Era Digitalisasi Ekonomi: Influencer, Literasi Keuangan, Self-control dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Investasi

Nyimas Dewi Murnila Saputri, Parama Santati, Melisa Ariani Putri

Abstract


Latar Belakang: Perkembangan teknologi dan transaksi ekonomi digital mendorong perubahan pola pikir dan perilaku individu dalam pengambilan keputusan ekonomi dan keputusan investasi. Kemudahan dalam akses informasi dan komunikasi melalui media sosial telah memunculkan banyak influencer termasuk dibidang keuangan seperti membagikan tips-tips untuk mulai berinvestasi, cara untuk memilih instrumen investasi, bahkan memberikan saran untuk berinvestasi pada suatu perusahaan. Kemudian akses informasi ini juga dapat meningkatkan literasi keuangan, selain itu menjadikan pengetahuan dasar bagi individu mengenai produk keuangan sebagai acuan pengambilan Keputusan investasi yang memberikan imbal hasil. Selain adanya imbal hasil, investasi juga mempunyai risiko yang menyertainya, disinilah peran individu dalam mengambil keputusan investasi dan melakukan self-control agar tidak terjebak dalam investasi yang merugikan.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Influencer, literasi keuangan, self-control terhadap keputusan investasi di era ekonomi digital.
Metode Penelitian: Sampel penelitian ini yaitu masyarakat Indonesia yang pernah melakukan investasi minimal salah satu dari berbagai macam produk investasi, yang dilakukan dengan teknik non-probability sampling. Ukuran sampel yang digunakan berjumlah 100 dan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil Penelitian: Hasil pengujian hipotesis menemukan bahwa Influencer dan self-control terbukti tidak berpengaruh terhadap keputusan investasi, sedangkan variabel literasi keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan investasi.
Keaslian/Kebaruan Penelitian: Penelitian ini dapat menjadi bahan rujukan terhadap pengambilan keputusan investasi ditengah gempuran era digitalisasi ekonomi.


Keywords


Ekonomi Digital; Influencer; Keputusan Investasi; Literasi Keuangan; Self-control

Full Text:

PDF

References


Adiningsih, A. D. A., & Ghofar, A. (2022). Pengaruh Financial Influencer dan Webinar Investasi terhadap Pengambilan Keputusan Investasi Mahasiswa. Reviu Akuntansi, Keuangan Dan Sistem Informasi, 1(1), 122–131.

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Anwar, M., Irbayuni, S., Wikartika, I., & Pratikto, H. (2023). Behavioural Bias in Investment Decisions: Moderate Role of Self Control. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(1), 490–498. https://doi.org/10.29210/020231798

Atmaningrum, S., Kanto, D. S., & Kisman, Z. (2021). Investment Decisions: The Results of Knowledge, Income, and Self-Control. Journal of Economics and Business, 4(1), 100–112. https://doi.org/10.31014/aior.1992.04.01.324

Bodie, Z., Kane, A., & Marcus, A. J. (2014). Investments (Tenth Edit). McGraw-Hill Education.

Bone, H., & Saputra, P. H. (2019). Faktor Individu, Persepsi Risiko, Dan Sikap Terhadap Risiko Dalam Keputusan Berinvestasi Di Pasar Modal. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen ISSN, 14(2), 108–121. https://doi.org/10.33369/insight.14.2.108-121

Budiarto, A., & Susanti. (2017). Pengaruh Financial Literacy, Overconfidence, Regret Aversion Bias, dan Risk Tolerance terhadap Keputusan Investasi. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 5(2), 1–9.

Darwati, J. T., Zulkifli, Z., & Rachbini, W. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Self Control Dan Risk Tolerance Terhadap Keputusan Investasi Melalui Perilaku Keuangan (Studi Kasus Karyawan Bank BUMN di Kota Depok). Jurnal Ilmiah PERKUSI, 2(1), 8. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i1.17616

Ellen, P., & Yuyun, I. (2018). Pengaruh Financial Literacy, Illusion of Control, Overconfidence, Risk Tolerance, dan Risk Perception Terhadap Keputusan Investasi Pada Mahasiswa di Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 6(4), 424–434.

Fadzar, A. N., Asep, R. H., & Intan, M. W. (2020). Pengaruh Pengetahuan , Persepsi Kemudahan Penggunaan , Kepercayaan dan Risiko terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Fintech Lending Syariah. Prosiding Hukum Ekonomi Syariah, 6(2), 583–586.

Fauzianti, A., & Retnosari. (2022). Pengaruh Modal Awal Investasi, Pengetahuan Investasi, Sosial Media Influencer Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Akuntansi Universitas Tidar. Jurnal Sinar Manajemen, 9(1), 26–35. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i1.2323

Fathmaningrum, E. S., & Utami, T. P. (2022). Determinants of investment decisions in the capital market during the COVID-19 pandemic. Journal of Accounting and Investment, 23(1), 147-169.

Fridana, I. O., & Asandimitra, N. (2020). Analisis Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Investasi (Studi Pada Mahasiswi Di Surabaya). Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 4(2), 396–405. https://doi.org/10.24912/jmieb.v4i2.8729

Ghufron, M. N., & Suminta., R. R. (2010). Teori-teori Psikologi (Cetakan I). AR-RUZZ Media.

Idat, D. G. (2019). Memanfaatkan Era Ekonomi Digital untuk Memperkuat Ketahanan Nasional. Jurnal Kajian Lemhannas RI, 38, 5–11.

Ismail, M., Sudjiman, L. S., & Ferinia, R. (2023). Literasi Finansial, Kesadaran Digital, Posisi Manajerial: Sebuah Bukti dari Riset Keuangan. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(1), 29–42. https://doi.org/10.32670/coopetition.v14i1.2906

Kahneman, D., & Tversky, A. (1979). Prospect Theory: An Analysis of Decision Under Risk. In Econometrica (Vol. 47, pp. 263–292). https://www.worldscientific.com/doi/abs/10.1142/9789814417358_0006

Karunia, T. U., & Seno, P. H. K. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Influencer Terhadap Keputusan Generasi Z Dalam Berinvestasi (Studi Kasus Aplikasi Ajaib). Prosiding Seminar Nasional Akuntansi Dan Manajemen, 3. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Leiwakabessy, A., Patty, M., & Titioka, B. M. (2021). Faktor Psikologis Investor Millenial dalam Pengambilan Keputusan Investasi Saham. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 22(2), 476. https://doi.org/10.29040/jap.v22i2.3318

Maharani, S., & Ulum, M. (2019). Ekonomi Digital: Peluang dan Tantangan Masa Depan terhadap Ekonomi Syariah di Indonesia. Conference on Islamic Studies (CoIS ), 1–11.

Mala, C. S., Bellani, E., Zubair, A. G. H., & Florentina, T. (2024). Self-Control dan Emotion Regulation Sebagai Prediktor Terhadap Decision Making Trader Self-Control and Emotion Regulation as Predictors of Decision Making at Trader. Jurnal Psikologi Karakter, 4(1), 52–58. https://doi.org/10.56326/jpk.v4i1.3405

Mardiana, V., & Rochmawati, R. (2020). Self-Control Sebagai Moderasi Antara Pengetahuan Keuangan, Financial Attitude, Dan Uang Saku Terhadap Perilaku Menabung. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 30(2), 83–98. https://doi.org/10.23917/jpis.v30i2.11872

Marginingsih, R. (2021). Financial Technology (Fintech) Dalam Inklusi Keuangan Nasional di Masa Pandemi Covid-19. Moneter - Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 8(1), 56–64. https://doi.org/10.31294/moneter.v8i1.9903

Maulida, B. I. U., & Effendy, L. (2024). Pengaruh Influencer Marketing , Motivasi Diri , Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Pengambilan Keputusan Investasi Saham ( Studi Kasus Mahasiswa Universitas Mataram ). JSEH (Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora), 10(2), 317–327.

Muaviah, E., Lathifaturrahmah, L., Dewi, A. A., & Febriani, N. (2023). Generasi Z, Melangkah di Era Digital Dengan Bijak dan Terencana. Journal of Social Contemplativa, 1(2), 63–81. https://doi.org/10.61183/jsc.v1i2.39

Mutawally, F. W., & Haryono, N. A. (2019). Pengaruh Financial Literacy, Risk Perception, Behavioral Finance Dan Pengalaman Investasi Terhadap Keputusan Investasi Mahasiswa Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 7(4), 942–953.

Novianggie, V., & Asandimitra, N. (2019). The Influence of Behavioral Bias, Cognitive Bias, and Emotional Bias on Investment Decision for College Students with Financial Literacy as the Moderating Variable. International Journal of Academic Research in Accounting, Finance and Management Sciences, 9(June), 92–107. https://doi.org/10.6007/IJARAFMS/v9-i2/6044

Nurohman, Y. A., & Qurniawati, R. S. (2022). Keputusan Investasi Digital dan Transaksi Non Tunai Investor Muslim. JIEF : Journal of Islamic Economics and Finance, 2(2), 67–85. https://doi.org/10.28918/jief.v2i2.6098

Otoritas Jasa Keuangan. (n.d.). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021 - 2025. In ojk.go.id. https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Strategi-Nasional-Literasi-Keuangan-Indonesia-2021-2025.aspx

Pangestika, T., & Rusliati, E. (2019). Literasi Dan Efikasi Keuangan Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 12(1), 37. https://doi.org/10.23969/jrbm.v12i1.1524

Pritazahara, R., & Sriwidodo, U. (2015). Pengaruh Pengetahuan Keuangan dan Pengalaman Keuangan Terhadap Perilaku Perencanaan Investasi dengan Self Control sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 15(2), 28–37. http://ci.nii.ac.jp/naid/110000039498/

Rahayu, R. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Literasi Keuangan Digital: Studi pada Generasi Z di Indonesia. Reviu Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 74–87. https://doi.org/10.18196/rabin.v6i1.14268

Riaz, M., & Akhtar, M. Z. (2024). Does Self-Control and Over-Confidence Influence Investment Decision: The Mediating Role of Fundamental and Technical Analysis. The Asian Bulletin of Contemporary Issues in Economics and Finance, 4(1), 1–26. https://doi.org/10.62019/abcief.v4i1.36

Saputri, N. D. M., Malinda, S., Nazaruddin, H. A., & Listya, A. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Dompet Digital Guna Meningkatkan Daya Jual Bagi UMKM di Desa Muara Penimbung Ulu, Ogan Ilir. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1), 73–79.

Saputri, N. D. M., Raneo, A. P., & Muthia, F. (2023). The FoMO Phenomenon: Impact on Investment Intentions in Millennial Generation with Financial Literacy as Moderation. Owner, 7(3), 2590–2597. https://doi.org/10.33395/owner.v7i3.1619

Sentoso, A., Wulandari, A., Jacky, Octavia, Kurniawan, S., & Thieng, S. (2021). Pentingnya Literasi Dalam Era Digital Bagi Masa. Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 3(1), 767–776.

Sihotang, A. E., & Pertiwi, T. K. (2021). Analysis of Stock Investment Decisions on Investors in Surabaya. Balance: Jurnal Ekonomi, 1(17), 42–54. https://doi.org/10.33258/birci.v4i2.1984

Siratan, E. D., & Setiawan, T. (2021). Pengaruh Faktor Demografi dan Literasi keuangan dengan Behavior Finance dalam Pengambilan Keputusan Investasi. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 11(2), 237–248. https://doi.org/10.15408/ess.v11i2.23671

Sumani, S., Sandroto, C. W., & Mula, I. (2013). Perilaku Investor Di Pasar Modal Indonesia. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 17(2), 211–233. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2013.v17.i2.2250

Suryanto, R., Afif Nur Hanan, M., & Saniyatul Ummah, R. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, dan Inovasi Terhadap Kinerja UMKM. Reviu Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 8(1), 20–32. https://doi.org/10.18196/rabin.v8i1.21968

Tapscott, D. (1996). The Digital Economy: promise and peril in the age of networked intelligence. New York : McGraw-Hill.

Wahyuni, A. N., & Pramono, N. H. (2021). Pengaruh Faktor Demografi dan Faktor Psikologi Investor dalam Pengambilan Keputusan Investasi di Era Ekonomi Digital. JABI (Jurnal Akuntansi Berkelanjutan Indonesia), 4(1), 73–91. https://doi.org/10.32493/jabi.v4i1.y2021.p73-91

Yanti, N., Sarwani, & Rosari, N. (2021). Sikap Keuangan, Kontrol Perilaku, Efikasi Diri dan Perilaku Keuangan. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 4(01), 28–39.




DOI: https://doi.org/10.18196/rabin.v8i3.22415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.