Islamic Accounting: Perception of Malaysian Muslims Accountants and Academicians on The Objectives and Characteristics of Islamic Accounting. Thesis. University Of Dundee.

Ihsan, H., & Ibrahim, H.M.S. (2011). WAQF accounting and management in Indonesian WAQF institutions. Humanomics, 27(4), 252–269. https://doi.org/10.1108/08288661111181305

Istikhomah, D., & Asrori, A. (2019). Pengaruh literasi terhadap kepercayaan muzaki pada lembaga pengelola zakat dengan akuntabilitas dan transparansi sebagai variabel intervening. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 95-109. Diakses dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/29763

Jalaludin. (2001). Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kasdi, A. (2014). Peran nadzir dalam pengembangan wakaf. Jurnal Zakat dan Wakaf (ZISWAF), 1(2), 213-226. Diakses dari https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Ziswaf/article/view/1483

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2017). Buka Seminar Wakaf Internasional, Dirjen: Umat Harus Tingkatkan Literasi Wakaf!. Diakses dari https://bimasislam.kemenag.go.id/post/berita/buka-seminar-wakaf-internasional-dirjen-umat-harus-tingkatkan-literasi-wakaf-10

Kementerian Keuangan Republik Indonesia. (2019). Strategi Pengembangan Wakaf Uang dalam Rangka Pendalaman Pasar Keuangan Syariah. Diakses dari https://fiskal.kemenkeu.go.id/kajian/2019/12/20/155813610857736-strategi-pengembangan-wakaf-uang-dalam-rangka-pendalaman-pasar-keuangan-syariah

Mardiasmo. (2009). Akuntansi sektor publik. Yogyakarta: Andi.

Mokthar, M. Z. (2016). Perceptions of Universiti Sains Malaysia Muslim Staff on Factors Influencing their Intention to Perform Cash Waqf. Journal of Islamic Studies and Culture, 4(2), 101-109. https://doi.org/10.15640/jisc.v4n2a11

Munadiyan, A. E. (2020). Wakaf Solusi Pengentasan Kemiskinan Pascapandemi Covid-19. Diakses dari https://www.republika.co.id/berita/qaos2b313/wakaf-solusi-pengentasan-kemiskinan-pascapandemi-covid-19

Nurhayati, N., Fadilah, S., Iss, A., & Oktaroza, M. L. (2014). Pengaruh Kualitas Informasi Akuntansi, Akuntabilitas, dan Transparansi Pelaporan Keuangan Terhadap Tingkat Penerimaan Dana Zakat Pda Badan Amil Zakat (BAZ) di Jawa Barat. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM Sosial, Ekonomi, dan Humaniora. Diakses dari http://proceeding.unisba.ac.id/index.php/sosial/article/view/343

Nurhayati, S., & Abdullah, W. (2016). Akuntansi Syariah di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Nurhayati, S., & Abdullah, W. (2019). Akuntansi Syariah di Indonesia (Edisi 5). Jakarta: Salemba Empat.

Osman, A. F., Mohammed, M. O., & Fadzil, A. (2016). Factor Influencing Cash Waqf Giving Behavior: A Revised Theory of Planned Behavior. Journal Of Global Business and Social Entrepreneurship (GBSE), 1, 12-25. Diakses dari http://gbse.com.my/isimarch16/GBSE%201(2)%2012-25%20(March%202016).pdf

Pew Researcher Center. (2020). Global Religious Futures. Diakses dari Pew Researcher Center: http://www.globalreligiousfutures.org/countries/indonesia/religious_demography#/?affiliations_religion_id=0&affiliations_year=2020

Prasinanda, R. P., & Widiastuti, T. (2019). Peran Nazhir Dalam Mengelola Hasil Wakaf Uang Pada Badan Wakaf Indonesia Jawa Timur. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 6(12), 2553-2567. https://doi.org/10.20473/vol6iss201912pp2553-2567

Rizal, H., & Amin, H. (2017). Perceived ihsan, Islamic egalitarianism and Islamic religiosity towards charitable giving of cash waqf. Journal of Islamic Marketing, 8(4), 669–685. https://doi.org/10.1108/jima-05-2015-0037

Salmawati, & Fitri, M. (2018). Pengaruh Tingkat Pendapatan, Religiusitas, Akuntabilitas, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat Di Baitul Mal Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), 3(1), 54-66. Diakses dari http://jim.unsyiah.ac.id/EKA/article/view/9736

Shaleh, A. R., & Wahab, M. A. (2004). Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media.

Sholahuddin. (2006). Ekonomi Islam. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Suliyanto, S. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.

Winahyu, A. I. (2019). BWI Potensi Wakaf Indonesia Rp 77 Triliun Setahun. Diakses dari https://mediaindonesia.com/ekonomi/235549/bwi-potensi-wakaf-indonesia-rp77-triliun-setahun

Yuliafitri, I., & Khoiriyah, A. N. (2016). Pengaruh Kepuasan Muzakki, Transparansi, dan Akuntabilitas Pada Lembaga Amil Zakat Terhadap Loyalitas Muzakki (Studi Pada LAZ Rumah Zakat). Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam, 7(2), 205-218. https://doi.org/10.32678/ijei.v7i2.41

Zusnani, I. (2013). Manajemen Pendidikan Berbasis Karakter Bangsa. Yogyakarta: Platinum.




DOI: https://doi.org/10.18196/rabin.v5i2.12238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/