Peran CSR Dalam Intervensi Inovasi Produk dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Keuangan UMKM Kabupaten Jember

Achmad Hasan Hafidzi, Ibna Kamilia Fiel Afroh

Abstract


Latar Belakang: Berdasarkan data DISKOPUMKM tahun 2022 penyumbang terbanyak UMKM di Provinsi Jawa Timur adalah Kabupaten Jember. Namun disisi lain perkembangan UMKM di Kabupaten Jember menimbulkan permasalahan yakni dampak dari limbah kegiatan UMKM. Pelaku UMKM di Kabupaten Jember belum sepenuhnya menyadari bahwa memperhatikan lingkungan sekitar dapat memberikan manfaat terhadap kinerja keuangan UMKM. Selain itu permasalahan terkait dengan ketatnya persaingan UMKM di Kabupaten Jember, pelaku UMKM dituntut harus kreatif dalam berinovasi serta mampu menciptakan orientasi pasar yang lebih luas.
Tujuan: Mengetahui peran CSR dalam intervensi inovasi produk dan orientasi pasar terhadap kinerja keuangan UMKM Kabupaten Jember.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori (explanatory research). Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah keseluruhan pelaku UMKM di Kabupaten Jember dan sampel 300 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM).
Hasil Penelitian: Hasil penelitian didapatkan bahwa inovasi produk dan orientasi pasar berpengaruh secara langsung terhadap CSR dan kinerja keuangan. Selain itu CSR berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan UMKN. Terakhir, CSR memiliki peran sebagai partial mediation terhadap hubungan inovasi produk dan orientasi pasar terhadap kinerja keuangan UMKM.
Keterbatasan Penelitian: Kecilnya scope pengambilan sampel merupakan keterbatasan dari penelitian ini, karena hanya dalam ruang lingkup UMKM yang ada di Kabupaten Jember.
Keaslian/Novelty Penelitian: peran intervensi CSR yang diterapkan UMKM di Kabupaten Jember sebagai salah satu upaya dalam menjaga keberlangsungan UMKM di Kabupaten Jember.


Keywords


Inovasi Produk; Orientasi Pasar; CSR; Kinerja Keuangan

Full Text:

PDF

References


Abidin, J., & Lestari, S. A. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Ukuran Komite Audit terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2014-2018). Riset Dan Jurnal Akuntansi, 4(1). https://doi.org/10.33395/owner.v4i1.214

Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran & Manajemen Pemasaran Jasa. Penerbit Alfabeta.

Brigham, E., & Houston, J. (2019). Buku 1 Manajemen Keuangan Edisi Kedelapan. Ebook.

Gradistya, G. O., & Farida, N. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Inovasi Sebagai Variabel Intervening (Studi pada UMKM Batik di Jawa Tengah). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(3), 127–135. https://doi.org/10.14710/jiab.2016.12231

Hafidzi, A. H., Zulkarnnaeni, A. S., Megayani, N., & Herlina, N. (2020). Strategi Keuangan Matriks: Alat Bantu Keputusan Investasi Dan Pembiayaan Pada Perbankan Syariah Di Indonesia. Bisma: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 14(3), 199–209.

Iqbal, A., & Yuliandari, N. K. (2019). Determinan Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Upaya Mendukung Banyuwangi sebagai Kota Tujuan Wisata. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26905/jmdk.v7i2.3023

Kotler, P. (2017). Some Of My Adventures In Marketing. Journal of Historical Research in Marketing, 9(2), 203–208. https://doi.org/10.1108/JHRM-11-2016-0027

Lestari, S. (2021). Kinerja Pemasaran Ditinjau dari Inovasi Produk, Lingkungan dan Orientasi Pasar (Studi Kasus UMKM Kuliner yang Terdaftar di Rumah BUMN Solo). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 5(1). https://doi.org/10.29040/jie.v5i1.1993

Manahera, M. M., Monihharapon, S., & Tawas, H. N. (2018). Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Inovasi Produk Dan Kinerja Pemasaran (Studi Kasus UMKM Nasi Kuning Di Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3603–3612. https://doi.org/10.35794/emba.6.4.2018.21666

Methasari, M., Kurniawan, G., & Sidik, A. R. (2018). Analisis Orientasi Pasar, Inovasi Dan Kreativitas Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Umkm Di Kabupaten Madiun. Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 8(2), 176–188. https://doi.org/10.33005/jdg.v8i2.1192

Narisyah, C. L., Yusuf, M. Y., & Elfida, C. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Indonesia Provinsi Aceh Tterhadap Program UMKM untuk Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat. JIHBIZ :Global Journal of Islamic Banking and Finance., 1(1), 15–29. https://doi.org/10.22373/jihbiz.v1i1.4610

Pondrinal, M. (2021). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Kinerja Keuangan Di Perusahaan Yang Go Public. Jurnal Ekobistek, 8(1), 51–59. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v8i1.33

Prabawati, A., & Handayani, M. (2019). Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Variabel Intervening Keunggulan Bersaing Pada UMKM Kecamatan Kaliwates. Majalah Ilmiah “DIAN ILMU,” 18(2). https://doi.org/https://doi.org/10.37849/midi.v18i2.112

Rahmawati, S., Darsono, D., & Setyowati, N. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pangan Olahan di Kota Surakarta. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 3(2), 325–335. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.02.9

Simaremare, H. R., & Lumban Gaol, R. (2019). Pengaruh Corporate Sosial Responsibility (CSR) Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan, 4(2), 157–174. https://doi.org/10.54367/jrak.v4i2.457

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Trisnawati, R., Setiawati, E., Wiyadi, W., & Permata Dewi, I. (2021). Implementasi Corporate Social Responsibility pada UMKM Percetakan dan Penerbitan Al-Qur’an Ma’sum Press. Abdi Psikonomi, 2(2), 116–123. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v2i2.329

Uncles, M. (2000). Market Orientation. Australian Journal Management, 25(2). https://doi.org/10.1177/031289620002500201

Wibawa, P. J. S. (2020). Pengaruh Oreintasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Pada UMKM Pengrajin Anyaman Pandan Rajapolah Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Magister Managemen, 6(1), 1–15. https://doi.org/10.34010/jimm.v6i1.3760

Wibowo, M. A., & Raharjo, S. T. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Bisnis (Studi pada UMKM Batik di Kota Semarang). Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(5), 2373–2392. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i5.2412

Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja (Edisi Ke 5). PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.18196/rabin.v7i2.16953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.