Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi dan Keadilan terhadap Kepercayaan Masyarakat pada Pemerintah Desa: Apakah Kepuasan Masyarakat Memediasi?

Riyan Fardhany Wirawan, Rizal Yaya

Abstract


Latar Belakang: Dalam satu dekade terakhir, Pemerintah Republik Indonesia memberi otonomi dan dana yang besar untuk pembangunan desa, akan tetapi kasus korupsi anggaran desa juga semakin meningkat yang berpotensi menurunkan kepercayaan masyarakat pada pemerintah desa.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh akuntabilitas, transparansi, dan keadilan pemerintah desa terhadap kepercayaan masyarakat desa yang dimediasi oleh kepuasan masyarakat  

Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan 50 responden dari aparat pemerintah desa dan 28 responden dari anggota BPD yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dan perangkat lunak (software) SmartPLS 3.0

Hasil Penelitian: Transparansi pemerintah desa berpengaruh positif terhadap kepercayaan masyarakat desa. Adapun kepuasan masyarakat tidak dapat memediasi pengaruh akuntabilitas, transparansi, dan keadilan pemerintah desa terhadap kepercayaan masyarakat desa.

Keaslian/Kebaruan Penelitian: Penelitian ini menggunakan variable kepuasan masyarakat sebagai variabel pemediasi.

Keywords


Akuntabilitas Pemerintah Desa; Transparansi Pemerintah Desa; Keadilan Pemerintah Desa; Kepercayaan Masyarakat Desa; Kepuasan Masyarakat

References


Ahmad, Z.A. and Rusdianto, R. (2018) ‘The Analysis of Amil Zakat Institution/Lembaga Amil Zakat (LAZ) Accountability toward Public Satisfaction and Trust’, Muqtasid: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 9(2).

Ahmadpour-Samani, P. et al. (2022) ‘The Equity Theory: A Quantitative Perspective Using Data Envelopment Analysis’, RAIRO - Operations Research, 56(5), pp. 3711–3732.

Alwi, I. (2015) ‘Kriteria Empirik dalam Menentukan Ukuran Sampel Pada Pengujian Hipotesis Statistika dan Analisis Butir’, Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Antara News (2022) ICW: Kasus Korupsi 2021 Terbanyak di Sektor Anggaran Dana Desa, antaranews.com. Available at: icw: Kasus korupsi 2021 terbanyak di sektor anggaran dana desa (Accessed: 18 November 2022).

Aprilia, I. (2019) ‘Determinan Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Alokasi Dana Desa dan Dampaknya Terhadap Kepercayaan Masyarakat’, Akurasi : Jurnal Studi Akuntansi dan Keuangan, 2(2), pp. 109–122.

Budi Setiawan, M. and Ukudi, U. (2007) ‘Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan Dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabah ( Studi Pada Pd. Bpr Bank Pasar Kendal)’, Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), September 2007, Hal. 215-227 Vol.14, No.2, 14(2), pp. 215–227.

Dwiyanto, A. (2018) Manajemen Pelayanan Publik: Peduli Inklusif Dan Kolaborasi. Yogyakarta: UGM Press.

Fikri, R., Amrillah, M. F., Rosyadi, M. I., Azam, S., & Asshiddiqy, F. (2023) ‘Rencana Pemekaran Kelurahan Selat Panjang Timur Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti Dilihat Dari Prinsip Equity Theory’, Jurnal Niara, 16(1), pp. 20–27.

Hendiyani, M.F. (2019) ‘Inovasi Pelayanan Publik Di Kota Kreatif Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pemerintah Di Kota Bandung Provinsi Jawa Barat’, TRANSFORMASI: Jurnal Manajemen Pemerintahan, pp. 103–126.

Indonesia Corruption Watch (2007) Korupsi APBD; Bupati Kendal Diadili, Diduga Terima Uang Rp 24,3 Miliar, antikorupsi.org. Available at: https://antikorupsi.org/id/article/korupsi-apbd-bupati-kendal-diadili- diduga-terima-uang-rp-243-miliar (Accessed: 27 January 2023).

Irawan, A. and Waluyo, M. (2020) ‘Analisis Model Hubungan Kepuasan, Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan Provider Telkomsel di Kota Surabaya Menggunakan Structural Equation Modeling (SEM)’, JUMINTEN, 1(6), pp. 13–24.

Kompas (2021) Kisah Kades di Kendal, Tilap Dana Desa demi Dapat Bansos yang Ternyata Abal-abal, kompas.com. Available at: https://regional.kompas.com/read/2021/10/12/102412578/kisah-kades-di- kendal-tilap-dana-desa-demi-dapat-bansos-yang-ternyata-abal?page=all (Accessed: 27 January 2023).

Kreitner, R. and Kinicki, A. (2014) Perilaku Organisasi. Jakarta. Salemba Empat Kristiansen, S. et al. (2009) ‘Public sector reforms and financial transparency: Experiences from indonesian districts1’, Contemporary Southeast Asia, 31(1).

Kusumawati, R.D. and Aulawi, H. (2021) ‘Peran Perceived Effectiveness of Escrow Services terhadap Satisfaction dan Trust pada E-Commerce di Indonesia’, Jurnal Ekonomi Indonesia, 10(1).

Laka, M.D.L.M.W. (2020) ‘Accountability, information technology and village performance’, International Research Journal of Management, IT and Social sciences, pp. 71–78.

Moorman, C., Zaltman, G. and Deshpande, R. (1992) ‘Relationships between Providers and Users of Market Research: The Dynamics of Trust within and between Organizations’, Journal of Marketing Research, 29(3).

Morgan, R.M. and Hunt, S.D. (1994) ‘The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketing’, Journal of Marketing, 58(3).

Novatiani, A., Kusumah, R.W.R. and Vabiani, D.P. (2019) ‘Pengaruh Transparansi dan Akuntabilitas Terhadap Kinerja Instansi Pemerintah’, Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis, 10(1).

Pasolong, H. (2021) Kepemimpinan birokrasi, Bandung: Alfabeta.

Pratolo, S. (2008) ‘Transparansi Dan Akuntabilitas Tata Kelola Pemerintahan Daerah Dalam Hubungannya Dengan Perwujudan Keadilan Dan Kinerja Pemerintah Daerah: Sudut Pandang Aparatur Dan Masyarakat Di Era Otonomi Daerah’, Jurnal Akuntansi dan Investasi, 9(2), pp. 108–124.

Pratolo, S., Atmaja, N.R.S. and Sofyani, H. (2020) ‘What Determines Village Autonomy in Indonesia? A Case of Villages in Sleman Regency’, Jurnal Dinamika Akuntansi dan Bisnis, 7(1), pp. 15–32.

Pratolo, S. and Jatmiko, B. (2020) Akuntansi Manajemen Pemerintah Daerah. 2nd edn. Yogyakarta: LP3M Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Pratolo, S. and Tsara’nafisa, N. (2022) ‘Accountability of Covid-19 Handling Fund: The Role of Internal Control and Quality of Human Resources’, Proceedings of the International Conference on Sustainable Innovation Track Accounting and Management Sciences (ICOSIAMS 2021), 201, pp. 220–227.

Rachmawan, R., Subekti, I. and Abid, N. (2020) ‘The effect of tax knowledge on relationship of procedural justice perception towards voluntary tax compliance mediated by trust’, International Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478), 9(4), pp. 207–213.

Rato, K.W. and Rahmat, A. (2020) ‘Pengaruh Keadilan Organisasi Terhadap Komitmen Organisasi Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi’, Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(3).

Said, R.R., Samsualam and Alwi, M.K. (2020) ‘Pengaruh Penerapan Prinsip Good Corporate Governance terhadap Kepuasan Pasien di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Mamuju Tahun 2019’, Jurnal Mitrasehat, 10(2).

Sari, N.K. (2019) ‘Pengaruh Persepsi Dukungan Organisasi dan Keadilan Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja’, Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(1).

Septyarini, E. and Pratiwi, R.N. (2020) ‘Pengaruh Keadilan Organisasi dan Profesionalisme Kepemimpinan Terhadap Kesejahteraan Psikologis Karyawan’, Maker: Jurnal Manajemen, 6(2).

Sofyani, H., Akbar, R. and Ferrer, R.C. (2018) ‘20 years of performance measurement system (PMS) implementation in indonesian local governments: Why is their performance still poor?’, Asian Journal of Business and Accounting, 11(1), pp. 151–184.

Sofyani, H., Pratolo, S. and Saleh, Z. (2022) ‘Do accountability and transparency promote community trust? Evidence from village government in Indonesia’, Journal of Accounting and Organizational Change, 18(3).

Sofyani, H. and Tahar, A. (2021) ‘Peran Akuntabilitas Dan Transparansi Pemerintah Desa Indonesia Terhadap Kepercayaan Masyarakat Desa: Kasus Di Kabupaten Bantul’, Jurnal Akademi Akuntansi, 4(1), pp. 10–25.

Sudarman, B.B. and Yaya, R. (2022) ‘Factors Influencing Financial Accountability in Ciamis Regency’, Proceedings of the International Conference on Sustainable Innovation Track Accounting and Management Sciences (ICOSIAMS 2021), 201, pp. 99–107.

Sugiyono (2017) Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Susliyanti, E.D. and Binawati, E. (2020) Pengaruh Akuntabilitas Keuangan Dan Akuntabilitas Kinerja Terhadap Kepercayaan Dan Kepuasan Masyarakat Atas Penggunaan Dana Desa, EFEKTIF Jurnal Bisnis dan Ekonomi.

Tjiptono, F. and Chandra, G. (2016) Service, Quality & Satisfaction, Edisi Keempat, Yogyakarta: Andi Offset.

Yaya, R. and Wahyuli, H. (2019) ‘Determinants of Financial Statements Quality in Village Government’, 102(Icaf), pp. 134–138.




DOI: https://doi.org/10.18196/rabin.v8i1.20334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.