Analisis Profitabilitas dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan ; Dampak Moderasi Corporate Social Responsibility
Main Article Content
Abstract
Latar Belakang: Nilai perusahaan digunakan untuk menunjukan kondisi perusahaan yang baik atau tidak. Nilai tersebut penting bagi investor. Namun, perusahaan dalam persaingan di global ini, memiliki tantangan besar apalagi dalam konteks persaingan antar perusahaan khususnya di perusahaan subsektor makanan dan minuman. Dalam persaingan ini, pada dasar nya, tujuan utamanya adalah memenangkan hati para pemegang saham supaya mendapatkan laba yang maksimal. Hal ini dikarenakan laba tinggi (profit) yang tercermin pada harga saham, menunjukan nilai perusahaan yang baik. Oleh karena itu, perusahaan perlu banyak memperhitungkan kondisi keuangan salah satunya seperti profit/leverage untuk menilai perusahaannya serta memperhatikan pengungkapan CSR.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan, serta ingin mengetahui peran Corporate Social Responsibility sebagai variabel moderasi.
Metode Penelitian: Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 21 perusahaan subsektor food and baverage yang terdaftar di BEI pada periode 2020-2022 dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan metode Moderated Regression Analysis (MRA).
Hasil Penelitian: Hasil analisis penelitian ini menunjukan bahwa profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, serta Corporate Social Responsibility dapat memoderasi kedua hubungan.
Keaslian/Kebaruan Penelitian: Penelitian ini menggunakan Corporate Social Responsibility sebagai variabel moderasi yang dikembangkan dari penelitian-penelitian yang tidak menggunakan moderasi pada penelitian sebelumnya. Penelitian ini menggunakan beberapa rasio saja, untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan rasio-rasio lain untuk menguji variable-variabel yang mempengaruhi terhadap peningkatan nilai perusahaan. Variabel moderasi digunakan untuk mengetahui apakah Corporate Social Responsibility dapat memoderasi hubungan profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Artikel ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0), yang mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun, selama atribusi yang sesuai diberikan kepada penulis asli dan sumbernya.
References
Amalia, S., & Indarti, M. G. K. (2024). Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Sustainability Report Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Mediasi. COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, 7(3), 2497-2503. https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.11876
Angin, N., & Ginting, E. S. (2021). Analysis of The Influence of Firm Size, Liquidity, Leverage and Profitability on Firm Value Consumer Goods Industry on Stock Exchange Indoonesia (IDX). Journal of Management Science (JMAS), 4(4), 101–105. https://doi.org/10.35335/jmas.v4i4.113
Barkemeyer, R. (2007). Legitimacy as a Key Driver and Determinant of CSR in Developing Countries.
Brigham, & Houston. (2010). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Salemba Empat.
Darmawan, A., Putragita, Y., Purnadi, P., & Sunardi, S. (2020). Pengaruh Profitabilitas dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Kontrol. Balance : Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 5(1), 83-92. https://doi.org/10.32502/jab.v5i1.2461
Dewi, N. M. L., & Suputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh Profitabilitas dan Leverage pada Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 28(1), 26 - 54. https://doi.org/10.24843/EJA.2019.v28.i01.p02
Dowling, J., & Pfeffer, J. (1975). Organizational Legitimacy: Social Values and Organizational Behavior. The Pacific Sociological Review, 18(1), 122–136. https://doi.org/10.2307/1388226
Dwicahyani, D., Rate, P. Van, & Jan, A. B. H. (2022). Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajerial Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan Perusahaan Consumer Non-Cyclicals. Jurnal EMBA, 10(4), 275–286.
Guthrie, J. T. (2004). Teaching for Literacy Engagement. Journal of Literacy Research, 36(1), 1–30. https://doi.org/10.1207/s15548430jlr3601_2
Hanafi, M. M., & Halim, A. (2009). Analisis Laporan Keuangan. UPP STIM YKPN.
Hidayat, I., & Khotimah, K. (2022). Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan sub sektor kimia. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.37641/jiakes.v10i1.1175
Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory of the firm: Managerial behavior, agency costs and ownership structure. Journal of Financial Economics, 3(4), 305–360. https://doi.org/10.1016/0304-405x(76)90026-x
Jihadi, M., Vilantika, E., Hashemi, S. M., Arifin, Z., Bachtiar, Y., & Sholichah, F. (2021). The Effect of Liquidity, Leverage, and Profitability on Firm Value: Empirical Evidence from Indonesia. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(3), 423–431.
Kasmir. (2010). Analisis Laporan Keuangan. Prenadamedia Group.
Khotimah, S. N., Mustikowati, R. I., & Sari, A. R. (2021). Pengaruh ukuran perusahaan dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 8(2), 1-13. https://doi.org/10.21067/jrma.v8i2.5232
Kokubu, K., & Nashioka, E. (2001). Environmental Management Accounting Practices in Japan. Implementing Environmental Management Accounting: Status and Challenges, 321–342. https://doi.org/10.1007/1-4020-3373-7_16
Lamba, A. B., & Atahau, A. D. R. (2022). Pengaruh Leverage Terhadap Nilai Perusahaan yang Dimediasi Profitabilitas. Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 6(1), 16–31. https://doi.org/10.18196/rabin.v6i1.12698
Lestari, E. S., Rinofah, R., & Maulida, A. (2022). Pengaruh profitabilitas, leverage, kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan csr sebagai variabel moderating. Forum Ekonomi, 24(1), 30–44. https://doi.org/10.30872/jfor.v24i1.10390
Lestariwati, T., & Cahyaningrum, D. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Pemoderasi. Journal of Accounting, Finance, Taxation, and Auditing (JAFTA), 2(2), 151–170. https://doi.org/10.28932/jafta.v2i2.3296
Mardiyati, U., Ahmad, G. N., & Putri, R. (2012). Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1), 1–17.
Megginson, W. (1955). Corporate Finance Theory. Addison- Wesley.
Mipo, M. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan CSR Sebagai Moderating Variable Pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(1), 736-745. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.614
Nawaiseh, M. E., Alsoboa, S. . S., & El-shohnah, R. A. Z. Y. (2015). Influence of Firm Size and Profitability on Corporate Social Responsibility Disclosures by Banking Firms (CSRD): Evidence from Jordan. Journal of Applied Finance & Banking, 5(6), 97–111.
Nila, L., & Suryanawa, I. K. (2018). Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 23(3), 2145–2174. https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v23.i03.p20
Nuansari, S. D., & Ratri, I. N. (2022). Pemetaan riset teori agensi: Bibliometrik analisis berbasis data Scopus. Implementasi Manajemen & Kewirausahaan, 2(1), 1–22. https://doi.org/10.38156/imka.v2i1.105
Oktaviani, D., Satriansyah, A., & Widianingrum, E. (2024). The Effect of Profitability, Company Size and Leverage on Company Value. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 12(1), 135–146. https://doi.org/10.37641/jiakes.v12i1.2464
Pramana, N. A. D., & Mustanda, I. K. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Size terhadap Nilai Perusahaan dengan CSR sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Manajemen Unud, 5, 561–594.
Runtu, W. R., Rate, P. V, & Maramis, J. (2019). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Profitabilitas, Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Pada Industri Food And Beverage Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 – 2017. Jurnal EMBA, 7(3), 3938–3948.
Spence, M. (1973). Job Market Signaling. The Quarterly Journal of Economics, 87(3), 355. https://doi.org/10.2307/1882010
Suranto, V. A. H. M., Nangoi, G. B., & Walandouw, S. K. (2017). Analisis Pengaruh Struktur Modal Dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Perbankan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA, 5(2), 1031–1040.
Weston, J. F., & Copeland, T. E. (1997). Manajemen Keuangan. Edisi Kesembilan. Bina Rupa Aksara.
Widyaningsih, D., Susilowati, H., & Andriana, M. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Firm Size Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan CSR dan GCG Sebagai Variabel Moderating. Among Makarti, 15(3). https://doi.org/10.52353/ama.v15i3.303
Widyatami, K., & Sari, M. (2023). Pemetaan Lanskap Teori Sinyal Dalam Kewirswastaan: Perspektif Bibliometrik. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(1), 2725–2732. https://doi.org/10.31539/costing.v7i1.8511
Wulandari, N. M. I., & Wiksuana, I. G. B. (2017). Peranan Corporate Social Responsibility Dalam Memoderasi Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(3), 1278–1311.